Coba Genre Qosidah Dangdut Pada Single 'Teman Sejati', Sabyan Gandeng Tasya Rosmala

Sabtu, 12 September 2020 07:22  | 

Sabyan



Tasya Rosmala dan Nissa Sabyan / Credit: Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - Grup musik Islami, Sabyan kembali menelurkan sebuah karya terbaru yang bertajuk Teman Sejati. Lagi-lagi, trio yang beranggotakan Nissa, Ayus dan Kamal itu menggandeng seorang penyanyi wanita untuk berkolaborasi dalam single terbarunya. Kali ini, pilihan jatuh pada Tasya Rosmala, seorang pedangdut belia yang sudah begitu populer di Jawa Timur.

Bukan tanpa alasan Sabyan memilih Tasya untuk berkolaborasi. Pasalnya, single Teman Sejati ini memang memiliki aransemen yang cukup berbeda dari karya-karya sebelumnya, di mana Nissa CS memadukan 2 genre sekaligus, yakni dangdut dan pop. Perpaduan cengkok khas dangdut dari Tasya dan suara lembut nan merdu Nissa membuat lagu Teman Sejati ini benar-benar spesial dan memanjakan telinga.

Teman Sejati yang merupakan ciptaan dari Imam Ghozali ini sejatinya adalah lagu qasidah yang sebelumnya sudah cukup populer. Lirik-lirik yang tertulis di dalamnya bisa dibilang simpel, namun sangat mengena dan penuh makna. Lagunya berisi doa-doa terbaik ketika memilih teman atau pasangan untuk masa depan yang didambakan oleh semua orang.

 

1. Tasya Rosmala Tak Alami Banyak Kendala

Tasya yang didapuk sebagai kolaborator tak mengalami banyak kendala selama proses rekaman berlangsung. Ia hanya membutuhkan waktu 1 jam saja untuk take vocal. Beda cerita dengan Sabyan yang harus memutar otak untuk mengaransemen lagu tersebut sesuai karakter vokal Tasya dan Nissa.

"Kesulitan pastinya ada ya, kita perlu mereset karakter vocal Tasya serta membuat arransement yang berbeda dari lagu aslinya. Ya yang pasti Sabyan mencoba membuat sesuatu yang baru. Mungkin genre Qosidah Dangdut ya," ujar Ayus.

Ayus sendiri sebagai jendral dari sabyan memang sudah cukup lama ingin menggarap ulang lagu Teman Sejati. Namun prosesnya memang tidak mudah, mengingat Ia harus merombak aransemen musiknya, pun memikirkan matang-matang siapa yang cocok untuk diajak berkolaborasi.

(kpl/gtr)