Gila, Harga Gitar Ini Termahal di Dunia

Jum'at, 28 Februari 2014 11:01  | 

Bob Marley



Ilustrasi


Kapanlagi.com - Semahal-mahalnya gitar, tak ada yang mahal dari ini. Harganya pun benar-benar di luar harga standar, namun tetap diburu oleh orang.

Gitar berikut ini bukan sembarang gitar, dan memang dibuat khusus untuk pemiliknya. Meski harganya melambung tinggi, namun untuk para kolektor ataupun penggemar itu bukan masalah besar. Karena mereka lebih menilai pada historisnya sekaligus penghargaan kepada musisi itu sendiri.

Berikut 6 gitar termahal di seluruh dunia, berani untuk membelinya? (kpl/faj)

1. Satu-satunya di Dunia

Gitar peninggalan Bob Marley ini merupakan gitar termahal di dunia. Kabarnya harga gitar merk Washburn ini diperkirakan mencapai Rp 23.330.000.000.

Gitar custom yang merupakan pesanan khusus dari Bob Marley ini menjadi aset nasional pemerintah Jamaika. Wajar jika mahal , karena gitar ini hanya ada satu saja di dunia dan tidak diproduksi secara masal.

2. Pemilik Microsoft Pun Kepincut Gitar Ini

Gitaris mana yang tak kenal dengan Jimi Hendrix. Banyak para gitaris yang terinspirasi darinya baik dalam segi teknik hingga pengaturan sound.

Jimi adalah seorang dewa yang memiliki kejeniusan dalam bermain gitar. Hal ini membuat Paul Allen pemilik Microsoft tertarik untuk mengoleksi salah satu Fender Stratocaster milik Jimi. Gitar yang pernah dipakai tampil di Woodstock 1969 ini dibeli dengan harga sekitar Rp 23.330.000.000

3. Gitar Dari Emas

Gitaris Eric Clapton memiliki banyak sekali koleksi gitar. Dari sekian banyak gitar yang dipajang di rumahnya, yang paling mencolok adalah gitar yang disepuh dengan emas ini.

Pada tahun 1996 Eric memesan gitar khusus untuk merayakan 50 Tahun Fender Giutar. Dia ingin sebuah gitar yang bisa dipajang di museumnya dan akhirnya pihak Fender pun membuatkan khusus untuknya sebuah gitar dari emas seberat 23 karat. Setelah sekian lama disimpan, Eric pun menjual gitar ini dan laku Rp 5.313.990.750.

4. Gitar Kesayangan The Beatles

Gibson SG merah marun ini menjadi kesayangan dua personel The Beatles. George Harrison dan John Lennon pada tahun 1966 dan 1969 sangat menyukai karakter gitar ini.

Mereka memakainya untuk tur dan rekaman khususnya di album Revolver. Kehandalan Gibson pun digunakan lagi oleh John Lennon untuk sesi rekaman album White. Gitar ini pun akhirnya berpindah tangan dan laku terjual sebesar Rp 6.649.050.000.

5. Hadiah Dari Istri

Gitar model Fender Stratocaster ini menjadi gitar paling berharga bagi gitaris Blues, Stevie Ray Vaughn. Pasalnya gitar tersebut merupakan pemberian dari istrinya tercinta sebagai kado ulang tahun.

Stevie Ray sering menggunakan gitar ini saat manggung dan selalu menjadi favoritnya. Gitar Fender berwarna cokelat bertuliskan SRV ini terus dipakai hingga akhir hayatnya. Pada sebuah pelelangan gitar ini terjual sebesar Rp 7.273.127.500.

6. Gitar Untuk Kemanusiaan

Bencana alam tsunami di Asia membuat sejumlah musisi tergerak hatinya untuk menolong sesama.  Mereka menggelar sebuah cara amal bertajuk Reach Out to Asia dan hasilnya digunakan untuk membantu para korban.

Gitar Fender Stratocaster ini ditanda tangani oleh Mick Jagger, Keith Richards, Eric Clapton, Brian May, Jimmy Page, David Gilmour, Jeff Beck, Pete Townsend, Mark Knopfler, Ray Davis, Liam Gallagher, Ronnie Wood, Tony Iommi, Angus and Malcolm Young, Paul McCartney, Sting, Ritchie Blackmore, Def Leppard and Bryan Adams. Dan dari hasil pelelangan terjual sebesar USD 2.7 juta.
(kpl/faj)