Kesempatan Emas D'Masiv, Berkolaborasi dengan Chrisye Dalam 'Selamat Jalan Kekasih'

Kamis, 25 Oktober 2018 09:45  | 

d Masiv



D'Masiv garap tembang populer Chrisya. (KapanLagi.com/Akbar Prabowo)

Kapanlagi.com - D'Masiv kembali menghadirkan kejutan dengan merilis single terbaru berjudul Selamat Jalan Kekasih. Lagu ini adalah lagu ciptaan Erros Djarot dan mendiang Yocki Suryo Prayogo yang pernah dinyanyikan Chrisye pada tahun 1984. Kolaborasi ini semakin lengkap dengan bergabungnya penyanyi muda berbakat, Maizura.

"Jadi hari ini adalah pembuatan video klip yang berjudul selamat Jalan Kekasih. Ini lagu yang pernah hits di tahun 84, kita bawakan kembali. Cukup spesial karena di lagu ini kita berkolaborasi dengan 2 musisi sekaligus, yang satu adalah almarhum Chrisye, jadi suara om Chrisye ada di lagu ini," ucap Ryan d Masiv di Musica Studio, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (24/10).

"Lalu ada penyanyi muda berbakat, Maizura, dia adalah jebolan ajang pencarian bakat. Lagunya jadi terdengar manis ya karena orangnya juga manis," tambahnya sambil tersenyum penuh canda.

1. Kolaborasi Spesial

Dengan kolaborasi tiga musisi tersebut berarti D'Masiv mampu menghadirkan kolaborasi 3 generasi dalam satu karya. Dirilis pada 24 Agustus 2018 silam, band yang aktif sejak 2007 ini sedang menggarap video klip.

"Dan bisa dibilang ini adalah kolaborasi 3 generasi ya. Karena D'Masiv adalah generasi dua ribuan, generasi millennial, dan om Chrisye. Buat kita ini cukup menjadi sejarah buat perjalanan musik D'Masiv. Karena tidak banyak band yang berkesempatan bisa berkolaborasi dengan om Chrisye," jelas Rian.

Perjalanan D'Masiv dalam menciptakan karya kolaborasi dengan mendiang musisi legendaris Tanah Air, Chrisye harus menempuh jalur yang cukup panjang. Mulai dari proses mixing master vokal lagu original Chrisye hingga proses perizinan dengan pencipta lagu harus mereka lalui.

 

2. Sempat Tertunda

"Kita sempet mengalami penyesalan karena waktu itu, saat kita masuk ke Musica tahun 2007, om Chrisye sudah tiada. Waktu itu harapan kita mau kolaborasi dengan om Chrisye akhirnya pupus saat itu. Tapi karena teknologi sudah sangat canggih, akhirnya kita bisa berduet dengan om Chrisye," ucap Rian.

"Dan jujur untuk mendapatkan izin dari pencipta lagu ini cukup panjang ya prosesnya. Bu Acin (Indrawati Widjana) harus minta izin ke penciptanya om Eros Djarot. Saat proses perizinan satu lagi, om Yocki, itu juga pas kondisinya lagi koma. Kenapa kita mau bawain lagu ini karena kita ingin umur lagu ini bisa panjang," sambungnya.

Dapat berkolaborasi dengan Chrisye merupakan pencapaian luar biasa untuk D'Masiv. Selain menjadi sejarah dalam perjalanan musik band pop yang punya banyak hits ini, Rian berharap dengan terciptanya lagu ini bisa jadi tapak tilas dan bermanfaat bagi para musisi pendahulu.

 

3. Edukasi Penikmat Musik Indonesia

"Kita juga mengedukasi para penikmat musik di era sekarang. Bahwa ini loh, mereka adalah pahlawan musiknya D'Masiv. Kalo ngga ada mereka D'Masiv ngga tau apa itu musik. Karena karya mereka, om chrisye, om Yocki, om Eros Djarot. Kita jadi suka musik pop Indonesia. Ya dan kesampean kita punya karya bersama suaranya om Chrisye walaupun kita tidak pernah sama sekali ketemu langsung. Prestasi yang sangat luar biasa," tutur Rian.

"Karena ketika lagu ini dibawakan oleh musisi di era sekarang akan bisa royalti lagi, akan ada rezeki untuk para pendahulu kita. Ini juga menjadi sejarah buat kita," pungkasnya.

Simak Juga

Daur Ulang 'Lilin Lilin Kecil' Chrisye, Ryan Chandra Punya Beban Berat

Citra Scholastika Selalu Terkagum-kagum dengan Lagu Chrisye

Bagi Damayanti Noor, Vino G Bastian Dan Velove Vexia Sukses Bawakan Film 'CHRISYE'

Vino G Bastian Akui Kesulitan Dalami Karakter Chrisye

Perankan Sosok Legend di Film 'CHRISYE', Vino G Bastian Akui Sempat Alami Kesulitan

(kpl/apt/rna)