Kangen Band Dulu dan Kini, Perubahan Formasi dan Sensasi Andika

Senin, 10 November 2014 20:01  | 

Kangen Band



Kangen Band ©KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Saat pertama mendengar kata Kangen Band, apa yang ada di benak kalian? Andika, atau musik Melayu yang kental?

Beberapa tahun silam, band asal lampung ini sempat membuat orang penasaran dengan lagu-lagu mereka yang tersebar luas lewat radio. Makin terkenal, mereka pun akhirnya menjadi bintang baru di industri musik.

Perjalanan karir para personel Kangen Band nyatanya tak semulus perkiraan orang. Banyak pengorbanan dan suka duka yang mengiringi perintisan karir mereka di jagat hiburan.

Seperti apa pasang surut perjalanan Kangen Band sejak dulu hingga kini? Tentunya tak lepas dari sensasi Andika juga sebagai eks vokalis. Simak selengkapnya di sini. (kpl/niz)

1. Berjuang Dari Nol

Perjuangan dan usaha keras untuk membawa musik mereka hingga dikenal orang, Kangen Band tak menempuhnya secara mudah. Dengan latar belakang para personel yang biasa saja, mereka tak kepikiran bisa sampai sesukses ini.

Kangen Band dimotori oleh Dodhy dan Izzy yang punya passion tinggi dalam bermusik. Kebetulan, Izzy berasal dari keluarga berada yang mampu memfasilitasi teman-temannya untuk ngeband bareng.

Andika dulunya merupakan penjual cendol di Lampung. Namun hal itu tak menyurutkan niatnya untuk mengejar mimpi sejauh mungkin.

Dengan segala perjuangan tersebut, Kangen Band mampu menelurkan sejumlah karya yang akhirnya sukses 'nyangkut' di telinga dan hati masyarakat tanah air. 

Ya, semuanya perlu perjuangan. Termasuk dalam karir Dodhy dkk yang banyak dianggap meraih sukses secara instan.

2. Debut Album Langsung Ngehits

Tahun 2007 menjadi salah satu tonggak bersejarah bagi Kangen Band. Album pertama mereka lahir, sebagai langkah awal sukses mereka.

Meski dirugikan akibat pembajakan yang membabi buta kala itu, agaknya campur tangan para penjual CD bajakan turut andil membesarkan Kangen Band. CD mereka banyak beredar di pasar-pasar, menjadi salah satu yang paling laris.

Album berjudul TENTANG AKU KAU DAN DIA ini pun terbagi menjadi dua, yakni versi awal dan repackage. Memuat sejumlah hits andalan mereka seperti Penantian Yang Tertunda, Usai Sudah, Selingkuh, dan beberapa lainnya.

Masih solid, formasi yang terdiri dari Andika, Dodhy, Izzy, Bebe, Tama, dan Iim ini meneguk sukses bersama sebagai rising star kala itu,

3. Skandal dan Sensasi Andika

Sukses berkarir dan taui popularitas merupakan ujian tersendiri bagi artis pendatang baru. Mereka harus bisa mengontrol diri mereka agar tak terbuai dengan kenikmatan sesaat.

Bergelimang uang dan terkenal, para personel Kangen Band pun sempat digrebek pihak kepolisian atas kepemilikan narkoba. Andika dan Izzy dinyatakan positif pemakai setelah menjalani tes urin, sementara para personel lainnya aman.

Tak hanya narkoba, Andika pun sempat terjerat hukum akibat melanggar UU perlindungan anak dan harus mendekam 7 bulan di penjara. Ia pun siap menelurkan karya-karya baru selama dikurung.

Terkenal cukup bandel, kini sepertinya Andika sudah banyak berubah. Nggak cuma model rambutnya saja lho.

4. Dodhy Putuskan Hengkang

Bersahabat sejak lama, hubungan Andika dan Dodhy sudah seperti saudara. Seburuk apapun masalah yang mereka hadapi, sebisa mungkin mereka menghadapinya bersama.

Karena itu, saat Andika dipecat oleh manajemen karena tersandung kasus hukum, Dodhy pun ikut meradang. Meski sempat bertahan beberapa lama tanpa Andika, mantan gitaris Kangen ini pun akhirnya hengkang.

Awalnya Dodhy terlibat dalam beberapa side project di luar Kangen Band, termasuk membentuk Winner bersama Posan, mantan drummer Kotak. Perlahan, ia yakin dan ingin benar-benar lepas dari band yang dirintisnya dari nol tersebut.

Sebagai pembelaan, pada 2011 Dodhy pernah mengungkapkan jika Andika diganti, lebih baik ia yang keluar. Dan ternyata statement tersebut benar-benar terjadi beberapa saat setelahnya.

5. Ganti Vokalis, Ganteng

Tak ingin mandek berkarya gara-gara kehilangan Andika, Kangen Band akhirnya melakukan audisi untuk mencari vokalis baru. Posisinya kemudian digantikan oleh Reyhan, yang jauh lebih ganteng daripada Andika.

Akan tetapi, faktor fisik bukan satu-satunya pertimbangan direkrutnya Reyhan. Menurut para personel, karakter suaranya dinilai luwes dan lebih terasa ngepop.

Direkrut pada 2013, formasi anyar Kangen Band merilis album pada 2014. Meski tak seheboh dulu, Kangen yang baru punya sisi musikalitas yang berbeda dari sebelumnya.

Meski sekarang punya vokalis ganteng dan kece, tapi kenapa mereka tak bisa setenar dulu ya? Apa jangan-jangan Andika memang punya aura tersendiri sebagai frontman?

6. Duo Andika & Dodhy Tandingi Kangen Band

Sebagai dua anggota yang hengkang dari band dan rekan seperjuangan, Dodhy dan Andika ingin membangun lagi karir mereka. Membentuk duo, mereka ingin berkarya kembali.

Selama ini memang banyak hits milik Kangen Band yang ditulis oleh Dodhy dan Andika. Karena itu, mereka berani melangkah sendiri dalam duo yang mereka namai Kangen.Lagi.

Kabarnya ada unsur kekecewaan yang melatarbelakangi dibentuknya duo ini. Tapi yang jelas, mereka tetap menghargai rekan-rekan lawas di Kangen Band.

Selama di penjara, Andika mengaku sudah menulis sekitar 35 lagu. Selantang apa duo ini akan bersuara?

(kpl/niz)