Ini Yang Bikin d Masiv Bertahan Hingga 12 Tahun

Fajar Adhityo  |  Kamis, 10 Juli 2014 13:21
Ini Yang Bikin d Masiv Bertahan Hingga 12 Tahun
d Masiv

Kapanlagi.com - Bermusik bersama selama 12 tahun tentu bukan waktu yang singkat. Karena itu masing-masing personil d Masiv merasa bersyukur band mereka bertahan hingga 12 tahun dan menelorkan empat album. Apa rahasia sukses di balik kekompakan mereka?

"Untuk industri kita baru muncul 2008, baru 6 tahun. Sebenarnya album keempat ini bukti perjalanan kita selama 12 tahun. Bukti solid dan harmonisnya kita. Nggak pernah ribut, karena selalu ingat masa-masa sulit. Dulu suka pinjem uang buat ikut festival, nggak mau sombong," ujar Rama di Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (9/7).

Rian menambahkan sampai sekarang kebiasaan untuk kumpul dan jalan bareng masih sering dilakukan. Bahkan saat beberapa personil sudah memiliki istri dan anak.

"Kita sering melakukan hal-hal yang sering dilakukan dulu. Latihan, ngumpul di basecamp, banyak yang kita obrolin sekarang di grup, jalan ke toko musik bareng. Banyak hal yang kita sering lakukan dulu dan masih kita lakukan sekarang," ungkap Rian.

d Masiv Selalu Ingat Masa-Masa Sulit/@Foto: KapanLagi.com®d Masiv Selalu Ingat Masa-Masa Sulit/@Foto: KapanLagi.com®

Kiki punya cerita yang berbeda mengenai d Masiv. Saat masih aktif di festival, Mereka pun selalu berpikiran positif dan membayangkan yang indah.

"Dari awal kita itu positif, suka ngayal. Pas dulu di festival kita sudah bagi-bagi hadiah meskipun belum mulai festivalnya. Karena kita sudah yakin menang. Kita membayangkan di depan itu harus yang indah-indah saja," tuturnya.

Ucapan adalah doa, itulah yang dipegang teguh oleh personil d Masiv. Hal ini juga dialami sendiri oleh d Masiv, karena itu mereka berhati-hati dalam berucap karena suatu saat akan menjadi kenyataan.

"Contoh kecil kemarin pas bikin lagu Salah Paham. Aku langsung bayangin kayaknya keren kalau klipnya dingin-dingin di Eropa keren. Eh tiba-tiba ada festival dan kita menang ke Irlandia, sekalian bikin klip yang sesuai kita bayangin. Makanya kalau ngomong yang bagus," kata Wahyu. (kpl/uji/faj)


Lihat Arsip Musik

- - -