'Jingga', Lantunkan Kesedihan Menuju Rasa Hampa

Dhefa Mauren Roos Mary  |  Selasa, 02 Oktober 2018 18:59
'Jingga', Lantunkan Kesedihan Menuju Rasa Hampa
Fatin (credit: Sony Music) & (Credit: instagram.com/fatin30)

Kapanlagi.com - Fatin Shidqia Lubis baru saja merilis lagu barunya yang berjudul Jingga. Lagu ini dilepas pada tanggal 29 September 2018 lewat kanal YouTube. Lewat kanal ini kalian langsung bisa mendengarkan lagu dan video klipnya sekaligus. Buat kalian para penggemar Fatin (Fatinistic) yang ingin memperdalam isi lagunya, ini dia bedah lirik Jingga ala KapanLagi.com.

Lagu ini dimulai dengan sebuah kisah Balada yang menceritakan tentang hubungan yang sedang ia jalani. Berjalan lama, kisah ini disusul dengan plot yang pahit. Fatin tak lagi merasa rindu pada sang kekasih.

"Kita telah bersama sekian lama
Namun ku tak lagi merasa
Rindu yang sama cerita kita
Mengalir ke persimpangan rasa"

Fatin (credit: Sony Music)Fatin (credit: Sony Music)

Bukan tanpa sebab. Ternyata hal ini terjadi lantaran sang kekasih telah berubah. Ia tak lagi menghiraukan Fatin.

"Kau telah berubah
Abaikan kisah kita"

Jelas Fatin  sedih akan perubahan sang kekasih. Kesedihan ini digambarkan dengan kata Jingga. Warna yang biasa kalian lihat saat matahari mulai pulang ke peraduan.

Kata Jingga di sini rupanya menyimpan makna yang amat dalam. Menurut Fatin, "Jingga bukan sekedar warna yang menggambarkan kesedihan, tapi gambaran aku pada rasa sepi dan hampa. Situasi perasaan tersebut ingin aku gambarkan dalam lirik lagu."

Bukan hanya menyimpan makna yang dalam. Di sini kata Jingga juga diulang berkali-kali alias repetitif. Kata Jingga juga membuka bait Reff dengan ujung kisah cinta yang jelas tidak bisa dikategorikan ke dalam kisah yang indah.

Kesedihan yang dilambangkan dengan kata Jingga membawa hubungan Fatin dan sang kekasih ke arah perpisahan yang digambarkan sebagai malam tak berbintang. Gelap dan pekat.

Di titik ini Fatin mengungkap kekesalan dan kekecewaannya pada sang kekasih yang berubah. Janji-janji manisnya selama menjalin hubungan sudah tak lagi punya makna. "Hingga kini terasa terhapus semua janji. Yang pernah terucapkan," lantun Fatin.

Namun dibalik rasa sedih, kesal, dan kecewa yang ia rasakan muncullah sebuah kegundahan tentang apa yang akan terjadi di masa yang akan datang padanya dan sang kekasih. "Dan apabila kita berpisah. Apakah semua kan berbeda," tanyanya.

Jingga seakan menjadi suguhan yang mewakili pengalaman saat putus cinta. Semua rasa kecuali bahagia bercampur jadi satu dan hanya menyisakan kepedihan yang mendalam. Buat kalian yang ingin mendengarkan lagu Jingga sambil menyanyi bersama Fatin, kalian bisa lihat liriknya DI SINI.  Selamat menikmati.

(Credit video: YouTube.com/Fatin Shidqia)

Yuk Baca Juga:

'Jingga' Jadi Debut Fatin Shidqia Lubis dalam Menulis Karya Sendiri

WHY PROJECT, Ketika Para Seleb Bicara Topik Hangat Secara Intim

Disindir 'Stupid' Oleh Iis Dahlia, Begini Pendapat Bijak Fatin Shidqia

Ulang Tahun, Fatin Shidqia Lubis Saling Berbalas Kata Sayang Dengan Cowok Ganteng Ini

Iis Dahlia Sesalkan Kenapa Fatin Tak Minta Nomor Teleponnya Pada Rossa