Cerita Ruth Sahanaya Soal Piala-Pialanya Selama 30 Tahun Berkarya

Ahmat Effendi  |  Senin, 09 Mei 2016 16:22
Cerita Ruth Sahanaya Soal Piala-Pialanya Selama 30 Tahun Berkarya
Ruth Sahanaya ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya
Kapanlagi.com - Belum lama ini tim KapanLagi.com® berkesempatan untuk berkunjung ke rumah salah satu diva Indonesia, yaitu Ruth Sahanaya di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan. Penyanyi yang baru saja merilis album SIMFONI DARI HATI itu bercerita mengenai berbagai penghargaan yang diterimanya selama 30 tahun berkarya.

Di salah sudut rumahnya terdapat sebuah rak berisikan piala-piala Ruth Sahanaya yang berjejer rapi. Itu merupakan sebagian piala yang ada di rumah, karena sisanya ada di kantor miliknya. Pelantun Kaulah Segalanya itu pun bercerita festival-festival yang diikutinya dan sampai menjadi juara. Menurutnya piala-piala yang diterimanya jaman dulu sangat unik-unik.

"Saya kan mulai bernyanyi, album pertama, mulai dikenal secara profesional itu tahun 1986-1987. Sebelumnya itu saya juga sering mengikuti festival-festival, awal mula yang saya ikuti itu ada Bintang Radio TV dan Pop Singer di Bandung. Itu penghargaannya berupa payung gede banget. Karena jaman dulu trophy-nya kan keren-keren, besar-besar," cerita penyanyi yang biasa disapa Mama Uthe ini.

Piala yang begitu berkesan bagi Mama Uthe. ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaPiala yang begitu berkesan bagi Mama Uthe. ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

"Ada salah satu lagi yang besar sekali karena berat banget, waktu acara Light Music Contest tahun 1985, di atasnya dari marmer. Saat saya menerima ini harus dua orang yang megang, berat banget sampai sekarang kalau saya pegang," lanjut istri Jeffry Waworuntu itu.

Namun dari semua penghargaan yang diterimanya ada salah satu yang menurut Uthe paling berkesan, yaitu ketika dirinya mengikuti ajang international Holland Casino Scheveningen Festival pada tahun 1992.

"Saya merasa itu momen yang paling bersejarah karena mulai dari situ saya lebih dikenal lagi dan satu hal lagi saya bisa membawa nama Indonesia di mancanegara, satu kebanggaan tersendiri. Penghargaan ini punya makna yang khusus. Karena waktu itu banyak pengikutnya, pesertanya dari seluruh dunia," kata ibu Nadine Waworuntu itu.

Foto jadul Ruth Sahanaya saat meraih prestasi. ©dokumentasi pribadiFoto jadul Ruth Sahanaya saat meraih prestasi. ©dokumentasi pribadi

Saat itu ia meraih dua penghargaan sekaligus. Untuk kategori menyanyikan lagu wajib dan satunya lagi menyanyikan lagu dari composer Belanda. Mama Uthe memang salah satu penyanyi yang sanggup berprestasi tinggi di kancah internasional.

"Untuk lagu wajibnya saya bawakan Kaulah Segalanya dalam versi bahasa Inggris, Say You Will Always Be Mine. Untuk lagu dari composer Belanda sendiri saya dapatnya ini (piala sebuah mic). Mic ini pernah saya pakai dalam satu momen, tapi saya pikir sayang kalau dipakai lebih baik saya simpan sebagai kenang-kenangan," kenang Uthe.

Hasil kerja Ruth Sahanaya dengan berbagai piala yang digondol sejak usia belia. ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaHasil kerja Ruth Sahanaya dengan berbagai piala yang digondol sejak usia belia. ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Bagi ibu dari Nadine Emmanuella Waworuntu dan Amabel Odellia Waworuntu itu penghargaan yang diterimanya selama ini sebagai acuan dirinya untuk memberikan karya yang lebih baik lagi. Semoga sukses terus ya Mama Uthe di masa depan.

"Semua penghargaan yang saya dapat itu memacu saya untuk selalu membuat yang terbaik dalam segala hal. Karena memang saya berprinsip ketika melakukan pekerjaan saya selalu komitmen dan totalitas. Bekerja dengan hati dan enjoy," pungkasnya.

Simak Juga:

21 Tahun Menikah, Ini Cara Ruth Sahanaya dan Suami Agar Tak Jenuh

30 Tahun Berkarir, Ruth Sahanaya Bersyukur Bisa Rilis Album Baru

Suami Jadi Produser, Ruth Sahanaya Kadang 'Keceplosan' Soal...

Untuk Para Cewek, Verrell: It's Okay To Try Something Different

Apa Yang Dilakukan Para Casts di Luar Syuting #AnakArtis?

(kpl/rhm/sjw)

Di saat banyak yang mengira karirnya sudah habis, Uthe comeback di industri musik dan merilis sebuah album.
10 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -