Bikin The Secret, Piyu Padi - Makki & Rowman Ungu Lebih Bebas

Arai Amelya  |  Selasa, 13 Desember 2016 03:00
Bikin The Secret, Piyu Padi - Makki & Rowman Ungu Lebih Bebas
Piyu Padi - Makki Ungu © KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Apakah kesamaan antara band Padi dan Ungu? Benar jawabanmu, keduanya adalah sama-sama band senior papan atas Indonesia yang kini tengah vakum. Tak heran kalau akhirnya tiga anggota mereka yakni Piyu dari Padi dan Makki serta Rowman dari Ungu memilih melakukan proyek bareng yang dinamai The Secret.

"Memang awalnya semacam proyek rahasia. Band ini nantinya bikin orang bertanya siapa yang ada di sini, karena awalnya saya dan Makki nggak dipajang. Yasudah akhirnya pake nama The Secret ini. Setelah main, baru orang tahu ada Piyu, Makki dan Rowman. Setelah selang beberapa lama usai tur enam kota kelar, ada enam bulanan, kita ada wacanan bikin single yang awalnya susah. Bicarain konsep yang awlanya susah hingga akhirnya ketemu nama itu dan idenya keluar. Dari The Secret berpikir pada hakekatnya manusia ingin punya rasa ingin tahu tinggi terhadap misteri," jelas Piyu panjang lebar.

Dijumpai di kawasan Jakarta Selatan beberapa waktu lalu, Piyu tak menampik jika The Secret seolah sindiran manusia modern yang mulai kehilangan rasa ingin tahu akibat kecanduan gadget. Tak heran kalau beberapa lagu mereka memang mengandung kata fiksi ilmiah. Contohnya lagu pertama yang berjudul Semesta dan bercerita soal perempuan yang memutuskan asmara. Di mana menurut Piyu lagu memakai istilah alam yang dianggap seperti bahasa beda dimensi tidak satu frekuensi di antara sepasang kekasih.

Inilah para anggota The Secret © KapanLagi.com®/Sahal FadhliInilah para anggota The Secret © KapanLagi.com®/Sahal Fadhli

"Dari segi penulisan lirik sih emang dibikin beda, tapi temanya universal. Kita sepakat proyek ini nggak boleh kayak Ungu atau Padi karena emang genre yang beda dan nggak pernah dieksplor sebelumnya. Secara sadar, kita nggak bawa kebiasaan sebelumnya karena ini adalah musik pembebasan. Kita udah bikin 11 lagu, dari satu lagu ke lainnya itu nggak ada benang merahnya," lanjut Makki.

The Secret rupanya menggaet dua vokalis yakni Dwi Linggar dan seorang perempuan bernama Natali. Makki berpendapat bahwa terpilihnya Natali menjadikan suasana lebih fresh karena membuat lagu dari sudut pandang berbeda dan menjadi sebuah tantangan. Piyu pun berdalih jika dua vokalis berbeda ini bisa saling menguatkan dengan range vokal tinggi dan rendah.

"Nggak menutup kemungkinan juga akan ada fans Padi atau Ungu yang bakal dateng saat The Secret tampil di kota-kota waktu tur konser. Untungnya mereka selalu support seperti bagian kanan ada Sobat Padi, di kiri ada Ungu Cliquers. Jadinya pas pulang konser kan bisa pada ketemu, menjalin hubungan, untung-untung bisa menikah dan datang lagi pas punya anak," usai Makki.

#Mengintip Industri Musik Indonesia

Merasa Tidak Vulgar, Duo Hot Ini Bingung Dicekal di Surabaya

Seru! Simak Obrolan GAC Saat Membahas Industri Musik Tanah Air

Setlist 'Believe' Team J Baru, Banyak Usung Lagu Sleeper Hits!

Dibilang Mirip Afgan, Begini Tanggapan Alrido Pradanar

Kental Dengan Nuansa Trance Dub, Shaggydog Lepas Video Lirik Baru

(kpl/aal/aia)

Tentu saja kerja keras dibutuhkan untuk mengubah imej Ungu yang sebelumnya berlima kini tinggal berempat saja.
9 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -