Jaran Goyang, Lagu Hits Kekinian yang Miliki Arti Ilmu Pelet?

Mita Anandayu  |  Rabu, 20 September 2017 16:01
Jaran Goyang, Lagu Hits Kekinian yang Miliki Arti Ilmu Pelet?
Nella Kharisma, Trio Macan & Via Vallen © Istimewa

Kapanlagi.com - Lagu dangdut yang tengah populer saat ini, Jaran Goyang, menjadi bukti bahwa Lagu dangdut sepertinya memang masih memiliki tempat tersendiri di hati para penikmat musik. Lagu yang dinyanyikan oleh Nella Kharisma ini langsung menarik hati para pendengar musik dari berbagai kalangan pasca dirilis.

Kepopuleran lagu ini dibuktikan oleh penyanyi dangdut yang berbondong-bondong merilis ulang lagu tersebut. Sebut saja Via Vallen dan Trio Macan yang juga menyanyikan ulang lagu yang liriknya terdapat tiga bahasa yaitu, Indonesia, Jawa dan Inggris itu.

Nella Kharisma mempopulerkan lagu Jaran Goyang yang dirilis tahun 2017 © instagram.com/nellakharismaNella Kharisma mempopulerkan lagu Jaran Goyang yang dirilis tahun 2017 © instagram.com/nellakharisma
Nella Kharisma mempopulerkan lagu Jaran Goyang yang dirilis tahun 2017 © instagram.com/nellakharisma

Namun, dibalik kesuksesan lagu tersebut, ada pula yang mengatakan bahwa lagu tersebut memiliki arti Ilmu Pelet. Prediksi ilmu pelet tersebut muncul lantaran judul yang digunakan serta kata-kata dalam lirik yang mengarah pada jenis ilmu pelet yang paling dahsyat yang ada di Banyuwangi itu.

"Kalau tidak berhasil, pakai jurus yang kedua. Semar mesem namanya, jaran goyang jodohnya. Cen rodok ndagel syarate, penting di lakoni wae. Ndang di cubo, mesthi kasil terbukti kasiate, genjrot."

Lirik di atas dipercaya merujuk pada ajian jaran goyang yang biasa digunakan masyarakat Osing Banyuwangi. Ajian Jaran Goyang konon dapat menaklukan hati orang yang diinginkan. Siapa pun yang terkena akan mengalami kasmaran bahkan sampai berperilaku seperti orang gila.

Jaran Goyang merupakan ilmu Jawa kuno yang diwariskan secara turun-menurun. Pengaruh yang dihasilkan energi Jaran Goyang akan mempengaruhi alam bawah sadar orang lain.

Untuk melakukan ajian jaran goyang, biasanya diharuskan untuk melakukan puasa mutih selama 40 hari 40 malam. Pada malam terakhir harus diakhir dengan Pati Geni, atau menghilangkan segala nafsu sementara.

Menurut penuturan Budayawan dan Sejarawan (Alm) Hasan Ali, jenis pelet Jaran Goyang konon yang paling kuno dan hebat dari sekian banyak ilmu pelet yang ada di Banyuwangi.

Lantas, bisakah lagu milik Nella Kharisma ini dikaitkan dengan ilmu pelet tingkat tinggi hanya lantaran judul dan liriknya yang menyebutkan kata Jaran Goyang yang sangat terkenal di tanah Osing tersebut? Bagaimana pendapatmu, KLovers?

Baca Ini Juga!

Mengenal Bobby Nasution, Calon Mantu Jokowi yang Bakal Nikahi Kahiyang

Berawal dari Facebook, Herry Wujudkan Mimpi ke Jepang Jadi Ahli Nuklir

Es Batu Sampai Kopi, Ini 5 Barang Paling Laris di Toko Kelontong Korea

Tertarik Beli Mobil Murah Hasil Sitaan KPK? Begini Caranya!

Kaesang Interogasi Kahiyang dan Bobby Terkait Pernikahannya, Kocak!

(kpl/mit)

Kalau kalian masih mengira musik dangdut akrab dengan goyangan sensual atau busana yang terbuka, agaknya KLovers perlu mengenal lebih dekat Trio Macan.
10 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -