[KALEIDOSKOP 2022] - Absen 2 Tahun Selama Pandemi, Ini 8 Festival Musik Paling Seru dan Keren di Jakarta Sepanjang Tahun 2022

Diperbarui: Diterbitkan:

[KALEIDOSKOP 2022] - Absen 2 Tahun Selama Pandemi, Ini 8 Festival Musik Paling Seru dan Keren di Jakarta Sepanjang Tahun 2022
Kaleidoskop 2022, Festival musik di Indonesia yang paling seru ©istimewa

Kapanlagi.com - Sepanjang tahun 2022 festival musik sudah bermunculan setelah absen dua tahun akibat pandemi. Dimulai dari Joyland Festival 2022 yang digelar di Bali. Dari situlah, festival-festival musik bermunculan, terutama di Jakarta.

KapanLagi.com merangkum deretan festival musik di Jakarta yang paling seru, keren, dan menarik sepanjang tahun 2022. Apa saja, simak ulasannya di sini!

 

1. The Sounds Project Vol.5

The Sounds Project Vol.5 yang diselenggarakan pada 27-28 Agustus di Allianz Ecopark, Ancol, Jakarta Utara. Sebanyak 48 penampil yang turut memeriahkan festival musik The Sounds Project Vol.5. Mulai dari Dewa 19, Padi Reborn, Firasat Besari, The Sigit, FUR (UK), hingga The Walters (USA).

Sebelum gelaran itu berlangsung, Sound Project Vol.5 menghadirkan pre-event roadshow yang tersebar di 6 kota di Indonesia seperti Bogor, Bandung, Depok, Bekasi, Tangerang, dan berakhir di Jakarta. Pre-event berlangsung setiap minggunya mulai dari 8 Juli hingga 28 Juli 2022.

"Setelah pandemi mereda, akhirnya kita kembali menyelenggarakan The Sounds Project Vol. 5. Untuk tahun ini, Akan ada 48 musisi yang berasal dari dalam dan luar negeri yang akan tampil dalam dua hari penyelenggaraan," kata Gerhana Banyubiru selaku Project Director di Hardrock Cafe, Kamis (28/7/2022).

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Pestapora

Diinisasi Boss Creator, Pestapora diselenggarakan pada 23, 24, 25 September di Gambir Expo, Kemayoran Jakarta Pusat. Festival ini menjadi gelaran paling sukses di tahun 2022. Bagaimana tidak, Pestapora berhasil menghadirkan 174 musisi lintas genre. Dalam gelaran ini, Kiki Aulia Ucup dari Boss Creator memberikan suguhan yang berbeda.

Bagaimana tidak, dalam gelaran ini Kiki Ucup menghadirkan sejumlah penampil yang bisa dibilang baru pertama kali merasakan festival musik dalam skala besar. Mulai Inul Daratista (full band), Melly Goeslaw (AADC Set), Abdel dan Temon, The Bataks Band, hingga Kerispatih feat Sammy Simorangkir.

"Kalau bicara soal uniknya Pestapora, sebenarnya Pestapora kami hadirkan untuk selebrasi atau perayaan setelah dua tahun tidak ada pertunjukan. Jadi Pestapora hadir untuk mewadahi banyak pelaku dalam industri musik," kata Kiki Ucup.

 

3. We The Fest

We The Fest (WTF) yang digelar selama tiga hari mulai 23 - 25 September 2022 juga masuk dalam jajaran festival musik paling keren dan seru versi Kapanlagi.com. Digelar GBK Sports, Senayan, Jakarta Pusat, We The Fest tak kalah seru dengan festival musik yang lainnya. Setelah absen dua tahun akibat pandemi, We The Fest hadir dengan line up yang spektakuler.

Sejumlah musisi dalam maupun luar negeri hadir dalam gelaran tahunan tersebut. Mulai dari Danilla, Dewa 19, Pamungkas, Nadin Amizah, The Adams, NOAH, Pink Sweats, hingga Jackson Wang. Mereka berhasil menghibur para penonton yang telah hadir selama tiga hari berturut-turut.

"Kami akan ada empat panggung, main stage kita, namanya We The Fest Stage. Lalu ada panggung kedua nanti posisinya ada di Tennis Indoor Cabana Banana dan di panggung ketiga kita, berada di Tennis Outdoor itu Another Stage, sama WTF Park Stage," kata Sarah dalam konferensi pers di Djournal House, Jakarta Selatan, Kamis (15/9/2022).

Festival yang sudah digelar beberapa tahun ini ternyata punya cerita sendiri bagi musisi Pamungkas. Musisi 29 tahun itu tampil menyebut, We The Fest punya andil dalam penggarapan album Walk The Talk yang dirilis tahun 2018. Hal itu ia ungkapkan ketika tampil d hari pertama We The Fest.

"Saya ingat tahun 2018, We The Fest yang membuat saya mengeluarkan album Walk The Talk. Thank you very much. Ini festival musik tempat saya belajar. Pulang pasti saya bawa bekal. Belajar ini dan itu," kata Pamungkas.

 

4. Synchronize Fest

Festival yang satu ini menjadi salah satu gelaran musik paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Synchronize Fest juga hadir di tahun 2022 setelah absen dua tahun karena pandemi. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Synchronize Fest menghadirkan ratusan musisi lokal.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Synchronize Fest di JiExpo Kemayoran Jakarta Pusat pada 7, 8 dan 9 Oktober 2022. Nah tahun ini, festival yang sudah bergulir di awal tahun 2000-an itu berhasil memberikan suguhan spesial, keren, dan juga menarik. Mengusung tema 'Lokal Lebih Vokal', Synchronize Fest menghadirkan line up yang tak kalah keren dari festival musik yang lain.

Tahun ini, Synchronize Fest menghadirkan grup band living legend yang sudah tak aktif manggung selama 50 tahun, yakni Dara Puspita. Grup band rock wanita ini tampil full personel. Ada Titiek Hamzah, Titiek Adji Rachman, Lies Soetisnowati Adji Rachman, dan Susy Nander.

Bukan cuma itu, Synchronize Fest juga menghadirkan sejumlah yang tak kalah keren, seperti Agnez Mo, Ahmad Band, Cokelat, Potret, Radja, Erwin Gutawa & 3Diva (Krisdayanti, Titi DJ, Ruth Sahanaya), Alam Mbah Dukun, Voice of Baceprot, OM New Pallapa, The Groove Bersama Rieka Roslan, Yuke Sampurna dan Ali Akbar, Payung Teduh X Pusakata.

"Secara line up lokal, lebih vokal. Dalam pemilihan line up, kita punya empat pilar. (The New Emergy Artist) Nama baru yang belum pernah tampil, yang belum pernah tampil ada banyak sekali, pokoknya banyak banget line up terbaru, enggak itu-itu aja," kata Aldila Karina selaku Communications Director Synchronize Fest.

 

5. Soundrenaline

Setelah beberapa tahun belakangan hadir di Bali, kini festival musik Soundrenaline kembali hadir di Jakarta. Soundrenaline berlangsung pada 26-27 September 2022 Allianz Ecopark, Ancol, Jakarta Utara. Tiap tahunnya, Soundrenaline selalu memberikan kejutan spesial, terutama pada line up.

Selain musisi lokal, Soundrenaline juga menghadirkan musisi internasional terkeren tiap tahunnya. Tahun ini, Soundrenaline menghadirkan beberapa penampil internasional, seperti Weezer, Neck Deep, MuraMasa, Plain White T's, Hollow Coves, hingga Sheila Majid.

Bukan cuma itu, musisi lokal yang tampil di Soundrenaline 2022 juga tak kalah menarik dari festival musik yang lain, seperti Barasuara, Burgerkill, Indra Lesmana Project, Potret, Pure Saturday, Tiket, hingga The Brandals, hingga The Prediksi.

Para penampil sukses memberikan penampilan terbaiknya. Mereka berhasil bikin ribuan penonton merasa puas meskipun sempat diguyur hujan. Dalam gelaran ini, Weezer menjadi penampil paling ditunggu-tunggu ribuan penonton. Meski bukan kali pertama tampil di Jakarta, tetapi band asal Los Angeles itu berhasil memberikan penampilan terbaiknya.

Soundrenaline 2022 agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ya, tahun ini, Soundrenaline juga menghadirkan panggung stand up comedy. Ada beberapa komika yang berhasil tampil menghibur di Soundrenaline 2022. Mereka adalah Adjis Doaibu, Ridwan Remin, Praz Teguh, dan masih banyak lagi.

 

6. Joyland Festival

Sukses di Bali, Joyland Festival kembali hadir di Jakarta. Joyland Festival berlangsung pada 4 hingga 6 November 2022 di Stadion Softball Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Tak kalah seru dari Bali, Joyland Festival di Jakarta menghadirkan sejumlah musisi lokal dan Internasional.

Sederet musisi internasional berhasil menghibur ribuan penonton Joyland Festival. Mereka adalah Moonchild, Kiefer, Mild High Club, PREP, Cornelius, Thundercat, Phum Viphurit hingga Years & Years.

Tak kalah seru dari musisi Internasional, sejumlah penampil dari Tanah Air juga sukses bikin penonton terpukau, seperti Koil, The Adams, Afgan, HIVI!, Koil, Monita Tahalea, Endah N Rhesa, Kunto Aji, SCALLER, Sivia, Dialog Dini Hari, Hindia, The Panturas, White Shoes and The Couples Company, RAN, Tulus, Yura Yunita, dan Project Pop.

Bukan cuma musik, Joyland Festival juga menghadirkan panggung stand up comedy. Sejumlah komika tampil menghibur dalam gelaran tersebut. Mulai dari Indra Jegel, Popon Kerok, Arif Alfiansyah, Bonar Manalu, Ge Pamungkas, Bintang Bete, Barry William, Rere Rassofyan, Abdur Arsyad, Rio Dumatubun, Patra Gumala dan Yono Bakrie.

 

7. Djakarta Warehouse Project (DWP)

Salah satu festival musik elektronik terbesar di Asia, Djakarta Warehouse Project (DWP) menjadi salah satu gelaran paling sukses di tahun 2022. Berlangsung pada 9-11 Desember di Jiexpo Kemayoran, DWP mendatangkan lebih dari 40 DJ (Dis Joki) dalam dan luar negeri. Mulai dari Zedd, Martin Garrix, DJ Snake, Beauz, Yellow Claw, hingga Dipha Barus sampai Winky Wiryawan

DWP tahun ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, pihak penyelenggara membatasi jumlah penonton karena peraturan pemerintah. Tak cuma itu, waktunya pun dibatasi, DWP 2022 dimulai sejak pukul 16.00 sampai 02.00 WIB. Meskipun begitu, tak membuat para penonton kecewa. Mereka tetap terhibur usai melihat aksi-aksi DJ ternama dari tanah air maupun Internasional.

"Untuk tahun ini memang kami targetkan 30.000 per hari dan itu sebenarnya sudah mengikuti arahan dari pemerintah juga dalam kondisi tetap mengikuti protokol kesehatan," kata Sarah Brand Consultant Ismaya Live di Dragonfly, Rabu, 7 Desember 2022.

 

8. Head in The Clouds (88 rising)

Head In The Clouds Music & Arts Festival menjadi salah satu gelaran musik paling ditunggu-tunggu di tahun 2022. Festival ini berlangsung pada Sabtu dan Minggu, 3-4 Desember 2022, di Community Park PIK2, Jakarta. Sejumlah penampil lokal dan Internasional berhasil memberikan suguhan terbaiknya.

Pertama kali hadir di Jakarta, Head in The Clouds (88 rising) menghadirkan sejumlah musisi keren, seperti NIKI, Rich Brian, Joji, Jackson Wang, (G)I-dle, eaJ, YOASOBI, Warren Hue, Stephanie Poetri, hing BIBI. Tentu saja, Rich Brian menjadi salah satu penampil paling ditunggu-tunggu dalam gelaran ini.

Penampilan Rich Brian bikin penonton takjub melihat aksinya dari atas panggung. Yang bikin penonton heboh lagi, ia menyapa penggemarnya menggunakan bahasa Indonesia.

"Apa kabar semuanya? Kalian capek enggak?. Pada kaget ya, kok gue bisa ngomong bahasa Indonesia?" kata Brian dari atas panggung, Minggu (4/12/2022).

Dalam aksinya, Rich Brian berhasil menghibur puluhan ribu penonton Head in The Clouds lewat lagu-lagu yang ia bawakan dari atas panggung. Mulai dari 100 Degrees, Yellow, hingga Glow Like Dat.

Selain Rich Brian, sederet penampil, seperti Voice of Baceprot (VoB), BIBI, Yoasobi, hingga EAJ dan Jackson Wang juga meramaikan hari kedua HITC 2022. Sementara itu, pada hari pertama, HITC Jakarta 2022 telah menghadirkan penampilan dari Stephanie Poetri, NIKI, Atarashii Gakko!, Joji, hingga (G) I-DLE.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending