Camelia Malik Harap Pedangdut Anyar Lupakan Sensasi

Fajar Adhityo  |  Selasa, 12 Juni 2012 19:23
Camelia Malik Harap Pedangdut Anyar Lupakan Sensasi
Camelia Malik
Kapanlagi.com - Camelia Malik mengaku sangat prihatin dengan dunia dangdut yang digelutinya selama ini. Karena apa yang dikedepankan dewasa ini, sebagian besar adalah musik dangdut yang cenderung kepada erotisme dibanding dengan karya bagus nan elegan.

"Prihatin banget dengan musik dangdut yang hanya mengandalkan erotisme dan sensasi. Dulu banyak yang bilang kalau dangdut itu kampungan, erotis, nah kita berjuang untuk mengangkat kembali citra dangdut. Ada Kristina, Iis Dahlia, Eri Susan, Evie Tamala yang telah sukses mengangkat dangdut sebagai musik yang 'bermartabat'," ujar Camelia Malik ditemui disela latihan Semut Merah-Semut Hitam, Teater Jakarta TIM, Jakarta Pusat (11/6).

Sekarang dangdut itu udah jadi barang dagangan oleh pedagang seni, mendatangkan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.
Camelia Malik
 

Ditambahkan oleh Mbak Mia-sapaan akrabnya, karena ulah pihak-pihak yang mau mengeruk keuntungan dari dunia dangdut lah yang akhirnya mencali celah sebuah konflik. Hingga akhirnya menjurus pada sebuah sensasi, bukan prestasi.

"Sekarang dangdut itu udah jadi barang dagangan oleh pedagang seni, mendatangkan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Lebih mementingkan sensasi daripada prestasi," ujarnya.

Adik dari rocker Achmad Albar ini pun mencontohkan seperti halnya konflik antara Inul Daratista versus Rhoma Irama. Saat itu dangdut dikecam banyak organisasi keagamaan karena dianggap menampilkan suguhan yang seronok. Namun himbauan Raja Dangdut Rhoma Irama malah dipelintir dan dikonfrontasi dengan pelaku dangdut lainnya.

"Kelihatan kan, saat itu dangdut dikecam habis oleh organisasi keagamaan, suruh musnahkan, Rhoma pun berusaha untuk menghimbau. Tapi momen itu diambil semua pihak untuk jualan," ungkapnya.

"Kita sebagai yang lebih tua sih berharap mereka bisa berprestasi lebih baik. Saya berharap ada pendatang-pendatang baru yang lebih terhormat. Lupakan sensasi yang sakit. Yang sehat-sehat aja lah," pungkas Camelia Malik. (kpl/ato/faj)


Lihat Arsip Musik

- - -