Libertaria, Terobosan Genre Baru di Dunia Dangdut

Guntur Merdekawan  |  Senin, 23 Mei 2016 07:35
Libertaria, Terobosan Genre Baru di Dunia Dangdut
Libertaria © KapanLagi.com®/Bambang E Ros
Kapanlagi.com - Di tengah tingkat penurunan penjualan fisik album di dunia tarik suara, terobosan baru dilakukan duo asal Yogyakarta, Libertaria. Duo yang digawangi Marzuki Mohamad alias Kill the DJ dan Balance ini mengusung genre baru yang mereka sebut post-dangdut electronica.

"Biar keren saja, nggak sepenuhnya dangdut, nggak sepenuhnya elektronik, kita nggak sepenuhnya dan nggak benar-benar hip hop," ucap Marzuki menjelaskan genre musiknya saat preskon di kawasan Ampera, Jakarta Selatan, Rabu (18/5).

Dalam album bertajuk KEWER-KEWER, duo yang juga mengisi soundtrack film ADA APA DENGAN CINTA 2 lewat single Ora Minggir Tabrak itu banyak melibatkan musisi lain. Bahkan, Glenn Fredly yang terbiasa membawakan lagu pop juga turut andil dalam album baru mereka.

"Yang pertama aku dengerin liriknya, wah ini seru gila nih projeknya, aku ketawa-ketawa dengernya, akhirnya Mas Juki ngomong biar aku bantu terlibat, aku dengan senang hati karena Libertaria visioner, gue keluar dari zona nyaman gue," kata Glenn mengenang saat diminta ikut terlibat.

Libertaria hadir dengan genre unik © KapanLagi.com®/Bambang E RosLibertaria hadir dengan genre unik © KapanLagi.com®/Bambang E Ros

Di dalam album itu juga ada single bertajuk Kewer-Kewer yang merupakan hits andalan. Lirik-lirik yang dituangkan juga cukup menarik, yakni tentang lingkungan sosial dan kejadian di sekitar masyarakat.

"Ada pesan-pesan di setiap lirik, maksudnya itu (salah satu single) cara yang paling sederhana yang di konser dangdut yang suka sengol bacok tapi dikemas sederhana," tutup Marzuki.

Jangan Lewatkan!

Berawal Dari Penyanyi Dangdut, LARA 'Go International'

Dibantu Para Pedangdut Top, Cici Faramida Siap Rilis Album Baru

Ulang Tahun ke-40, Kristina 'Curhat' Dalam Buku Biografinya

Sedang Booming, Pedangdut Ini Terinspirasi Meme 'Maaf Mantan'

Jupe dan Kristina Kompak Ungkapkan Suka Duka Jadi Pekerja Seni

(kpl/aal/gtr)


Lihat Arsip Musik

- - -