Dwiiki Dharmawan Tetap Konsisten Dengan Musik Jazz

Muntiara Grace  |  Selasa, 27 Oktober 2015 14:38
Dwiiki Dharmawan Tetap Konsisten Dengan Musik Jazz
Dwiki Dharmawan © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Musik jazz memang telah berkembang pesat. Dulu, genre musik ini sempat dianggap hanya untuk kalangan atas. Tak banyak masyarakat biasa yang memiliki kesempatan untuk menikmatinya. Komposisi nada yang terjalin pun terbilang susah dicerna oleh beberapa telinga pendengar.

Namun saat ini rupanya jazz jauh lebih akrab di telinga masyarakat. Tak hanya kaum kelas atas, musik ini telah mampu diterima oleh berbagai pihak. Terbukti dari banyaknya penonton yang hadir dalam berbagai festival jazz yang digelar di tanah air. Hal serupa juga diungkapkan oleh musisi senior Dwiki Dharmawan yang ditemui pada hari Jumat (23/10) lalu di Museum Sejarah Kota Jakarta.

"Ini menunjukkan jazz sudah semakin dekat sama masyarakat Indonesia. Jazz sudah tidak ekslusif lagi buat kalangan atas. Makanya sekarang ada (festival) di Bromo, di Pantai juga ada," tambahnya.

Dwiki Dharmawan konsisten dengan genre musik jazz © KapanLagi.com/Budy SantosoDwiki Dharmawan konsisten dengan genre musik jazz © KapanLagi.com/Budy Santoso

Suami dari penyanyi Ita Purnamasari itu memang terbilang konsisten dengan genre musik yang ia geluti. Tak disangka, Dwiki lah sosok di balik Festival Jazz Kota Tua yang digelar pertama kali pada tahun 2014 lalu.

"Memang jazz ini bukan industri yang besar. Tapi jazz ini menyampaikan pesan yang bijak sekali, yaitu toleransi dan Indonesia (sudah) menjadi masyarakat yang majemuk. Mudah-mudah bisa menjadi perdamaian untuk masyarakat Indonesia," tambahnya.

Tak tanggung-tanggung, bapak dua anak ini berniat menggelar konser serupa di seluruh museum yang ada di Indonesia. Ia pun berencana untuk bekerjasama dengan pemerintah dalam rangka mewujudkan impiannya tersebut.

Jangan Lewatkan

Festival Jazz Kota Tua 'Damaikan' Musisi Lokal dan Mancanegara

Jika Film Ini Sukses, Hasilnya Akan Disumbangkan ke Palestina

Jadi Tamu Kehormatan di Jerman, JFlow Siap Wakili Nama Indonesia

Ditawar Mahal, Ita Purnamasari Enggan Jual Batu Akiknya

Ita Purnamasari Ikut Koleksi Batu Akik

(kpl/hen/grc)


Lihat Arsip Musik

- - -