Lagi Galau? 6 Rekomendasi Lagu Indie Dari Fourtwnty Ini Bisa Nemenin Senja Sendumu

Kamis, 07 Oktober 2021 16:52


Credit: Fourtwnty Music

Kapanlagi.com - GALAU sering menjadi kata pengantar saat kita sedang tidak baik-baik saja. Membuat kita ingin dihibur walau hanya dengan mendengarkan musik. Menjaga kewarasan menjadi hal yang penting untuk kita dimasa seperti saat ini. Alunan yang tenang, lirik yang mendukung suasana hati, serta waktu yang tepat dapat membantu kita sejenak lupa akan peliknya masalah duniawi. Seperti halnya Fourtwnty yang menuangkan keluh kesahnya lewat alunan lagu, kamu juga bisa ikut mendengarkannya saat galau. Sudah tau siapa Fourtwnty?

Ya, terbentuk dari ketidaksengajaan, menjadi awal baru dari terbentuknya band indie lokal beraliran Folk bernama Fourtwnty. Tepatnya di Jakarta, bulan April, 11 tahun silam yang awalnya hanya 'iseng' menciptakan beberapa lagu untuk dikonsumsi secara pribadi. Terbentuklah Fourtwnty yang beranggotakan 3 personil yaitu Ari Lesmana, Nuwi, dan Roots.

Berawal dari inisiatif Roby Geisha yang memutuskan membentuk band ini, ia berperan sebagai produser, komposer, sekaligus music director. Mini bertajuk Album SETENGAH DULU menjadi album coba-coba pertama mereka yang berisi 4 lagu yaitu Aku Tenang, Diskusi Senja, Puisi Alam, dan Argumentasi Dimensi yang kini sudah akrab ditelinga pecinta musik Indonesia. Tidak berhenti disitu, setengah tahun kemudian mereka mengeluarkan album perdana LELAKU yang membuat nama Fourtwnty dilirik oleh label musik Demajors yang menaungi band indie asal Indonesia.

FILOSOFI KOPI 2: BEN & JODY, menjadi batu loncatan yang membawa nama mereka semakin melejit saat lagu pembuka dari album kedua EGO DAN FUNGSI OTAK berjudul Zona Nyaman menjadi soundtrack film tersebut. Saat ini, Fourtwnty sudah menjadi favorit bagi kaum muda pecinta musik indie lokal. Sebelas tahun memang bukan waktu yang sedikit untuk bisa mewujudkan hal itu. Sampai saat ini mereka sudah memiliki lebih dari setengah juta pengikut di Instagram.

Ada 6 rekomendasi lagu dari Fourtwnty yang siap nemenin kamu saat suasana hatimu sedang tidak baik nih, sudah pada tau belum?

 

1. Zona Nyaman Ost Filosofi Kopi

Judulnya memang zona nyaman, tapi isi liriknya mendalam dan pasti bikin kita sedikit merasa lebih tenang. Kalau kamu merasa sudah terlalu lelah menjalani aktifitasmu yang itu-itu saja, lagu ini bakal mendukung kamu untuk keluar dari zona nyamanmu. Beristirahat dan sejenak melupakan masalah yang terjadi padamu. Mengikuti kata hati dan mencari peran yang sesuai denganmu.

Liriknya ringan, tapi alunan musiknya benar-benar pas dan pasti bikin kamu nyaman. Di Spotify, lagu ini sudah didengar hingga 53 juta pengguna aktif. Sudah pernah dengar lagunya belum?

 

 

2. Argumentasi Dimensi

Contoh liriknya begini:

Usap terus keringatmu
Jangan gugur dan terbunuh
Argumentasi dimensi
Terbakar hingga sendiri

Menyimpan makna, kamu tidak boleh lemah, harus tetap semangat meskipun perjalanan hidup yang kamu alami banyak rintangannya. Lagu ini mengajak pendengar untuk tetap berjuang, tetap melanjutkan perjuangan walau keadaan tak sesuai harapan. Jadi, buat kamu yang sudah mulai kehilangan motivasi, atau sedang galau karena tidak punya uang, coba deh dengarkan lagu ini.

 

 

3. Hitam Putih

Sekilas liriknya terdengar rasis, tapi gak begitu kok. Justru lagu ini itu pas banget untuk yang lagi galau karena ditinggal pas lagi sayang-sayangnya. 

Belajar melepaskan dirinya
Walau setengahku bersamanya
Ku yakin kita kan terbiasa
Walau inti jiwa tak terima

Boleh banget nangis kalau emang lagu ini tepat banget menggambarkan keadaanmu yang sedang patah hati ditinggal doi. Membuatmu yakin, kamu akan segera terbiasa tanpa kehadirannya. Hitam putih bermakna perbedaan, dalam percintaan bisa jadi banyak sekali perbedaan yang dimaksud. Seperti perbedaan usia, pendapat, agama, maupun lagu kesukaanpun bisa. Jadi jangan terlalu lama bersedih yaa, move on dan cari yang lebih baik lagi ke depannya.

4. Kita Pasti Tua

Sudah Pasti. Siapa nih yang sudah mulai membayangkan masa tua nanti, terus jadi sedih karena gak seindah masa muda? Masa tua tidak selalu buruk, merisaukannya memang boleh tapi yang paling penting adalah masa kini. Jadi saat kamu terlalu risau akan masa depanmu, ingatlah bahwa kamu hidup untuk hari ini. Hari esok adalah perihal membuatnya lebih baik dari hari kemarin dengan usaha terbaik semampu kita. 

Awas nanti tua
Awas nanti tua
Kita pasti tua

Di lagu ini, kita diingatkan seperti apa masa tua saat semua kemampuan dan kenangan akan mulai berkurang. Tidak harus galau saat ingin mendengarkannya, tapi saat galau dan mendengar lagu ini, pendengar akan dibuat rindu akan kenangan kita di masa lalu yang sudah terlewat tanpa kita sadari.

5. Diskusi Senja

Anak senja mana nih? Jangan galau lagi, ingat lagu ini saat kamu sedang mengamati indahnya senja di sore hari, ditemani secangkir kopi dan cahaya jingga menyala. Lagu ini berpesan untuk tidak memendam suatu masalah sendirian. Diskusi menjadi kunci agar rasa galau tidak menggerogoti hati.

Nah, sudah kalau sudah begitu pasti rasa gundah akan sedikit berkurang. Mengingatkan kamu kalau roda kehidupan semesta akan terus berputar dan kamu tidak boleh tenggelam dalam masa lalu yang kelam. Ada teman, keluarga, dan Tuhan yang siap mendengarkan keluh kesah kamu setiap waktu. Jadi semangat ya, jangan galau lagi, sesi curhat dipesilahkan.

6. Kusut

Seperti kertas diremas, hatimu juga pasti panas melihat pasangan direbut orang. Lagu ini cocok sekali buat kamu yang sedang emosi, marah, dan sedang susah moveon. Dari liriknya yang berbunyi,

Aku terjangkit dan sakit
Terjebak diruang sempit

Membiru indraku
Susah payahku melepasmu

Bisa jadi ini yang kamu rasakan saat sulit melupakan hal-hal yang membuatmu menangis. Seperti rasanya kehilangan kekasih, orang tersayang maupun keluarga. Teruntuk kamu yang sedang mengalami hal itu, semoga lagu ini bisa menjadi sedikit penghiburan untukmu yang sedang teringat kenangan masa lalu.

Ditulis oleh: Ardha Ulya Ma'rifah

(kpl/mag)