Fakta-Fakta Marigold & Coldiac, Band Populer Asal Malang Yang Harus Kamu Ketahui

Sabtu, 04 September 2021 12:11


Coldiac (Credit: Instagram.com/ coldiac) Marigold (Credit: Instagram.com/ marigoldmusic)

Kapanlagi.com - Siapa bilang kalau kota Malang hanya terkenal sebagai penghasil buah apel saja? Malang juga terkenal akan lahirnya orang-orang bertalenta, apalagi dalam industri musik. Marigold dan Coldiac adalah band yang berasal dari Kota Malang, merintis karir dari bawah hingga akhirnya mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia dan lagu-lagu mereka pun sangat dinikmati.

Awalnya pendengar Marigold dan Coldiac ini adalah arek Malang saja, tetapi kedua band tersebut memberanikan diri untuk keluar dari zona nyaman dan memperluas audiensi pendengar lagu-lagu mereka. Coldiac dan Marigold adalah dua di antara penyanyi-penyanyi asal Malang yang juga mulai melebarkan sayapnya.

"Mungkin di Malang kita bisa dibilang masih ada band yang belum sampai represent Malang. Orang melihat band itu akan ingat Malang. Kita berusaha juga untuk kenalin Malang. Jadi kita band dari Malang, bukan kita hijrah ke Jakarta tapi kita tetap Coldiac adalah band Malang yang sekarang ini banyak kegiatan di Jakarta. Bukan berarti kita ada ambisi khusus di Jakarta karena tujuan kita seluas-luasnya," tutur Sambadha, sang vokalis Coldiac dikutip dari medcom.id.

Mimin mau ngajakin KLovers buat kenalan lebih jauh sama Marigold dan Coldiac. Yuk disimak lebih lanjut, kan katanya tak kenal maka tak sayang, kalau yang udah kenal tetap disimak juga biar makin sayang, ya nggak KLovers?!

 

 

 

 

 

 

1. Awal Karir

Band Coldiac yang beranggotakan Derry Rith Haudin sebagai kibor dan synth, Bhima Bagaskara sebagai bass, Samadha Wahyadyatmika memegang posisi vocal/gitar, dan yang terakhir Mahatamta Arya Adinegara sebagai vocal/gitar. Band yang mengusung genre musik elektronik pop dan R&B ini mulai debut pada tahun 2015, siapa sangka sebelum dikenal dengan nama Coldiac rupanya dulu memiliki nama Piratez dari tahun 2008-2014, wah rupanya sudah berkarir sudah lama banget ya KLovers.

Band Marigold memiliki filosofi dari nama tersebut, seperti yang dikutip dari hai.grid.id, nama Marigold diambil dari nama putri Raja Midas yang serakah dalam mitologi Yunani yang berubah menjadi emas karena ulah ayahnya sendiri. Ical, salah satu personil sekaligus pencetus nama Marigold menuturkan, "Jadi nama ini buat ngasih tau ke teman-teman bahwa kita ini si Marigold itu, bahwa kita ini emas dan jika belum maka semoga nanti akan."

Sama seperti Coldiac, Band Marigold debut di tahun 2015, awalnya formasi Band ini ada Billa sebagai vokalis, Melodi sebagai pemain keyboard, Ivan adalah gitaris, dan Ical sebagai pemain bass. Namun kabar mengejutkan bagi penggemar, ketika Billa si vokalis memutuskan untuk keluar.

 

2. Lagu-lagu yang Sopan Masuk Telinga

Anak inde yang identik dengan kopi, buku, dan senja mana nih? Coldiac yang memiliki warna musik berbeda dengan sebagai band atau penyanyi, namun sangat diterima baik oleh penikmat musik di tanah air, sebut saja singel mereka yang berjudul Tiffany, buat kamu yang baru pertama dengerin lagu ini dijamin bakal ketagihan, kemudian ada lagu No Make Up dengan musik pop urban, berkolaborasi dengan NYK sebuah musisi R&B asal Malaysia. Dijamin jatuh cinta banget saking easy Listening

Lagu-lagu Marigold apalagi, buat yang belum tahu sama Marigold coba deh dengar singel mereka yang berjudul Tension, saran mimin sih dengerinnya sendirian, karena makna lagunya relatable banget. Bercerita mengenai keresahan umum yang dialami semua orang, tentang banyaknya masalah dan problematika kehidupan, nah kalau mimin sih ya masih jatuh hati sama Turut Bahagia, lagu mengenai pertemanan, sedih sih ketika tau Billa keluar.

Ini baru sebagian loh KLovers, setelah baca ini langsung cek Youtube mereka deh ya buat dengerin kumpulan lagu Coldiac dan Marigold lainnya. Mimin jamin deh lagu-lagunya nggak akan ngecewain, kan yang selalu mengecewakan ya cuman dia, ups.

 

3. Prestasi yang Luar Biasa

Rasanya Marigold selalu totalitas dalam menyajikan sebuah karya di industri musik Indonesia, walaupun berjalan hanya dengan 3 anggota saja namun semangat mereka sangat luar biasa. Untuk singel ketiga mereka yang dirilis pada 25 Januari 2019, berjudul Addicted. Sebuah bukti bahwa memang Band yang satu ini menyita perhatian publik, terbukti dengan sebuah prestasi dari Marigold yang terpilih menjadi salah satu penampil di ajang festival musik tahunan, Lalala festival yang dilaksanakan pada tahun 2018. Yah jadi kangen konser offline nggak si KLovers.

Nggak jauh berbeda, Coldiac rupanya patut diperhitungkan juga, meraih nominasi AMI Awards pada tahun 2018 dan 2020. Lagunya yang berjudul Wreck This Journal bisa meraih penghargaan, KLovers tau nggak ini adalah lagu lawas loh, emang enak banget lagunya. Coldiac juga aktif di undang di berbagai kegiatan untuk tampil membawakan lagu-lagu mereka.

Dari sekian banyak lagu berbahasa Inggris yang mereka ciptakan, Sampaikan adalah lagu pertama berbahasa Indonesia, fun factnya adalah dikutip pada sesi interview bersama MFM RADIO, salah satu radio komersil di kota Malang beberapa waktu lalu ternyata keinginan Coldiac membuat lagu berbahasa Indonesia sudah lama, tapi ternyata lagu bahasa Indonesia nggak begitu mudah dalam pemilihan Bahasa, karena menurut mereka gimana cara mereka menulis lirik adalah karakter Coldiac dari Malang ini.

Gimana KLovers udah jatuh cinta belum sama Coldiac dan Marigold? Nah kalau disuruh pilih nih kamu bakalan menjatuhkan hati sama band yang mana? Vote di bawah ya.

 

Artikel ini ditulis oleh Dian Eka R.

 

 

 

 

 

 

(kpl/mag)