Presented by A-Mild

Inilah Alasan Musik Indie Diminati, Relate Banget dengan Muda-Mudi

Iwan Tantomi  |  Kamis, 29 September 2022 18:30
Inilah Alasan Musik Indie Diminati, Relate Banget dengan Muda-Mudi
Credit: AWAKE

Kapanlagi.com - Ada banyak alasan musik indie diminati dari waktu ke waktu di negeri ini. Bahkan, saking banyaknya musisi indie yang bermunculan belakangan ini, membuat musik indie seolah sudah menjadi genre tersendiri dalam industri musik. Terlebih lagi, musik indie juga seakan punya pasar sendiri. Hal ini belum ditambah dengan basis penggemar atau penikmat yang terus berkembang, membuat eksistensi musik indie Indonesia tak mudah tergerus zaman.

Dari segi musikalitas dan lirik, musik indie biasanya punya ciri khas. Lagu-lagu yang enak didengar serta lirik yang puitis dan berkaitan erat dengan kehidupan anak muda kebanyakan, turut membuat musik indie Indonesia begitu disukai. Apalagi tak sedikit musisi yang sukses besar berkarier di industri musik tanah air lewat musik indie, hingga kini dikenal banyak orang. Bahkan, tak sedikit yang sudah memutuskan bubar tetapi tetap didengarkan lagu-lagunya sampai sekarang.

Mereka membuktikan jika tanpa label rekaman kenamaan, tetap bisa menjadi seorang musisi yang mampu menghasilkan beragam genre musik indie yang banyak disukai penggemar. Itulah yang membuat kesempatan menjadi musisi indie di Indonesia masih terbuka lebar bagi siapa saja, terutama anak muda. Tertarik menggelutinya juga? Cari tahu alasan musik indie diminati berikut ini dulu yuk!

Apa Itu Musik Indie?

Credit: Shutterstock.comCredit: Shutterstock.com

Sebelum mengetahui lebih jauh alasan musik indie diminati di Indonesia khususnya, mari memahami arti musik indie itu sendiri. Dilansir dari berbagai sumber, musik indie atau musik independen merupakan sebuah musik yang diproduksi dan didistribusikan secara mandiri oleh musisi atau lewat label rekaman independen. Proses tersebut bisa mencakup perekaman musik hingga menerbitkannya secara mandiri.

Menariknya, istilah ‘indie’ ini sendiri dalam industri musik juga kerap digunakan untuk menamakan sebuah genre musik. Beberapa nama genre musik indie yang umum diketahui, seperti indie rock, indie pop atau indie saja. Dalam konteks ini, hanya nama genre musiknya yang indie, tetapi belum tentu proses perekaman hingga perilisannya dilakukan secara mandiri.

Sementara dari sisi sejarah musik indie, istilah musik indie diketahui mulai digunakan sejak 1920. Di tahun tersebut, musik indie awalnya digunakan sebagai referensi perusahaan film independen. Namun, kemudian berubah penggunaannya untuk mengklasifikasikan grup musik independen atau perusahaan rekaman.

Pada tahun 90-an sampai 20-an musik indie sukses menjadi tren tersendiri di kalangan anak muda. Di masa itu, pelaku musik indie mendistribusikan musik dan barang dagangannya secara mandiri. Adapun dukungan promosi biasanya dilakukan dalam skala kecil, seperti lewat majalah lokal atau promosi dari mulut ke mulut.

Seberapa Tren Musik Indie Sekarang Ini?

Credit: Shutterstock.comCredit: Shutterstock.com

Musik indie pernah booming di era 90-an hingga 20-an. Tak sedikit musik band indie yang terkenal kala itu, hingga ada yang sampai dikenal sebagai pelopor alternative-noise pop. Mereka punya pengaruh besar pada musik alternatif di era 90-an. Musik band indie tersebut memahami pentingnya aransemen lagu sederhana. Beberapa lagu mereka pun sampai ada yang sukses dikenal sebagai lagu alternatif terbaik di masanya.

Contoh musik band indie lainnya yang juga terkenal di era 90-an adalah musisi yang berasal dari New York. Bahkan, band tersebut sukses merepresentasikan band indie rock hingga empat dekade lamanya. Di era 20-an, bahkan ada yang sanggup melahirkan tren skinny jeans dan potongan rambut urak-urakan pada 2005 berkat single debut mereka. Banyak yang bilang sang vokalis punya suara khas dalam sejarah musik indie.

Dari Britania Raya juga ada musisi yang dianggap salah satu musik band indie penting dalam sejarah. Mereka punya karakter musik yang terkenal rusuh dan urak-urakan ala punk rock British. Meski musik band indie, nyatanya album mereka sukses mencetak rekor penjualan tercepat dalam sejarah musik indie Inggris.

Musik band indie tersebut juga disukai penggemar karena sang musisi menghadirkan lirik-lirik yang cerdas serta lagu-lagu yang mudah diingat. Pada 2009, mereka juga kembali merilis album baru. Meski menghadirkan musik yang berbeda, nyatanya album tersebut tetap sukses terjual di pasaran. Sejak saat itu, lagu-lagu yang dirilis hampir selalu menghasilkan banyak hits.

Tak kalah dengan pasar musik indie barat, industri musik indie Indonesia juga sejak lama berkembang pesat. Beberapa band musik indie yang sudah ada sejak era 90-an sampai 20-an dan masih eksis sampai sekarang. Sebagai bukti musik indie masih diminati sampai sekarang, kini semakin banyak artis musik indie indonesia baru yang bermunculan. Setidaknya ada satu-dua lagu mereka yang banyak disukai pendengar, hingga kerap dijadikan musik latar anak muda saat membuat konten kreatif di internet.

Cari Tahu Alasan Musik Indie Diminati Anak Muda Indonesia

Credit: Shutterstock.comCredit: Shutterstock.com

Secara umum alasan musik indie diminati anak muda di negeri ini, karena bukan saja musiknya yang enak didengarkan, tetapi lirik-liriknya kerap relate dengan kehidupan muda-mudi Indonesia kebanyakan. Ambil contoh, kaitan musik indie dengan quarter life crisis yang acap dialami anak-anak muda.

Ketika memasuki kepala dua, hidup kadang tak sekadar bisa dijalani dengan hura-hura semata, layaknya kala remaja. Di tahapan ini, biasanya banyak muda-mudi yang dihadapkan dengan quarter life crisis. Dari rasa cemas memikirkan masa depan, bingung menentukan pilihan hidup, sampai acap membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Sebenarnya hal tersebut adalah sesuatu yang wajar terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja. Nah, bait-bait lirik yang terkemas dalam musik indie dianggap banyak anak muda bisa memberikan penyemangat hidup. Tak jarang banyak yang menemukan solusi maupun inspirasi saat menghadapi quarter life crisis kala mendengarkan musik indie.

Misalnya, rasa penat, bosan hingga stres yang menjalar ke seluruh ke seluruh tubuh akibat menjalankan rutinitas yang sama setiap hari. Biasanya, anak muda akan sangat relate dengan lagu yang liriknya bisa memacu untuk membuat keputusan melangkah keluar dari zona nyaman.

Contoh lainnya, ketika dihadapkan dengan masalah patah hati, maka lagu-lagu dengan lirik yang bikin anak-anak muda biasanya dapat menyadari akan pentingnya mengikhlaskan apa yang telah pergi, sekaligus meyakini jika akan datang yang lebih baik di kemudian hari, bakal juga diminati.

Lalu, ada juga lagu yang bisa berkisah tentang pentingnya berjuang demi meraih kesuksesan di masa depan. Lagu tersebut menegaskan jika kegagalan hari ini bukanlah akhir segalanya. Sebaliknya keberhasilan masih ada di hari esok maupun hari-hari selanjutnya. Lagu dengan lirik semacam itu juga dianggap relate sama kehidupan anak muda.

Demikian juga dengan lagu yang bercerita tentang bagaimana rasa iri kadang muncul ketika melihat teman yang sukses duluan. Lebih-lebih jika belum punya pencapaian yang bisa dibanggakan. Di saat itulah, bersyukur menjadi hal yang diutamakan. Akhiri kesedihan, syukuri apa yang telah diterima, dan mulailah berbahagia dari sekarang.

Alasan Kenapa Kamu Harus Coba Musik Indie

Credit: Shutterstock.comCredit: Shutterstock.com

Setelah mengetahui beberapa alasan musik indie diminati sampai saat ini di Indonesia, agaknya kamu sekarang paham jika pasar musik indie di negeri ini masih terus berkembang. Peluang ini pun jangan disia-siakan apabila kamu punya bakat dalam bermusik.

Daripada dipendam saja, waktunya ekspresikan bakat bermusik yang kamu miliki lewat musik indie. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, informasi bisa didapatkan dengan mudah. Bahkan, lewat bantuan internet kamu bisa membagikan sekaligus karya yang kamu buat dengan mudah. Salah satunya karya musik yang berhasil kamu ciptakan, karena terinspirasi beberapa musik indie yang kerap didengarkan sepanjang waktu.

Sebagai perbandingan, kemudahan semacam itu tidak akan didapatkan para musisi di masa lalu. Apabila ingin memproduksi sebuah lagu, seseorang harus menyiapkan modal yang besar terlebih dulu. Itulah kenapa musisi-musisi yang populer kebanyakan yang diorbitkan dan dinaungi label besar. Sedangkan, tak semua orang bisa mendapatkan kesempatan tersebut, sehingga untuk menjadi musisi indie di masa lalu amatlah sulit.

Akan tetapi, hal tersebut tak berlaku lagi di masa sekarang. Berkat kemudahan teknologi dan internet, siapapun bisa bikin lagu dengan biaya produksi yang lebih murah. Dari sinilah kemudian bermunculan musisi-musisi indie yang didominasi oleh anak-anak muda dewasa ini. Menariknya, mereka tak hanya lahir dari label-label kecil, tetapi tak sedikit yang memproduksi musik dengan alat seadanya secara mandiri.

Meski jadi musisi indie, nyatanya karya musik yang mereka buat amatlah bagus dan berkualitas. Bahkan, mampu bersaing dengan musisi dari label besar. Mereka bahkan juga mencoba peruntungan lain dengan menjadi musisi solo independen. Keuletannya dalam memanfaatkan teknologi digital dan internet, menjadikan lagu-lagu mereka akhirnya terdengar bahkan sampai viral. Kini, mereka menjadi salah satu musisi indie tanah air yang namanya diperhitungkan.

Tak jauh beda, ada cerita dari band musik indie lainnya yang memulai karier dengan menjadi seorang konten kreator yang aktif cover lagu. Dari situ, mereka berhasil membangun masa. Kini, mereka sukses melahirkan banyak lagu populer yang terkenal hingga keluar negeri. Kamu pun bisa mengikuti jejak mereka, agar bisa lebih serius dalam bermusik lewat musik indie di era digital ini.

Jadikan Musik Indie Sebagai Fokus Karier Bermusik

Credit: Shutterstock.comCredit: Shutterstock.com

Segalanya tak akan diketahui mampu menyumbangkan kesuksesan atau tidak, jika tidak dicoba terlebih dahulu. Begitu juga dengan musik indie, kamu bisa memilihnya sebagai fokus karier bermusikmu, asal prosesnya dijalankan secara matang. Begini tipsnya!

  1. Tentukan arah dan tujuan bermusikmu lebih dulu. Genre indie seperti apa yang ingin kamu geluti? Jika kamu ingin mendirikan band musik indie maka lihatlah personelmu, apakah sudah sesuai harapanmu atau belum? Temukan personel yang berkompeten demi perkembangan band yang kamu harapkan.
  2. Sering-seringlah mengadakan workshop bersama tim maupun personel band untuk bertukar ide, masukan, saran maupun kritikan selama berlangsungnya proses kreatif, seperti bikin demo musik.
  3. Sebelum menerbitkan demo musik sendiri secara independen misalnya, kamu bisa mengajukannya ke beberapa label. Siapa tahu mereka tertarik mengorbitkanmu atau bandmu? Jika tidak, jangan patah arang, maksimalkan agregator musik untuk merilis musikmu sendiri di berbagai platform digital.
  4. Walau memilih jalur musik indie, punya manajemen yang profesional tak kalah penting disiapkan. Paling tidak, dengan adanya manajer berpengalaman yang paham dengan industri musik di tanah air, karier bermusikmu maupun band musik indie kamu bisa lebih pasti.
  5. Apabila sudah berjalan, jangan puas dengan kesuksesan sesaat. Pertahankan dedikasi dalam bermusik. Bulatkan tekad dan komitmen, terutama saat kondisi sedang menurun karena beragam alasan. Yakinlah dengan semangat dan dukungan satu sama lain, tujuan bermusik di awal dapat diwujudkan dengan lebih sukses.

Bagaimana, setelah mengetahui alasan musik indie diminati dan kiat menjadikan musik indie sebagai karier utama, apakah sudah siap mewujudkan mimpimu? Kapanpun kamu siap, jangan ragu untuk mulai berkarier di musik indie tanah air, karena prospeknya yang terus berkembang hingga beberapa tahun ke depan.