Jogja Hip Hop Foundation Beberkan Cerita di Balik Panggung

Fajar Adhityo  |  Senin, 30 April 2012 18:25
Jogja Hip Hop Foundation Beberkan Cerita di Balik Panggung
Jogja Hip Hop Foundation Foto: Acat

Kapanlagi.com - Untuk pertama kalinya grup rap Jogja Hip Hop Foundation (JHF) menggelar konser tunggalnya yang bertajuk New Yorkarto pada Jumat (27/4) kemarin. Konser kali ini dikemas secara unik dengan menggabungkan orkestra dan gamelan.

Namun siapa sangka konser yang berlangsung meriah ini sebelumnya para personel JHF harus kerepotan dengan konsepnya. Mereka mengaku harus bisa cepat beradaptasi dengan alunan orkestra dan gamelan yang dimainkan secara live.

"Kesulitannya banyak, rumit. Biasanya kita ngadepin musik di layar komputer tiba-tiba dalam orkestra dan gamelan secara real, ini baru pertama kali. Kita harus menemukan soulnya lagi, soalnya gak seperti lagu persisnya," papar Marzuki Mohammad aka Kill The Dj selaku founder JHF saat dijumpai usai konser.

Kesulitan juga tak berhenti di situ, para personel JHF juga harus bisa beradaptasi dengan sutradara yang mengarahkan penampilan mereka. Kebiasaan seenaknya saat tampil kali ini harus dibuang, pun begitu bagi mereka ini adalah proses untuk memberikan yang terbaik.

"Karena kita harus keluar masuk, diatur. Kalau konser tiap harinya kita bebas aja. Tapi ini harus mengikuti arahan sutradara, ya itu merupakan bagian dari proses. Proses kan penting untuk belajar," ujarnya.

Dari segala kesulitan yang mereka hadapi ternyata tak membuat para rapper asal Jogja ini kapok. Bahkan mereka ketagihan untuk mengulang lagi.

"Aku pingin ngulang dari awal. Karena ini tadi baru awal-awal jadi masih ada kendala teknis, kita perlu menghafal karena dihadirkan panggung dengan cerita," tukasnya di Taman Ismail Marzuki.