Jadi Viral, Lagu 'Maafkan Aku' Enda 'Ungu' Ternyata Milik Penjual Nasi Goreng

Jum'at, 16 September 2022 06:33


Istimewa

Kapanlagi.com - Lagu "Maafkan Aku" viral dan membuat banyak orang mengcover lagu tersebut di video berbagi YouTube. Bahkan, gitaris band Ungu, Enda, juga ikutan mengcover lagu tersebut.

Dalam deskripsi video di akun YouTube milik Enda, ia menuliskan bahwa lagu tersebut bukan miliknya, melainkan milik Band The Orion.

"Saya mengcover lagu ini karena banyak request. Lagu ini bukan ciptaan saya. Setelah saya telusuri, judul asli lagu ini "Lupakan Aku" yang dipopulerkan The Orion band," tulis Enda.

 

1. Penjual Nasi Goreng

Ditelusuri lebih jauh, rupanya salah satu personel band The Orion menjadi penjual nasi goreng di Taman Barito, Jakarta Selatan.

Ia adalah R. Tias, vokalis dari Band Orion sekaligus sang pencipta lagu "Maafkan Aku". Disinggung mengenai lagunya yang viral, hingga dicover banyak orang, R Tias begitu senang.

"Ya senang ya. Terima kasih kepada orang-orang yang sudah mempopulerkan lagu kami, Maafkan Aku. Terima kasih juga buat Bang Enda," kata R. Tias saat ditemui di Taman Barito, Jakarta Selatan, Selasa malam (13/9/2020).

Menurut R. Tias, lagu "Maafkan Aku" diciptakannya pada 2008 lalu saat dirinya bersama dua personel lainnya, yakni Bryan (gitar) dan Ipung (gitar), masih kuliah di salah satu kampus di Malang, Jawa Timur.

2. Meledak

Kala itu, lagu tersebut meledak di tempat penjual Compact Disk (CD) bajakan. Namun yang disayangkan R Tias, sampul CD tidak mencantumkan nama band The Orion sebagai pemilik lagu. Yang ada hanyalah foto dan nama Enda Ungu.

"2008 awal, kami bikin demo lagu dan coba masukin ke label-label. Nggak tahu kenapa lagu itu tahun 2009 meledak di tempat jual CD (compact Disk) bajakan, dan anehnya lagu itu tertulis Enda Ungu (yang nyanyi). Kami nggak punya kekuatan untuk mengklaim, siapa yang bakal percaya?" Kata R. Tias.

Singkat cerita, Band The Orion vakum dan personelnya sibuk dengan kegiatan masing-masing. Bryan masih sibuk dengan kegiatan bermusik, sementara Ipung dan R. Tias menjalani usaha.

"Ipung jualan kopi, dan saya sendiri jualan nasi goreng di Taman Barito dari tahun 2014 sampai sekarang," kata R Tias.

3. Kembali Viral

Masih kata R Tias, di tahun 2022 ini, lagu "Maafkan Aku" kembali viral setelah dibawakan penyanyi Indah Yastami.

"Jadi setelah pandemi, tahun 2022, ada Indah Yastami, cover lagu Maafkan Aku dan meledak lagi sampai 40 juta viewer," tuturnya.

Viralnya lagu tersebut, kata R Tias membuat salah satu manajemen artis, yakni Positif Art tertarik menyatukan dan menghidupkan kembali Band The Orion.

"Kami digandeng Positif Art untuk kembali bermusik. Kami juga sudah menyiapkan single kami selanjutnya," tuturnya.

Meski sudah kembali bermusik, R Tias mengaku belum bisa melepas usahanya sebagai penjual nasi goreng. "Ya disela kesibukan bermusik, saya masih jualan nasi goreng," tuturnya.

R. Tias berharap, cita-citanya sebagai musisi terkenal bisa terwujud dengan The Orion menuai sujses di panggung musik. Ia juga berharap bisa bertemu dengan Enda Ungu untuk berkolaborasi.

"Harapannya sih pertama sukses ya, dan mudah-mudahan bang Enda Ungu ada waktu bertemu dengan kami. Kami mau kolaborasi," tuturnya malu-malu.

(kpl/dan/frs)