Melirik Dandanan Fatin Saat Mengikuti Tahap Audisi X Factor

Natanael Sepaya  |  Kamis, 19 Juli 2018 15:15
Melirik Dandanan Fatin Saat Mengikuti Tahap Audisi X Factor
Fatin Shidqia Lubis © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Ajang pencarian bakat masih menjanjikan mimpi bagi banyak orang, terutama anak muda yang ingin menjejakan kakinya di industri entertainment. Tidak heran banyak persiapan yang dilakukan para peserta audisi mulai dari latihan menyanyi, bermusik, bahkan sampai penampilan.

Hanya saja baru-baru ini ada video yang menunjukkan ajang pencarian bakat Kontes Dangdut Indonesia (KDI) yang menjadi viral, di mana para juri meminta seorang peserta yang masih berusia 16 tahun diusir keluar dari ruang audisi hanya karena dandanannya. Namun komentar para juri atas dandanan si calon peserta audisi tidak bisa sepenuhnya disalahkan.

Cukup naif rasanya jika langsung menyalahkan komentar pedas para juri KDI ketika kualifikasi yang ditetapkan memang kualitas dan penampilan. Apalagi kalau hal tersebut hanyalah 'bumbu penyedap' dengan alih-alih menaikkan rating acara yang disajikan lewat kemasan drama, entahlah. Setidaknya belakangan ini hal tersebut sudah tidak begitu dominan terlihat dalam beberapa ajang pencarian bakat, sampai video peserta audisi yang diusir keluar mencuat dan menjadi viral di minggu ini.

© twitter.com/AmbarwatiRexy© twitter.com/AmbarwatiRexy

Tentu tidak heran kalau Fatin Shidqia Lubis yang notabenenya adalah lulusan ajang pencarian bakat ikut angkat bicara atas video tersebut. Berbekal video penampilan Fatin di tahap audisi X Factor tahun 2013 yang masih tersimpan di YouTube, secara pribadi saya paham kenapa Fatin pun ikut berkomentar. Sebabnya, pada saat itu Fatin pun mengikuti audisi dengan dandanan yang jauh dari kata 'menarik'.

"Kamu kenapa gak pulang?" seloroh Rossa melihat Fatin yang masih berseragam sekolah. Dengan sangat sadar diri Fatin menunjukkan ekspresi malu-malu saat menanggapi candaan para juri yang cukup terkejut dengan dandanannya. Hanya saja para juri tetap memberikan kesempatan untuk Fatin menunjukkan talentanya yang masih terbilang 'kasar' pada saat itu.

Hasilnya? Para juri terpukau dengan gaya serta warna vokal Fatin yang membawakan hit single Bruno Mars, Grenade, dengan dandanan anak sekolah yang rapih dan tanpa make up. Lucunya setelah tampil, para juri hanya meminta Fatin untuk menghilangkan rasa malu-malu saat bernyanyi dan malah membuat Ahmad Dhani kecewa karena tidak dipilih sang kontestan muda sebagai mentor.

Bahkan Mulan Jameela tak ragu mengatakan kalau suara Fatin sangat berbahaya pada saat ajang pencarian bakat itu bergulir di tahun 2013. Jadi pertanyaannya, apakah penampilan jadi hal yang sangat vital sampai seorang peserta audisi harus diusir? Pastinya hal itu akan sangat disayangkan jika peserta tersebut memiliki talenta yang baik dan kesempatan untuk menjadi besar seperti Fatin atau lulusan ajang pencarian bakat lainnya.

Jadi, keputusan tetap ada pada juri KDI dengan segala kritik pedas mereka atas dandanan si peserta audisi. Tidak sepenuhnya salah jika penampilan adalah kualifikasi utama yang dicari dibandingkan talenta bernyanyi, apalagi kalau hanya sekedar 'bumbu penyedap' acara. Bisa jadi peserta tadi berada di masa yang tidak menyenangkan seperti Fatin, di mana talenta tetap jadi hal yang dicari dari sebuah ajang pencarian bakat.

Lalu, apakah dunia entertainment di masa mendatang akan dipenuhi orang-orang tanpa kualitas dan kapabilitas yang berpenampilan menarik? Semoga saja tidak.

Baca Juga Yang Ini!

Soal Peserta Audisi Yang Disuruh Keluar, Begini Kata Fatin Shidqia

Simak Gaya Kocak Fatin Shidqia Saat Tirukan Cara Berbicara Syahrini

Nggak Hanya Jago Nyanyi, Fatin Shidqia Jago Tirukan Gaya Manja Syahrini

Fatin Shidqia Ungkap Waktu Yang Dihabiskannya Setiap Hari Untuk Mandi

Ini Waktu Yang Dibutuhkan Fatin Shidqia Untuk Mandi, Lumayan Lama Loh!

(kpl/ntn)