ADVERTORIAL

Bersama Syaharani, 'MLDARE2PERFORM' Jadi Ruangan Baru Musisi Jazz

Natanael Sepaya  |  Selasa, 08 Desember 2015 13:50
Bersama Syaharani, 'MLDARE2PERFORM' Jadi Ruangan Baru Musisi Jazz
Syaharani © Istimewa
Kapanlagi.com - ​

Jika ditanya siapa penyanyi jazz terbaik di Indonesia saat ini, sudah pasti nama Syaharani masuk dalam salah satu daftarnya. Bukan cuma berhasil membawa nama Indonesia tampil di pentas musik jazz kelas dunia, sejumlah pencapaian termasuk  tampil bersama musisi jazz internasional pun telah dirasakannya.

Berhasil mendapat pengakuan dunia musik internasional, kini Syaharani pun digandeng salah satu ajang pencarian bakat musisi dan penyanyi jazz, MLDARE2PERFORM, sebagai mentor. Bukan tanpa alasan, vokalis Syaharani and Queenfireworks itu pun menjelaskan keistimewaan dari acara ini.

"MLDARE2PERFORM membuka ruangan baru untuk musisi dan vokalis berbakat, untuk bisa memperluas penampilan mereka dan mendapatkan respon dari penikmat musik. Saya dan kawan-kawan juri serta mentor bersemangat menjadi bagian geliat dalam dunia musik yang didukung MLDARE2PERFORM ini, khususnya dunia live performance," jelasnya saat diwawancarai oleh tim KapanLagi.com® via telepon, Senin (7/12).

Kualitas dunia, Syaharani siap membuka ruang baru untuk kamu lewat MLDare2PERFORM! © KapanLagi.com/Budy SantosoKualitas dunia, Syaharani siap membuka ruang baru untuk kamu lewat MLDare2PERFORM! © KapanLagi.com/Budy Santoso

Di sisi lain, jazz sendiri masih dipandang sebagai musik yang mahal. Namun lewat MLDARE2PERFORM, Syaharani berharap para peserta bisa mengemas musik jazz jadi ramah dan terbuka, serta menjembatani pandangan masyarakat terhadap musik yang satu ini.

"Jazz atau musik apa pun sebenarnya memang mahal, tapi dari sisi value bakat dan skill. Cara mengemasnya, adalah sisi lain yang membuat jazz menjadi ramah dan terbuka, sebagaimana inti musik jazz itu sendiri. MLDARE2PERFORM dan para peserta lah yang menjadi jembatan untuk ini semua," lanjut penyanyi kelahiran 27 Juli 1971 itu.

Bersama Nikita Dompas, Indro Hardjodikoro, Adra Karim, Devian Zikri, dan Aksana Syuman, rasa optimis Syaharani dengan acara ini pun kian kuat. Yap, kesamaan visi atas musik jazz jadi salah satu alasan terbaik dan diharap bisa dibawa para peserta MLDARE2PERFORM.

Bagaimana cara mengemas visi musik jazz hingga ramah dan terbuka? Syaharani siap menjawabnya di MLDARE2PERFORM ©KapanLagi.com/Bambang E. RosBagaimana cara mengemas visi musik jazz hingga ramah dan terbuka? Syaharani siap menjawabnya di MLDARE2PERFORM ©KapanLagi.com/Bambang E. Ros

"Semua kawan-kawan juri dan mentor adalah pribadi-pribadi yang asik dan punya visi. Saya senang bisa berjumpa dalam group juri dan mentor ini. Jazz, sebagai musik pergaulan, bridge language atau vehicular language. Musik yang bisa menjembatani percampuran berbagai warna dan dialek dalam bermusik. Mempunyai banyak dimensi, berkembang pesat sub-genrenya. Sedangkan secara kriteria umum, bisa saja kalian cek di Wikipedia, mengenai jazz, mungkin ini perlu untuk para peserta, sehingga mereka bisa mempunyai interpretasi terhadap musik ini serta sejarahnya, sebagai dasar dalam melangkah, berkarya," jelas Syaharani.

Lebih jauh, Syaharani menekankan keistimewaan yang didapat para peserta dari MLDARE2PERFORM. Tak sekedar lingkup musik yang baru, tapi promosi viral akan jadi salah satu hal terbaik yang bisa didapat peserta.

"Sebuah catatan prestasi dan sebuah tantangan untuk mengembangkan bakat serta karya. Java Jazz, adalah salah satu festival musik terbesar di dunia. Dalam lingkup yang cukup baik, mereka tentu akan mendapatkan promosi viral, dan umum dari kegiatan MLDARE2PERFORM ini. Itu yang paling dibutuhkan oleh pendatang baru," lanjutnya.

Dengan kesempatan tampil di Java Jazz 2016, ayo beranjak dan tunjukkan bakatmu bersama MLDARE2PERFORM © www.mldspot.com/MLDare2PerformDengan kesempatan tampil di Java Jazz 2016, ayo beranjak dan tunjukkan bakatmu bersama MLDARE2PERFORM © www.mldspot.com/MLDare2Perform

Karena itu, ada beberapa saran dari Syaharani yang sebaiknya dipahami dan dikuasai. Selain tampil natural, membuat lagu menjadi hidup lewat karakter vokal jadi poin penting kalau kamu ingin berhasil.

"Setelah rapat juri dan mentor sudah lengkap akan ada kriterianya. Namun, secara umum, lagu yang bisa meng-eksplor bakat, skills, serta kemampuan tampil dengan ringan dan natural seharusnya menjadi tips yang baik ya. Karakter vokal tidak perlu dibatasi, karena dalam penampilan, ada banyak sisi yang dipertimbangkan. Intinya bisa membuat sebuah lagu hidup dari karakter penyanyinya dan musisi-musisinya," tegas Syaharani.

Dengan kesempatan untuk tampil di event bergengsi Java Jazz Festival 2016, Syaharani pun siap memberi yang terbaik untuk menempa bakatmu. "Karantina memang hanya dalam waktu terbatas. Tetapi tentu kita semua punya tantangan batas waktu yang kita sepakati, untuk memacu kecepatan daya tangkap dan pengembangan bakat peserta," pungkasnya.

So, untuk kamu yang penasaran dengan syarat dan ketentuan mengikuti acara ini bisa langsung masuk ke situs resmi MLDARE2PERFORM dan pastikan kamu tampil di depan kami pada event Java Jazz Festival 2016!

Sudah Baca Yang Ini?

Simpan Harapan, Syaharani Ingin Festival Musik Semakin Banyak

Enjoy Jakarta Jazz Festival 2015, Festival Musik Spesial & Gratis

Pilpres Usai, Syaharani Sejukkan Lewat 'Selalu Ada Cinta'

Nyanyi Lagu 'Happy', ESQI:EF Goyang Jazz Gunung

Syaharani Akan Tinggalkan Musik Demi Kopi?

Pantau Jejak Album, ESQI:EF Manfaatkan Media Sosial

(kpl/ntn)

1

Lihat Arsip Musik

- - -