Bisma Karisma Tanggapi Pembatasan Lagu di Jawa Barat, Termasuk Soal Bruno Mars

Canda Permana  |  Sabtu, 09 Maret 2019 10:59
Bisma Karisma Tanggapi Pembatasan Lagu di Jawa Barat, Termasuk Soal Bruno Mars
Bisma_Karisma/(Credit: KapanLagi.com/Bayu Herdianto)

Kapanlagi.com - Sebagai musisi, Bisma SMASH akui menyesal dengan adanya surat edaran KPID tentang pembatasan pemutaran 17 lagu berlirik bahasa Inggris. Menurutnya, hal ini  tidak fair karena lagu-lagu tersebut dibatasi pemutarannyagara-gara lirik lagu yang melanggar norma kesopanan dan keasusilaan.

"Itu kan lucu, kenapa hanya 17? biar sesuai sama umur yang didengar kali yah," ujar Bisma Karisma saat dihubungi lewat telpon, beberapa waktu lalu.

Seperti yang diketahui, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) di Jawa Barat telah mengeluarkan surat edaran pembatasan pemutaran 17 lagu berbahasa Inggris di siaran radio. Keterangan dalam surat edaran tertulis menyebut bahwa lagu-lagu yang bersangkutan hanya boleh diputar atau ditayangkan untuk klarifikasi dewasa, yakni pukul 22.00 WIB hingga 03.00 WIB, 17 lagu yang dirinci termasuk di antaranya Shape of You (Ed Sheeran), Overdose (Chris Brown & Agnez Mo), Versace On The Floor (Bruno Mars), dan, Your Song (Rita Ora).

Bisma menuturkan bahwa kebijakan ini sangat membatasi ruang gerak musisi. Meski begitu, surat edaran KPID ini dinilainya tidak akan sefungsional mungkin. Dengan adanya portal digital pendengar masih terfasilitaskan.

"Masih banyak lagu-lagu yang bisa dibawain, seorang musisi sangat kreatif untuk berkarya apalagi dengan membuat lagu “jadi apa mending bikin lagu sendiri aja atau sangat mudah untuk mengcover lagu orang lain... lelaki kardus? Heuheu" kata Bisma.

Hingga kini, surat edaran yang dikeluarkan oleh KPID Jawa Barat itu tidak ada kejelasan dari pihak manapun, termasuk KPID sendiri. Bisma menilai sebenarnya kelanjutan yang harus dilakukan adalah kesepakatan bersama baik dengan para pelaku ataupun dengan pendengar dan harus memiliki lembaga yang obyektif dan terbuka.

"Kalau masuk telinga kanan keluar lewat belakang, mendingan bikin karya terus aja. Demonstran yang produktif bukan hanya berkoar dan pasif," tegas Bisma. 

Ketika ditanya oleh tim KapanLagi.com "Bruno Mars sampe ngetwitt begitu, respon lo gimana?" jawabnya  "Pengen nyamperin bruno mars terus ngajak joget dangdut bareng pake lagu cinta satu malam hahahaha bergurau" pungkasnya. 


 

(kpl/CDP)

Sudah cukup lama vakum dan tak tampil secara grup, tentunya para member kembali berlatih untuk kekompakan dance mereka. Tak hanya itu, Bisma juga menjelaskan soal SMASH yang berlatih untuk menari dan menyanyi dalam waktu bersamaan.
8 FOTO