Bawa Semangat Punk 70an, Pranoto Serukan Keresahan Kehidupan Sosial di Masyarakat

Jum'at, 18 Juni 2021 15:18


Pranoto (credit: Kapanlagi.com/Matias Purwanto)

Kapanlagi.com - Meski tengah Pandemi, industri musik Tanah Air tak berhenti menggeliat. Sejumlah musisi tak berhenti mengeluarkan karya mereka. Selain itu, tak sedikit juga musisi baru hadir baik dengan konsep solo, grup vokal, atau grup band.

Salah satunya adalah band asal Jakarta, Pranoto. Band yang namanya identik dengan adat istiadat Jawa ini dibentuk pada medio 2020. Sebagai senjata mengarungi industri musik, mereka pun merilis EP/ mini album berjudul Kebablasan.

Digawangi Adam (Vocal), Caesar (Guitar, Backing Vocal), Dio (Guitar, Backing Vocal), Dimas (Bass), dan Ano (Drums), Pranoto mengusung genre alternative rock. Membawa semangat musik Punk tahun 70an, musik Pranoto banyak dipengaruhi oleh band-band seperti Sex Pistols, The Clash, Ramones, ACDC, Led Zeplin, dan lain-lain.

1. Geram Atas Perilaku Masyarakat Tak Lazim

Berangkat dari keresahan-keresahan kehidupan sosial lagu-lagu Pranoto tercipta. Adam (vokal) dan Caesar (gitar) penulis lirik di lagu-lagu Pranoto pun mengungkapkan mereka geram atas perilaku masyarakat yang 'tak lazim dan menyimpang, sehingga saling menyalahkan satu sama lain. Belum lagi kebijakan-kebijakan sang pemangku kepentingan yang terkadang terlalu pahit untuk masyarakat menengah kebawah dan kelas pekerja.

2. Jadi Salah Satu Kekuatan Pranoto

Mini album yang berisi tujuh track ini telah dirilis pada Juli tahun ini. Dengan balutan sound gitar yang kotor, dan lirik yang satir / nyeleneh, menjadi salah satu kekuatan Pranoto pada setiap lagu-lagunya.

"Cepe ft Satrio Blackteeth" menjadi salah satu track andalan di EP / Mini Album "Kebablasan" sekaligus menjadi debut single Pranoto yang dirilis secara Official Music Video di kanal youtube Pranoto.

3. Didistribusikan Secara Indepent

Direkam secara profesional di Palapa Music Studio, Bekasi dan didistribusikan secara independent melalui platform-platform digital streaming music seperti Spotify, Joox, iTunes, dll. Serta dikemas dalam bentuk CD / album fisik, yang bisa didapatkan secara online di laman instagram Pranoto.

Jangan Lewatkan!

Mark Pattie Rilis Lagu Baru Berjudul 'Tetap Cinta' Karya Ria Prawiro

Andien Turut Nyanyikan Ulang Lagu Hits Tahun 80-an

SPINNIN’ Records Membidik Produser Musik Elektronik Indonesia Untuk Go International

Di Balik Jeruji Besi, Dadang Nekad Produktif Lahirkan Karya Lagu

Lagu 'Ayo Jalan-Jalan' Diharap Bisa Beri Semangat Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

(kpl/[ur/nda)