Kolaborasi dengan Sandrayati Fay Hasilkan Lagu Baru, Durasinya Hampir Delapan Menit

Minggu, 01 Agustus 2021 20:12  | 

Iwan Fals



Iwan Fals © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Penyanyi Iwan Fals baru saja merilis single terbaru berjudul 16/01 di bawah label Musica Studio. Dalam lagu 16/01, penyanyi yang mempunyai nama lengkap Virgiawan Listanto ini berkolaborasi dengan Sandrayati Fay.

Seorang penyanyi yang dikenal sebagai salah satu anggota dari trio Daramuda Project bersama Rara Sekar dan Danilla Riyadi. Yang menarik, kolaborasi Iwan Fals dan Sandrayati merupakan ide dari anak pertamanya, yakni Annisa Cikal Rambu Basae atau lebih dikenal Cikal.

"Awalnya saya gak kepikiran, itu dari Cikal, saya gak masalah, ya udah," kata Iwan Fals dalam jumpa pers virtual, Jumat (30/7/2021).

Ternyata, lagu 16/01 ini mempunyai makna begitu mendalam. Ini menjadi cerminan dari Iwan Fals di tengah pandemi Covid-19.

"Pas dengar yang lain cerita hal yang sama, ya ada kesamaan. Ini keresahan saya ya. Lagu ini saya tidak merekayasa apa- apa. Jadi, benar-benar menggambarkan suasana hati, tiba- tiba jadilah lagu ini," kata Iwan Fals.

1. Hampir Delapan Menit

Proses penggarapan lagu 16/01 bisa dibilang sangat unik. Bagaimana tidak, yang lebih banyak menghabiskan waktu di studio untuk menyelesaikan lagu tersebut justru Cikal dan Sandrayati.

"Kalau saya sih saya tinggalin aja, saya ngopi, dia di studio sama Cikal. Dia kan bukan anak kecil lagi, tadi dia cerita soal pentingnya kesehatan, aku nggak kepikiran. tiba-tiba saya mendapatkan teman menulis yang luar biasa, rejeki lagu itu," katanya.

Kolaborasi Iwan Fals dan Sandrayati menghasilkan satu lagu yang bisa dibilang cukup panjang, bahkan hampir delapan menit. Lalu, apa alasan Iwan Fals bikin lagu dengan waktu yang cukup panjang?

"Nggak tau ya, saya ngalir aja, begitu udah jadi saya dateng. Saya ngak ikut prosesnya, takutnya kaalu saya iktuan nanti cerewet. Belakangan ini saya lagi seneng lagu-lagu panjang," kata Iwan Fals.

Pada kesempatan yang sama Sandrayati mengaku merasa senang bisa berkolaborasi dengan Iwan Fals. "Takut, seneng juga, sebenarnya waktu saya dengar lagu ini lagunya mengalir aja nulis liriknya, nggak sengaja," tutup Sandrayati.

(kpl/far/tdr)