Musisi Asing Pengisi Soundtrack Anime Jepang

Senin, 21 Juli 2014 16:01  | 

Mr BIG



Avril Lavigne © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Seperti yang telah kita ketahui bahwa Jepang adalah negeri yang terkenal akan tayangan kartun yang biasa kita sebut anime. Tak terhitung berapa judul anime yang telah dibuat sejak masa keemasan anime yang dimulai oleh Osamu Tezuka. Beberapa judul seperti ONE PIECE dan NARUTO sudah ditayangkan di Indonesia.

Tentunya anime tersebut tak hanya menonjolkan jalan cerita. Lagu-lagu dari band terkenal pun dipilih untuk menjadi pendukung jalan cerita atau jadi opening maupun ending dari anime tersebut. Lagu tema ini biasa dibawakan oleh band lokal Jepang seperti contohnya Sambomaster dan Orange Range

Namun tak semua anime menggunakan lagu dari musisi lokal sebagai lagu tema maupun soundtrack. Ada beberapa musisi dari luar negeri yang bisa menyaingi dominasi dari pemusik asli Jepang. Cari tahu siapa saja musisi asing yang karyanya digunakan dalam kartun khas Jepang berikut ini.

(kpl/abr)

1. The Delgados

The Delgados adalah band asli Skotlandia yang mengusung aliran symphonic pop. Dua dari lagu yang diciptakan oleh band indie ini dipakai di salah satu anime buatan Jepang.

Anime yang menggunakan lagu mereka adalah GUNSLINGER GIRL. Menceritakan kumpulan anak-anak yang dibentuk menjadi pasukan khusus anti terorisme. Lagu The Delgados yang disertakan adalah The Light Before We Land, yang digunakan sebagai opening theme. Lagu lainnya adalah Woke For Dreaming yang muncul pada episode ke tujuh dari kartun ini.

Dua lagu tersebut termasuk dalam album ke empat dari band ini, berjudul HATE. GUNSLINGER GIRL sendiri tidak ditayangkan di Indonesia, bagi yang penasaran bisa streaming melalui Youtube.

2. Boa Band

Boa adalah sebuah band indie yang berasal dari London yang terbentuk pada tahun 1993. Salah satu single mereka yang hits di Jepang akhirnya didapuk menjadi lagu tema salah satu anime.

Single yang mereka rilis di tahun 1998 tersebut berjudul Duvet. Lagu tersebut menjadi hits di Jepang sejak pertama kali dirilis. Anime SERIAL EXPERIMENTS LAIN akhirnya memplot lagu tersebut untuk menjadi opening song.

Kartun ini sendiri bercerita tentang tokoh Lain yang tinggal dalam dunia di mana semua dikendalikan lewat komputer. Sayangnya serial animasi ini tidak ditayangkan di Indonesia.

3. Mr. Big

Siapa yang tak mengenal band yang digawangi Eric Martin ini? Pastinya semua telah mengenal karya mereka seperti To Be With You dan Green Tinted Sixties Mind. Mereka pun pernah mengisi theme song untuk sebuah kartun Jepang.

Anime yang beruntung mendapatkan karya mereka adalah HELLSING. Menceritakan tentang sebuah perusahaan Private Military Company bernama Hellsing yang bekerja memburu vampir di Inggris, dibantu dengan seorang vampir bernama Allucard.

Tembang milik Mr. Big yang dipakai sebagai ending theme dari animasi ini adalah Shine. Band ini sendiri memiliki massa penggemar paling banyak di Jepang

4. Oasis

Generasi tahun 90-an pasti mengenal band asli Inggris ini. Grup yang terkenal lewat lagu Wonderwall ini juga pernah memberi kesempatan pada anime untuk membawakan karya mereka.

Oasis yang digawangi oleh Gallagher bersaudara ini menyumbangkan satu lagu karya mereka yang berjudul Falling Down untuk disertakan dalam anime HIGASHI NO EDEN. Bercerita tentang Jepang yang berada dalam ancaman bom nuklir.

Hanya seorang lelaki yang bisa menyelamatkan seluruh negara dari ancaman tersebut. Anime dengan lagu tema berbahasa Inggris akan terdengar agak kurang pas, namun pilihan lagu milik Oasis di sini terdengar menyatu dengan tema kartun ini.

5. Radiohead

Jika sudah mengenal Oasis, maka band yang satu ini pasti juga kenal karena sama-sama dari Inggris. Grup pelantun Creep ini tak ketinggalan dalam menyuguhkan lagu untuk animasi khas Jepang.

Paranoid Android, salah satu hits milik mereka dipilih menjadi ending dari ERGO PROXY. Sesuai dengan judulnya, anime ini bercerita tentang sebuah masa di mana android dan manusia hidup bersama. Sampai akhirnya ada android terinfeksi virus mulai membunuh manusia. Karena kesesuaian tema, band ini pun ternyata bisa menjadi pengisi lagu untuk serial animasi.

6. Avril Lavigne

Kali ini penyanyi Avril Lavigne yang kebagian menjadi pengisi theme song. Kartun yang mendapatkan karya dari Avril  ini adalah anime terkenal Jepang yang masih tayang sampai saat ini, yaitu ONE PIECE. Penggemar cerita petualangan Si Topi Jerami ini pun sangat banyak di Indonesia

Ada dua buah lagu yang menjadi soundtrack ONE PIECE. Namun kali ini bukan untuk serial melainkan salah satu movie dari kartun tersebut berjudul ONE PIECE FILM Z.

Dua tembang tersebut adalah How You Remind Me dan Bad Reputation. Keduanya adalah lagu untuk ending credit film ini.

(kpl/abr)