Keren! Hanya Lewat Debut Single, 6 Musisi Ini Langsung Tenar

Jum'at, 31 Oktober 2014 16:01  | 

Radiohead



Para musisi yang sukses dengan debut single-nya Sumber: Istimewa.


Kapanlagi.com - Sebuah band atau seorang penyanyi baru, dalam membangun karir dalam industri musik tentulah tidak mudah. Mereka harus melalui banyak proses jatuh bangun di dalamnya.

Bahkan, terkadang ada yang benar-benar gagal total saat memulai debutnya di industri musik yang bisa dikatakan 'kejam' ini. Namun, ada juga yang baru membuat debut single, malah langsung membawakan kesuksesan besar bagi sang musisi tersebut.

Tak jarang, keberhasilan debutnya itu, bertahan terus selama bertahun-tahun karirnya di industri musik dunia. Bisa di bilang musisi-musisi seperti ini adalah jenius.

Nah, siapakah musisi-musisi bertalenta ini? Yuk mari simak ulasan selengkapnya di sini. (nme/fnd)

1. Arctic Monkeys - I Bet You Look Good On The Dance Floor

Sejak merilis debut single pertamanya sembilan tahun yang lalu, nama Arctic Monkey langsung menjadi pembicaraan oleh penikmat musik di seluruh dunia. Lagu fenomenal mereka tersebut adalah, I Bet You Look Good On The Dance Floor.

Dirilis pada 17 Oktober 2005 silam, single ini langsung melesat menduduki urutan teratas UK Single Chart. Bahkan mampu untuk menggeser nama tenar kala itu, Sugababes dan Robbie Williams.



Sejak perilisannya ini, Arctic Monkeys menjadi salah satu band yang benar-benar 'Hot' saat itu. Ketenaran mereka semakin berlanjut setelah merilis debut album pertamanya, WHATEVER PEOPLE SAY I AM, THATS WHAT IM NOT setahun berikutnya.

Bahkan kualitas bermusik band ini semakin baik dari album ke album. Di album terakhir mereka, AM (2013) berhasil mendapatkan banyak penghargaan bergengsi, salah satunya Best Album 2013 versi NME Awards.

2. The Killers - Mr. Brightside

11 tahun yang lalu, tepatnya 29 September 2003, The Killers mencetak kesuksesannya dengan debut single Mr. Brightside. Lagu ini langsung melesat ke dalam jajaran 10 besar di chart musik Amerika dan Inggris.

Tentu saja, pencapaian ini langsung berimbas pada karir bermusik band ini. Nama dan aksi panggung mereka, begitu sangat ditunggu-tunggu oleh para penikmat musik dunia saat itu.

Setahun kemudian, akhirnya The Killers merilis debut album pertamanya, HOT FUSS, yang juga semakin melejitkan nama mereka di kancah musik dunia. Hingga saat ini, mereka telah merilis sebanyak empat buah album, dengan rilisan terakhirya RETURN AND BATTLE BORN di 2012 kemarin.

3. Weezer - Undone-The Sweater Song

Lewat debut single Weezer, Undone-The Sweater Song pada 1994 silam, band ini langsung diganjar penghargaan triple platinum. Tak hanya itu, kritik positif dari para pengamat musik dunia pun membanjiri mereka.

Sang frontman, Rivers Cuomo juga sempat berkomentar perihal hits single-nya ini. "Ini adalah sebuah perasaan yang kau dapat ketika mengetahui kereta yang kau tumpangi berhenti, dan tiba-tiba ada orang kerdil datang mengetuk pintumu. Seharusnya ini menjadi lagu sedih, namun orang-orang banyak malah menilai kalau ini begitu lucu," terangnya.



Padahal di era tersebut, dunia musik sedang dilanda demam grunge, namun Weezer mampu menawarkan hal lain melalui musik power pop. Tentu saja hal ini menjadikannya mereka menjadi salah satu band yang ditunggu-tunggu kehadirannya saat itu.

Hingga kini, Weezer telah membuat sebanyak sembilan buah studio album. Yang mana rilisan terakhir mereka adalah, Everything Will Be Alright in the End pada 2014 ini.

4. Lily Allen - Smile

Penyanyi Inggris, Lily Allen memperoleh sukses di awal karirnya, ketika merilis debut single Smile pada 2006 silam. Di bulan yang sama, lagu ini langsung menempati posisi teratas di UK Chart Single.

Dan tentu saja, kesuksesan dari single-nya ini, diikuti pula oleh larisnya penjualan album ALRIGHT, STILL. Dikabarkan album ini telah terjual sebanyak 2,6 juta kopi di seluruh dunia pada 2006 silam.

Dari pencapaian awalnya tersebut, karir bermusik Lily Allen kian menanjak drastis dari tahun ke tahun. Hingga saat ini, dirinya telah merilis sebanyak tiga buah studio album, dengan SHEEZUS sebagai rilisan terakhirnya pada 2 Mei 2014.

5. Radiohead - Creep

Siapa yang tidak kenal dengan lagu Creep dari Radiohead. Meskipun termasuk lagu yang lama, namun hingga saat ini, terbukti masih sangat enak untuk didengarkan dan dinikmati.

Berkat lagu ini pula, Radiohead dapat menorehkan kesuksesan di awal karir bermusik meraka pada 1992 silam. Sebelumnya, lagu ini banyak yang memprediksi tidak akan meledak, namun ternyata prediksi mereka salah.



Lewat Creep, Radiohead langsung disejajarkan sebagai salah satu band Inggris yang berpengaruh di dunia. Bahkan band ini semakin berani bereksperimen di setiap album-albumnya.

Terkadang, malah musik yang mereka buat sangat melenceng jauh dari album satu ke album lainnya. Namun, hal ini semakin membuat kreatifitas mereka disegani dan diapresiasi oleh para pengamat musik dunia.

6. The Strokes - The Modern Age

Melalui single debut The Modern Age di 2001 silam, nama The Strokes langsung menjadi pembicaraan para penikmat musik dunia. Lagu ini sendiri, terdapat di EP pertama mereka, THE MODERN AGE.

Lewat single ini, The Strokes mulai meracuni industri musik dunia dengan genre garage rock ala mereka. Padahal, saat itu publik sedang diserang oleh wabah Nu Metal seperti, Linkin Park, Limb Bizkit dan Korn.



Akhirnya lewat single dan EP debutnya ini, The Strokes menjadi incaran dari para label. Yang akhirnya, band iniĀ  memilih melakukan kerja sama bersama RCA Records untuk merilis debut album pertama mereka, IS THIS IT di 2001 silam.

Sejak perilisan debut albumnya, nama The Strokes semakin diperhitungkan di kancah musik dunia hingga saat ini. Terhitung, dari 2001 sampai 2014, band ini telah merilis sebanyak lima buah album.

(nme/fnd)