Kembali Merekam Lagu 'Satu Satu', Iwan Fals Ungkap Lagu Itu Diciptakan Untuk Keluarga

Sabtu, 21 Agustus 2021 12:28  | 

Iwan Fals



Iwan Fals © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Musisi Iwan Fals menyanyikan ulang salah satu lagu yang terdapat di album Orang Gila, yakni Satu Satu. Yang jelas, lagu Satu Satu terbaru ini jauh berbeda dari pada versi aslinya.

Selain aransemen, Iwan Fals berkolaborasi dengan tiga musisi muda berbakat, yaitu Rendy Pandugo, Petra Sihombing, dan Baskara (Hindia). Iwan Fals mengatakan, lagu yang dirilis pada tahun 1994 itu dibuat tentang kehidupan keluarga.

Di mana, saat itu Iwan Fals selalu membayangkan anak-anaknya, Cikal dan Galang Rambu Anarki ketika dirinya pergi ke toko musik untuk membeli kaset.

"Sebenernya dari lagu dasar satu satu itu roh nya itu keluarga, di anak saya masih kecil-kecil, saya ke toko musik. Lalu saya membayangkan anak-anak saya, tentang keluarga lah. Kebetulan ada daun yang jatuh gitu," kata Iwan Fals dalam jumpa pers virtual, Kamis (12/8/2021).

1. Project Kolaborasi

Kini, penyanyi yang mempunyai nama asli Virgiawan Listanto itu merekam lagu Satu Satu dalam projek kolaborasi yang digagas oleh Indosat Ooredoo. Kolaborasi ini, sekaligus untuk merayakan ulang tahun kemerdekaan RI dengan nama kampanye Bersatu untuk Merdeka.

"Tiba tiba masuk tema besar seperti ini kita saling membantu gitu. Kalo nilai-nilai proses kekeluargaan dalam proses membantu hilang, rasanya gimana ya. Itu direnungkan nilai kekeluargaan dalam persoalan menjawab kegelisahan kita bersama," kata Iwan Fals.

Baskara salah satu penyanyi muda yang terlibat dalam kolaborasi ini mengatakan, dirinya sangat bahagia bisa bekerjasama dengan salah satu legenda hidup penyanyi Indonesia.

"Siapa yang nggak mau (kolaborasi) sama om Iwan, ini impian saya sejak kecil. Pasti mau lah siapa yang nggak mau," pungkas Baskara.

(kpl/far/tdr)