Band British Mana Yang Jadi Favoritmu?

Senin, 11 Agustus 2014 22:00  | 

Pink Floyd



Arctic Monkeys © Fameflynet


Kapanlagi.com - Inggris merupakan salah satu negara yang aktif dalam menyumbang musisi-musisi baru di dunia musik. Sejak era Queen hingga Arctic Monkeys sudah tak terhitung berapa jumlah band asal Inggris yang menancapkan namanya di industri musik dunia. Berbagai genre mereka kenalkan sesuai dengan ciri khas mereka namun band yang berasal dari negeri Ratu Elizabeth tersebut memiliki satu genre yang populer.

Inggris menyumbang satu genre baru ke industri musik dunia yang hingga kini populer disebut Britpop. Namun tak semua grup asal British selalu membawakan genre tersebut. Banyak band dengan genre berbeda tapi tetap membawa ciri khas pada negeri yang beribukota di London tersebut.

Berikut ini adalah grup musik yang berasal dari seluruh penjuru negeri Britania Raya. Mereka adalah musisi-musisi lintas generasi yang selalu menghiasi musik dunia. Siapa yang menjadi favoritmu? Kenalkah kamu dengan mereka?

Baca Berita Ini Juga

Arctic Monkeys Raih Penjualan Vinyl Paling Banyak Tahun 2014

Siap-siap, Queen Akan Menggarap Materi Baru!

Cover 'Bohemian Rhapsody' Ini Epic!

Musisi Asing Pengisi Soundtrack Anime Jepang

Sempat Vakum, Radiohead Perluas Genre Bermusik?

(kpl/abr)

1. Bee Gees

Bee Gees merupakan grup musik pop yang terbentuk pada tahun 1958. mereka terdiri dari tiga bersaudara yaitu Barry, Robin, dan Maurice Gibbs. Trio ini terkenal dengan harmonisasi suara yang berbeda antar personil ketika sedang menyanyi.

Mereka suka membawakan beberapa macam genre yang kurang umum seperti psychedelic pop, baroque pop, dan blue-eyed soul. Bee Gees sendiri telah menjual sebanyak 120 juta kopi karya mereka di seluruh dunia. Setelah 45 tahun berjalan di industri musik, mereka memutuskan berhenti setelah meninggalnya Maurice pada tahun 2003 dan disusul oleh berpulangnya Robin pada Mei 2012.

Mereka terbukti handal dalam menciptakan lagu yang bisa menjadi hits tidak hanya di masa tersebut namun masih diperdengarkan hingga saat ini. Lagu-lagu seperti How Deep is Your Love, Massachusetts, dan I Started a Joke masih bergaung sampai sekarang. Bee Gees pernah bermain bersama The Beatles dalam film SGT. PEPPER LONELY HEARTS CLUB BAND yang rilis pada tahun 1978.

2. Motorhead

Motorhead adalah band rock Inggris yang terbentuk tahun 1975, diprakarsai oleh sang bassist dan vokalis yaitu Ian Fraser Kilmister. personel yang terkenal dengan nama Lemmy tersebut adalah satu-satunya personil yang asli sejak band ini berdiri. Motorhead merupakan grup yang mengenalkan New Wave of British Heavy Metal pada tahun 1970 hingga 1980.

Hingga November 2013, band ini telah menelurkan 21 album studio, sepuluh rekaman live, 12 album kompilasi dan lima mini album. Kesuksesan mereka raih pada tahun 1980an dengan beberapa single yang memuncaki UK Top 40 Chart. Album OVERKILL, BOMBER, dan ACE OF SPADES membawa mereka ke reputasi sebagai band rock top dunia dengan penjualan lebih dari 30 juta kopi hingga tahun 2012.

Mereka diklasifikasikan sebagai grup heavy metal yang menggabungkan genre punk, speed metal dan thrash metal. Tema dari lagu yang biasa mereka mainkan adalah peperangan, kebaikan melawan kejahatan, dan penyalahgunaan kekuasaan. Band ini berada di urutan ke-26 dalam 100 Greatest Artists of Hard Rock versi VH1.

3. Pink Floyd

Pink Floyd merupakan band asli London yang terkenal akan musik mereka yang progressive dan psychedelic. Mereka mudah dikenali dari lirik yang filosofis, musik eksperimental serta aksi panggung yang memukau. Pink Floyd juga adalah salah satu band yang berpengaruh besar pada sejarah musik populer.

Dibentuk pada tahun 1965 dengan personel asli Syd Barrett, Nick Mason, Roger Waters dan Richard Wright. Mereka dimasukkan dalam US Rock and Roll Hall of Fame di tahun 1996 dan UK Music Hall of Fame di tahun 2005. Hingga tahun 2013, Pink Floyd telah menjual lebih dari 250 juta kopi album di seluruh dunia.

Band ini sempat melakukan reuni di tahun 2005 dalam acara Live 8 setelah 20 tahun vakum. Walaupun telah melakukan reuni, personil yang tersisa tidak ingin mengumpulkan personil lain untuk kembali tergabung dalam Pink Floyd. Hanya David Gilmour dan Nick Mason yang tersisa dan sempat konser dalam The Wall Tours di The O2 Arena London.

4. Radiohead

Radiohead adalah band asli Abingdon, Oxfordshire yang terbentuk pada tahun 1985. Beranggotakan Thom Yorke, Jonny Greenwood, Colin Greenwood, Phil Selway dan Ed O'Brien. Mereka merilis single yang berjudul Creep pada tahun 1992 dan menjadi hit di seluruh dunia setelah album PABLO HONEY diluncurkan pada 1993.

Namun kepopuleran mereka di Inggris baru naik setelah album mereka THE BENDS dirilis dan materi selanjutnya, OK COMPUTER semakin membawa mereka ke industri musik internasional. Album KID A dan AMNESIAC menandai perubahan gaya bermusik Radiohead yang lebih eksperimental dengan memasukkan unsur musik elektronik dan krautrock. Sedangkan pada THE KING OF LIMBS, musical style mereka menjadi lebih kalem di tiap track pada materi yang mereka rilis secara independen ini pada 2011.

Mereka telah menjual lebih dari 30 juta kopi album di seluruh dunia. Pada tahun 2005, Radiohead berada di urutan ke-73 pada daftar The Greatest Artist of All Time versi majalah Rolling Stone.

5. Travis

Travis adalah band Britpop yang terbentuk di Glasgow, Skotlandia pada tahun 1990 dan telah menelurkan tujuh album. Personel Travis adalah Fran Healy, Dougie Payne, Andy Dunlop, dan Neil Primrose. Masing-masing dari mereka memegang lebih dari satu alat musik.

Band ini telah mendapatkan penghargaan sebagai grup terbaik dari BRIT Awards sebanyak dua kali dan dianggap melebihi sesama band Inggris seperti Coldplay. Travis mendapatkan namanya karena karakter Travis Henderson yang diperankan aktor Harry Dean Stanton dalam film PARIS, TEXAS.

Mereka populer di dunia sejak album mereka yang kelima dirilis yaitu THE BOY WITH NO NAME pada 7 Mei 2007 dengan single berjudul Closer. Travis sendiri pernah berkolaborasi dengan musisi British lain seperti Paul McCartney dan Noel Gallagher dari Oasis.

6. Keane

Keane adalah band asli Battle, East Sussex yang dibentuk pada 1995, beranggotakan Tim Rice-Oxley, Richard Hughes, Jesse Quin dan Tom Chaplin. Mereka meraih kesuksesan secara internasional sejak album mereka kedua diluncurkan pada tahun 2004 yaitu HOPES AND FEARS. Album tersebut memenangkan beberapa penghargaan termasuk BRIT Awards untuk Best British Album.

Long Play mereka yang kedua yaitu UNDER THE IRON SEA melanjutkan kesuksesan band ini dengan memuncaki chart album di Inggris serta menduduki peringkat keempat dalam Billboard 200. Pada Mei 2008, album HOPES AND FEARS serta UNDER THE IRON SEA mendapatkan voting dari pembaca majalah Q sebagai album terbaik British di antara The Beatles, Oasis, dan Radiohead.

Keane terkenal dengan penggunaan alat musik piano dan synthesizer sebagai instrumen utama di atas gitar. Hal inilah yang membedakan mereka dari kebanyakan band rock yang sudah ada. Mereka lalu mengembangkan piano rock yang dicampur dengan musik elektronik untuk gaya bermusik dan mereka mampu menjual hingga lebih dari sepuluh juta kopi di seluruh dunia.

(kpl/abr)