Endah N Rhesa Ingin Profesi Musisi Lebih Diperhatikan

Risang Sudrajad  |  Kamis, 26 Mei 2016 20:22
Endah N Rhesa Ingin Profesi Musisi Lebih Diperhatikan
Endah N Rhesa © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Banyak musisi Indonesia yang saat ini menjadi idola baru para penikmat musik berkat karya-karya mereka, salah satunya adalah Endah N Rhesa. Instrumen sederhana namun manis seperti di lagu Liburan Indie, When You Love Someone hingga Cinta Dalam Kardus menjadi ciri khas dari duo suami - istri ini.

Sudah dianggap sebagai salah satu duo beken di industri musik Indonesia, Endah N Rhesa ternyata masih menyimpan sebuah mimpi yang belum terwujud. Mereka berdua ingin profesi sebagai seorang musisi lebih diperhatikan.

"Kalau mimpi untuk musik dan musisi secara global ada. Kita pengin kehidupan musisi di masa tua sejahtera bahwa profesi musisi di mata pemerintah sama dengan yang lain (profesi lain). Sifatnya kesejahteraan," ujar Endah saat  dijumpai di pembukaan What's Up Cafe di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat, belum lama ini.

Endah N Rhesa ingin profesi musisi lebih diperhatikan lagi © KapanLagi.com®/Sahal FadhliEndah N Rhesa ingin profesi musisi lebih diperhatikan lagi © KapanLagi.com®/Sahal Fadhli

Di kesempatan ini pula, Endah N Rhesa sedikit mengutarakan pendapatnya tentang pembajakan musik. Menurut mereka, para musisi Indonesia harus siap menghadapi perubahan tren musik.

Yap, tren saat ini memang cenderung menuju ke arah digital. Oleh sebab itu, perlu ada transparansi antara pihak musisi dengan label masing-masing.

"Kita harus siap menghadapi banyaknya kemungkinan media penjualan musik sekarang, (contohnya) ada streaming digital. Kita sebagai musisi dan label harus siap dan punya transparansi yang baik. Fisik kan ada pasarnya sendiri tapi teknologi udah berkembang," tandas Endah.