Konser Montecristo Tayang di O Channel

Fajar Adhityo  |  Selasa, 06 November 2012 23:05
Konser Montecristo Tayang di O Channel
Montecristo
Kapanlagi.com - Band progressive rock, Montecristo, kembali menghibur penggemarnya di Bentara Budaya Jakarta (BBJ) beberapa waktu yang lalu. Untuk mengulang kembali konsernya, TV O Channel akan menyiarkan secara taping acara yang berlangsung akhir bulan Mei lalu itu.

Setelah disunting menjadi 60 menit, materi konser itu kini siap untuk ditayangkan pada Sabtu (24/11), pukul 9-10 malam. Konser itu menjadi catatan penting bagi karier Montecristo, karena untuk pertama kali mereka melibatkan pihak lain di atas pentas yaitu Oni Krisnerwinto dengan 9 pieces string ensemble dan Jockie Suryoprayogo.

"Kami senang bisa manggung di BBJ. Penonton yang apresiatif adalah segmen yang pas untuk musik dan lirik Montecristo,” ujar Eric Martoyo, vokalis utama dan penulis lirik band ini kepada wartawan, Selasa (6/11).

Didukung oleh LiLo sebagai master of ceremony dan sound system dan lighting yang prima, konsernya sendiri berhasil memuaskan dahaga para penggemar progressive rock. Oni kemudian melanjutkan, "Komposisi dan harmoni lagu lagu Montecristo membuat kami merasa tertantang untuk memainkannya."

Sementara bintang tamu Yockie Soeryoprayogo yang memainkan organ Hammond dan minimoog, mengaku bahagia. Dia memiliki harapan besar bagi kemajuan band langka seperti Montecristo dan genre progresive rock di kemudian hari.

Andy Julias, pentolan band Makara, yang juga sesepuh musik progresive di Indonesia berkomentar “Setahun hanya beberapa album ber-genre ini diproduksi di Indonesia,” ujarnya prihatin.

Dari AMI Awards, Seno M. Hardjo juga mengeluh. Periode 2010/2011 saat album Montecristo dirilis, hanya ada 2 entry dari genre ini. “Persyaratan untuk dikategorisasikan minimal harus ada 3 entry. Akibatnya album Montecristo tersebut tidak bisa masuk AMI Awards,” ungkap Seno.

“Maka dibutuhkan exposure untuk musik dan musisi genre ini. Karena selain komunitas penggemarnya masih cukup banyak di Indonesia, sudah terbukti genre musik ini mampu menembus jaman dalam scope internasional,” tutup Andy Julias sembari menyontohkan eksistensi band dunia Yes, Genesis, Marillion dan band generasi 90an, Dream Theater. (kpl/faj)


Lihat Arsip Musik

- - -