Bertepatan dengan Hari Kartini, Roro Fitria Luncurkan Single Terbaru Bertajuk 'Ramadhanku'

Jum'at, 23 April 2021 09:44  | 

Roro Fitria



Roro Fitria © KapanLagi.com/Irfan Kafril

Kapanlagi.com - Roro Fitria baru saja meluncurkan sebuah single terbaru yang berbeda dari single sebelumnya bertajuk Ramadhanku. Bekerja sama dengan RK Records single keenam bernuansa Arabic ini sengaja diluncurkan bertepatan dengan Hari Kartini, 21 April 2021.

Saat ditemui di Shisha House, Jakarta Selatan, (21/4) Rabu sore Roro merasa sangat bersyukur melihat hasil akhir dari karyanya ini. Ia memilih Hari Kartini untuk meluncurkan Singlenya ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

1. Single ke-6

"Sangat bersyukur hari ini resmi merilis single ke enam berjudul Ramadhanku, ini juga merupakan momen luar biasa pas bulan puasa dan hari Kartini," ungkap Roro Fitria

"Iya sengaja karena sejak hijrah Nyai selalu ingin punya rasa syukur kepada Allah SWT, nyai ingin selalu mengedepankan kalau wanita bisa unjuk gigi dalam segala hal ingin sekali bisa memajukan sosok wanita Indonesia," tambahnya.

2. Syuting di Yogyakarta

Beda dari video klip lagu-lagu sebelumnya, kali ini Roro mengambil lokasi syuting di tempat wisata Gunung Turgo, Sleman, Yogyakarta tepat di kaki gunung Merapi. Tak mengambil lokasi wisata religius seperti masjid, karena selain alasan protokol kesehatan, Roro Fitria ingin kembali menyorot tempat pariwisata.

"Pemilihan di Gunung Turgo, Sleman, Yogyakarta yang pertama adalah kita masih dalam masa pandemi jadi nggak memugkinkan untuk mengambil lokasi kayak masjid, kita udah izin tapi belum diperbolehkan. Terus nyai bekerja sama sama Pemda setempat untuk memajukan objek wisata yang tenggelam yaitu wisata Turgo di area Kaliurang di lereng Gunung Merapi," papar Roro Fitria.

3. Hasil Eksperimen

Selain itu, dalam pengemasannya lagu Ramadhanku ini dipadukan dengan tiga unsur musik seperti Pop Religi, EDM, dan Arabic Music. Gilang AKA selaku rekan duet Roro dalam lagu ini mengatakan penggarapan lagu ini murni hasil eksperimennya dengan Roro Fitria.

"Ini eksperimen kami berdua, awalnya cuma ngejams jarak jauh atau ketemu gitu, jadi kalau ada ide tapi saya bilang coba jenis musik lain jazz, akhirnya dapatlah Pop, EDM, Arabic digabungin. Ketemu dan terus ya udah ngalir untuk nulis lirik," ujar Gilan AKA.

Sedangkan untuk Visual video klip lagunya, salah satu sutradara sekaligus DOP asal Yogyakarta, Arda mengaku sangat tertantang dengan lagu Ramadhanku ini. Pasalnya ada banyak pesan yang tersirat baik dari pemilihan tempat hingga kostum yang dikenakan oleh Roro Fitria.

4. Representasi Alam

"Kalau untuk model kostumnya itu emang inisiatif Nyai sendiri emang kalau bicara soal warna putih ini melambangkan bahwa ada energi baik, dan alam itu merepretasikan ini alam semesta. Jujur kaget pasti pas lihat kostumnya tapi ini tantangan buat kita kan udah lagunya unik, kita bikin unik skalian video klipnya," pungkas Arda.

Untuk pendistribusian lagu Ramadhanku ini Roro fitria bekerja sama dengan 57 platform digital seluruh dunia. Tak hanya itu, lagu ini juga sudah bisa direquest di 120 radio seluruh Indonesia.

Pandemi Covid-19 memang tak seharusnya jadi penghalang untuk terus produktif. Di samping itu, pastikan untuk selalu #IngatPesanIbu. Pakai masker, rajin cuci tangan, batasi mobilitas, jauhi kerumunan dan jaga jarak. Semoga KLovers sehat-sehat selalu ya!

(kpl/irf/tdr)