Berhasil Bawa Pulang 2 Piala Grammy, Kini Miley Cyrus Terjerat Kasus Plagiarisme Lagu Bruno Mars

Penulis: Angelia Leony Van Augista

Diterbitkan:

Berhasil Bawa Pulang 2 Piala Grammy, Kini Miley Cyrus Terjerat Kasus Plagiarisme Lagu Bruno Mars
Credit foto: instagram.com/mileycyrus

Kapanlagi.com - Baru saja membawa pulang piala Grammy, kini pelantun lagu Flowers tersebut dituntut dalam dugaan plagiarisme. Lagu Flowers sangat viral dan hits di berbagai platform media sosial serta bertahan selama delapan minggu di No.1 US Music.

Tempo Music Investments menuntut Miley Cyrus beserta songwriternya karena dugaan plagiarisme lagu milik Bruno Mars. Berita ini muncul tujuh bulan setelah Miley Cyrus membawa pulang 2 penghargaan Grammy pertamanya, Record of the Year dan Best Pop Solo Performance. Ia sempat berbagi cerita tentang proses dalam pembuatan lagu dan inspirasinya. Dilansir dari British Vogue, Miley Cyrus mengatakan bahwa ia menuliskan lagu Flowers dengan cara yang sangat berbeda.

Simak berita lengkapnya di bawah ini.

1. Diduga Menjiplak Lagu When I Was Your Man

Lagu ciptaan Miley Cyrus berjudul Flowers adalah single hitnya di tahun 2023 lalu. Ia dituntut atas tuduhan bahwa lagu Flowers menyalin beberapa bagian dari lagu When I Was Your Man milik Bruno Mars di tahun 2013.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Gugatan yang Dilayangkan ke Miley Cyrus

Perlu digarisbawahi, nama Bruno Mars bukanlah sebagai penggugat dalam kasus ini. Tempo Music memiliki sebagian hak dari When I Was Your Man yang dibeli dari songwriter Philip Lawrence. Tempo Music menuntut ganti rugi dalam jumlah yang akan ditentukan selama persidangan serta melarang Miley Cyrus untuk memperbanyak, mendistribusikan,dan menampilkan lagu Flowers di depan umum.

Gugatan tersebut juga menyatakan bahwa Flowers menduplikasi banyak elemen melodi, harmoni, dan lirik dari When I Was Your Man. Flowers tidak akan ada tanpa When I Was Your Man. Miley Cyrus, Gregory Hein dan Michael Pollack selaku songwriter dari Flowers telah menciptakan karya turunan tanpa izin.

3. Perusahaan Lain Juga Terseret

Beberapa perusahaan besar seperti Sony Music Publishing, Apple, Target dan Walmart juga terseret dalam kasus gugatan ini. Perusahaan tersebut dituduh terlibat dalam mendistribusikan lagu Flowers. Tuduhan ini menambah kompleksitas situasi yang akan segera dihadapi Miley Cyrus dan menggambarkan dampak luas dari kontroversi ini di industri musik.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending