Hii... Lagu-Lagu Indah Ini Bisa Bikin Depresi dan Bunuh Diri

Minggu, 12 Oktober 2014 16:01  | 

Johnny Cash



Ilustrasi @ istimewa

Kapanlagi.com - Siapa sih yang tak suka mendengarkan lagu? Kata orang, lagu memang tak hanya punya kekuatan menghibur, namun juga bisa mengungkapkan banyak hal dengan cara yang lebih mudah.

Namun percaya atau tidak, ternyata tak semua lagu akan memberikan efek yang positif dalam diri seseorang. Ada beberapa lagu yang mungkin malah akan membuat kalian tenggelam dalam kesedihan, bahkan depresi. Masa sih?

Lagu-lagu yang membawa aura kesedihan dan depresi  ini ternyata bukan hal baru di dunia musik. Lagu-lagu lawas nan indah yang pernah diciptakan musisi zaman dulu ternyata banyak yang memiliki kekuatan itu.

Penasaran kan, lagu apa saja yang terbukti akan membawa aroma depresi pada kalian? Bagaimana pula sebuah lagu bisa punya kekuatan sehebat itu? Cari jawabannya dalam ulasan berikut ini, dan buktikan unsur magis di dalamnya! (kpl/ris)

1. Gloomy Sunday - Billie Holiday

Sejak lama, lagu ini memang dikenal sebagai lagu pengantar untuk mereka yang putus ada dan ingin bunuh diri. Lagu ini diciptakan di Hungaria pada tahun 1932, oleh seorang komposer bernama Rezco Secress yang tinggal di Paris pada tahun itu.

Lagu ini ditulis saat terjadi kelesuan sosial di negara tersebut dan menciptakan dampak luar biasa untuk rakyatnya. Lagu tersebut sangat terkenal saat itu, namun justru disebut-sebut sebagai penyebab tingginya angka bunuh diri di sana saat itu.

Lirik-liriknya memang sangat indah dan menyimpan makna yang sangat dalam. Tidak heran, pembuat liriknya yang bernama Laszlo Javor memang menuliskan dalam kondisi patah hati akibat ditinggal sang kekasih.

Lagu ini ditulis dalam banyak versi, namun yang paling terkenal adalah versi Inggris yang kemudian dilantunkan oleh Billie Holiday pada tahun 1941. Hingga saat ini, Gloomy Sunday semakin dikenal sebagai lagu pengantar untuk mereka yang ingin mengakhiri hidup.

2. Hurt – NIN/Johnny Cash

Johnny Cash memang selalu berhasil menciptakan lagu yang sangat indah dan dikagumi. Namun tahun 2002, dia memutuskan melantunkan ulang lagu lama yang sangat fenomenal berjudul Hurt.

Aslinya lagu ini dinyanyikan oleh Nine Inch Nails, dan hampir meriah Grammy Awards pada tahun 1996. Walau akhirnya gagal meraih penghargaan, namun lagu ini tetap jadi buah bibir karena maknanya yang masih jadi perdebatan.

Banyak yang beranggapan bahwa lagu ini adalah suicidal note sang pelantun tembang. Namun ada yang bilang bahwa lagu ini adalah ajakan untuk tetap kuat walau terluka.

Baik Nine Inch Nails maupun Johnny Cash memang memiliki karakter yang berbeda. Namun tetap saja publik menganggap lagu ini memiliki aura mistis yang akan membuat kalian tenggelam dalam alam duka.

3. Ruby Don’t Take Your Love To Town - Kenny Rogers

Di balik keindahannya, ternyata lagu ini memang memiliki kekuatan yang sangat hebat. Walau musiknya sangat sederhana dan easy listening, namun lagu yang dilantunkan Kenny Rogers ini terbukti membawa aura negatif yang membuat banyak orang mulai memiliki jiwa membunuh.

"And if I could move I’d get my gun and put her in the ground. Oh Ruby, don’t take your love to town," demikian petikan lirik yang menakutkan itu.

Kabarnya, lagu ini ditulis pada tahun 1967, dan bercerita tentang seorang pria yang lumpuh usai terlibat dalam perang Asia. Setelahnya, sang istri pergi meninggalkannya setiap malam dan pergi ke kota. Hal ini membuat sang pria bertanya-tanya, dan mulai takut diselingkuhi.

Walau lagu ini dipercaya membawa aroma depresi, dendam, dan rasa ingin membunuh, namun popularitasnya sangat tinggi di seluruh dunia. Bahkan, lagu ini telah ditulis ulang dalam berbagai versi.

 

4. Tell Laura I Love Her – Ray Peterson/Ricky Valence

Lagu ini bercerita tentang kisah cinta dua sejoli yang berakhir dengan tragis. Ada dua versi lagu yang sangat terkenal, yang pertama dilantunkan oleh Ray Peterson dan yang kedua oleh Richie Valence.

Secara gamblang, lagu ini menceritakan Tommy yang ingin melamar Laura, sehingga rela mengikuti balap mobil demi mendapatkan uang. Namun akhirnya sebuah kecelakaan fatal terjadi padanya.

Tak ada yang tahu apa yang terjadi pada mobil Tommy, namun saat dievakuasi dia sempat mengucapkan kata-kata yang sangat dalam, "Tell Laura I love her. Tell Laura I need her. Tell Laura not to cry, my love for her will never die." Hal itu terungkap dalam lirik-lirik lagu yang dilantunkan.

Namun di kalangan penikmat musik Inggris, musik ini dianggap tak berkualitas. Alhasil, sekitar 20.000 copy lagunya dihancurkan. Namun hal itu sama sekali tak mengubah sejarah pastinya.

Jangan Lewatkan!!!

Miris, Mayang Prasetyo Sempat Berpose Seksi Sebelum Dimutilasi

10 Bukti Cinta Justin Bieber Pada Selena Gomez, Manis Banget

Nyawa Dobel, Para Musisi Ini Berhasil 'Menipu' Kematian

Emily Ratajkowsi, Model 'Panas' Ini Aslinya Hanya Gadis Lugu

Gadis-Gadis Ini Yang Bikin Justin Bieber Lupakan Selena Gomez

Sering Dihujat, Ternyata Hodijah Punya Style Busana Super Keren!

5. Strange Fruit – Billie Holiday

Mungkin tidak salah jika ada yang bilang kalau Billie Holiday memang musisi spesialis lagu bunuh diri. Salah satunya adalah lagu berjudul Strange Fruit yang dilantunkannya ini.

Dia pertama kali menyanyikan lagu ini pada tahun 1939. Lagu ini sendiri awalnya hanya sebuah puisi yang ditulis oleh guru bernama Abel Meeropol, yang merasa jijik dengan kondisi sosial masyarakat saat itu yang dipenuhi pembunuhan sadis tanpa bisa terkendali.

Nyatanya, lagu ini membawa sejarah kelam yang cukup panjang di dunia. Alih-alih menjadi pemicu perbaikan sistem sosial, lagu ini dipercaya menjadi penyebab tingginya angka pembunuhan selama bertahun-tahun.

Orang-orang yang tahu sejarah lagu ini akan mulai membayangkan potret mayat-mayat bergantungan di pohon. Namun herannya, lagu ini malah meraih gelar Best Song of the 20the Century dari majalah Time pada tahun 1999.

Jangan Lewatkan!!!

Artis Hollywood Ini Pun 'Gagal Keren' Saat Ketahuan Mengupil

Hamil Besar Tapi Cantik dan Fashionable? Ini Tips Dari Mila Kunis

Perang Gaya Amal Alamuddin vs Istri John F Kennedy, Cantik Mana?

Ternyata Sepatu Ini Yang Bikin Kristen Stewart Keren Setiap Saat

Ngeri! Kehidupan Artis-Artis Ini Terus Diganggu Arwah Penasaran

Momen Terkeren Carpark North Selama Konser di Jakarta, Cool Abiz!

6. The River – Bruce Springsteen

Saat mendengarkan lagu ini, yang kalian temukan balada yang sangat indah, dengan lantunan musik yang akan membuat kalian terhanyut. Tidak heran jika lagu ini sangat populer di tahun 1981.

Sejatinya, lagu ini mengisahkan tentang krisis ekonomi yang terjadi pada masa itu. Namun sedikit drama yang dituliskan di dalam liriknya berhasil membuat orang tersentuh.

Pria dalam lagu tersebut dikisahkan harus menikah dengan Mary karena kehamilan di luar nikah. Alhasil, mereka terpaksa harus meninggalkan mimpi dan mulai menjalani hidup rumah tangga.

Sang pria sempat mendapat pekerjaan, namun krisis ekonomi telah membuat semuanya berakhir. Hal ini memberikan dampak pada rumah tangga mereka, namun setelah berbagai perjuangan untungnya pasangan itu masih dapat bersama.

Jangan Lewatkan!!!

Wajah Para Bintang Hollywood Saat Bangun Tidur, Jangan Kaget!

12 Style Paling Menggebrak Ala Avril Lavigne (Khusus Punker!)

Begini Proses Transformasi Nyentrik Lady Gaga di Ruang Rias

Wajah Konyol Artis Hollywood Saat Menguap Lebar, Jangan Ngakak!

Inilah Pernikahan Termahal Sepanjang Sejarah Artis Hollywood

Tebak Wajah! Bisakah Kalian Temukan Mana Bayi Mila Kunis?

7. She’s Lost Control – Joy Division

Lagu ketujuh yang perlu kalian waspadai adalah She's Lost Control yang dilantunkan oleh Joy Division. Kemasannya sederhana, namun liriknya benar-benar memberikan dampak yang sangat besar.

Saat pertama kali mendengar lagu ini, mungkin kalian mengira sang musisi sedang menceritakan tentang depresi seorang gadis. Hal itu memang terlihat dari lirik-liriknya.

"Confusion in her eyes that says it all. She’s lost control. And she’s clinging to the nearest passerby. She’s lost control again," demikian kutipan lirik yang terdengar.

Nyatanya, isi dari lagu ini sangat sederhana. Lagu ini dibuat untuk menceritakan penyakit epilepsi yang dialami seorang gadis, dan membuatnya suasana jadi mencekam saat dia kambuh.

Jangan Lewatkan!!!

Khloe Kardashian Selingkuh Dengan Kakak Ipar, Inikah Buktinya?

Hamil, Renata Kusmanto Tetap Cantik Dengan Baju Ini

Percayalah, Poster Para Musisi Ini Hanya Bikin Kamu 'Sakit'!

Hamil, Renata Kusmanto Tetap Cantik Dengan Baju Ini

Wajah Mengejutkan Iggy Azalea Saat Tanpa Make-Up, Masih Ngefans?

(kpl/ris)