Cécil Yang, Rapper Perempuan yang Siap Menggebrak Industri Musik Lewat Single Debut "321 (I'm Callin')"

Diperbarui: Diterbitkan:

Cécil Yang, Rapper Perempuan yang Siap Menggebrak Industri Musik Lewat Single Debut "321 (I'm Callin')"
Credit: Istimewa

Kapanlagi.com - Industri musik Indonesia, khususnya genre rap, selama ini lebih banyak didominasi oleh rapper pria. Namun, kehadiran rapper perempuan berbakat semakin menarik perhatian publik. Salah satunya adalah Cécil Yang, seorang female rapper yang baru saja bergabung dengan sublabel Sony Music Entertainment Indonesia, Floor Inc.

Melalui single debutnya yang berjudul "321 (I'm Callin')", Cécil siap memberikan warna baru dalam industri hip-hop tanah air. Single "321 (I'm Callin')" yang liriknya ditulis langsung oleh Cécil, sementara melodi dikerjakan oleh Gamaliel, awalnya tidak direncanakan menjadi lagu perdananya.

“Lagu ini dikerjakan dari mulai bulan April. Sempat ada perubahan dari segi beat karena aku merasa kurang cocok saat digabungkan dengan notasi dan lirik,” ujar Cécil, yang lahir pada 12 November 1998.

Ia menambahkan bahwa total proses pembuatan lagu memakan waktu sekitar satu bulan, dan hasil akhirnya membuatnya bangga. Sebagai seorang musisi, melepas single perdana bukanlah hal mudah. Cécil mengaku merasakan tantangan tersendiri, terutama karena ia harus mengubah gaya rap-nya.

“Kalau sebelumnya, aku biasa memakai nada-nada rendah untuk rap dan liriknya pun agak kasar, sekarang dimodifikasi sedikit. Aku cukup banyak dapat kritikan dan semuanya coba diolah di sini. Bukan hal yang mudah, tapi aku berhasil melakukannya,” ungkap Cécil, menjelaskan perjalanannya dalam menemukan keseimbangan antara gaya lama dan elemen baru dalam musiknya.

Meskipun berlabel rapper, Cécil menekankan bahwa lagu "321 (I'm Callin')" memiliki pesan universal, khususnya bagi para perempuan. “Pesanku adalah kita sebagai perempuan harus punya self-love karena kalau bukan kita, siapa lagi yang akan mencintai diri sendiri?” ujar Cécil.

Ia berharap bahwa karyanya bisa menjadi inspirasi bagi banyak perempuan untuk lebih mencintai dan menghargai diri mereka.

1. Sempat Khawatir

Bergabung dengan sublabel besar seperti Floor Inc membawa tantangan sekaligus harapan bagi Cécil. Meski menyadari bahwa jumlah rapper perempuan di Indonesia masih sedikit, Cécil tetap optimis bahwa mereka mampu berkarya dan diapresiasi lebih luas.

“Kekhawatiran yang aku rasakan tidak sebesar rasa semangatku saat bergabung dengan label besar. Karena rapper perempuan di Indonesia tidak banyak, keberadaan kami harus lebih diapresiasi lagi,” katanya penuh semangat.

Keinginan Cécil untuk berkarya tidak hanya terbatas pada lagu-lagu rap biasa. Ia berharap bisa memperkenalkan genre hip-hop kepada khalayak yang lebih luas. “Aku ingin membuat hip-hop lebih terdengar dan bukan hanya dinikmati kelompok tertentu saja. Aku ingin hip-hop bisa bersaing dengan pop, ballad, atau genre musik lainnya yang sedang hits sekarang,” jelasnya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Visi Besar

Selain ingin mempopulerkan hip-hop di kalangan yang lebih luas, Cécil juga bercita-cita menggabungkan elemen musik tradisional dengan genre rap yang digelutinya. “Aku ingin suatu saat bisa menggabungkan musik tradisional dengan hip-hop, bukan hanya di Indonesia, tapi juga dari negara lain. Doakan semoga bisa terwujud,” tutupnya penuh harap.

Single debut Cécil Yang, "321 (I'm Callin')", bisa dinikmati di berbagai platform musik digital mulai 26 September 2024. Lagu ini menjadi langkah awal Cécil dalam perjalanan panjangnya untuk menaklukkan industri musik tanah air.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending