Ginan Koesmayadi, Vokalis Band Jeruji Meninggal Dunia

 |  Jumat, 22 Juni 2018 13:15
Ginan Koesmayadi, Vokalis Band Jeruji Meninggal Dunia
Ginan Jeruji © instagram.com/jerujiofficial

Kapanlagi.com - Sebuah kabar duka kembali datang untuk para penikmat musik sidestream, setelah Ginan Koesmayadi yang merupakan vokalis Jeruji dinyatakan meninggal dunia. Sosok yang akrab disapa Ginan itu menghembuskan napas terakhirnya pada hari Kamis (21/6) sekitar pukul 22.00 WIB.

Kabar tersebut langsung membuat banyak pihak serta para pelaku dunia musik underground segera melayangkan ucapan berbela sungkawa di social media. Tak hanya itu saja, berbagai media musik independen lokal pun turut meramaikan social media dengan ucapan berbela sungkawa untuk frontman band asal Bandung itu.

Menurut pengumuman Jeruji pada akun Instagram-nya, Ginan Koesmayadi meninggal karena serangan jantung. Sedangkan kabar yang didapat dari lapangan, jenazah Ginan dimakamkan di TPU Cibarunay, Sarijadi, Bandung, Jum'at (22/6).

Ginan Koesmayadi meninggal dunia karena serangan jantung © instagram.com/ginan_koesmayadiGinan Koesmayadi meninggal dunia karena serangan jantung © instagram.com/ginan_koesmayadi

Selain menjadi vokalis band jeruji, Ginan sendiri merupakan salah satu penggiat komunitas Rumah Cemara dan menjadi tempat berbagi informasi untuk memperkuat harapan ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS), para pengguna narkoba, dan ikut dalam penanggulangan AIDS maupun pengendalian NAPZA yang berdasar pada pemenuhan hak asasi manusia serta kesetaraan. Pada komunitas tersebut, Ginan tercatat sebagai pendiri sekaligus ketua dewan pengawas.

Walau mengidap HIV/AIDS, namun semangat Ginan tak pernah surut, terutama dalam menyuarakan ide-idenya lewat musik bersama Jeruji. Bahkan, Ginan sendiri sempat tampil di Homeless World Cup 2011 di Paris, Perancis dan meraih gelar pemain terbaik di ajang tersebut.

Kepergian Ginan Koesmayadi tentu meninggalkan duka tersendiri bagi banyak orang, namun karya-karyanya yang telah tercatat di bumi serta semangat dan perjuangannya masih akan terus berlanjut. Terima kasih Ginan untuk semangat dan inspirasi yang telah diberikan, selamat jalan!