Ini Dia Band-Band Paling Solid di Dunia

Kamis, 14 Agustus 2014 23:00  | 

Queen



Queen Foto: Facebook.com/Queen


Kapanlagi.com - Solidnya formasi personel merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam kelangsungan hidup dari sebuah band. Tak peduli ada sedikit atau banyak anggota di dalamnya, kekompakan harus tetap dijaga oleh masing-masing personel. Semakin solid grup tersebut maka semakin lama mereka akan bertahan di dunia musik.

Memang tak mudah menyatukan pikiran dari beberapa orang yang berbeda karakter serta sifatnya. Namun itu bukan berarti persatuan dan kesatuan dalam mencapai visi misi yang sama tak bisa dicapai. Seperti yang sudah ditunjukkan oleh beberapa grup band terkenal ini.

Kompak serta solidnya sejumlah grup ini terbukti dengan mereka tetap berkarya selama bertahun-tahun. Sebuah hal yang patut dicontoh oleh musisi lainnya di dunia termasuk Indonesia. Berikut ini adalah band-band yang personelnya tetap sama hingga saat ini.

Baca Ini Juga

Band British Mana Yang Jadi Favoritmu?

Siap-siap, Queen Akan Menggarap Materi Baru!

Kompilasi Jeritan Dalam Film Bentuk Lagu Queen, Jenius!

Cover 'Bohemian Rhapsody' Ini Epic!

(kpl/abr)

1. U2

U2 merupakan band Irish Rock yang berasal dari Dublin, Irlandia yang dibentuk sejak tahun 1976. Memiliki personel yang sangat solid dan tetap sama hingga sekarang yaitu Bono, The Edge, Adam Clayton, dan Larry Mullen, Jr. Terhitung sudah 30 tahun lebih band ini berdiri, tetapi mereka tetap kompak dan tak pernah melakukan bongkar pasang personel.

Kekompakan mereka berasal dari karir yang diawali bersama sejak masing-masing personel remaja dan bersekolah di tempat yang sama. Kebersamaan sejak muda tersebut mampu membuat mereka mengerti satu sama lain. Uniknya, mereka sama-sama kurang mengerti musik saat membentuk grup ini hingga akhirnya semua berniat untuk mendalami musik bersama sampai menjadi populer seperti saat ini.

Kekompakan mereka selama ini terbayar oleh 22 penghargaan Grammy Awards. Hal tersebut menjadikan mereka sebagai grup band dengan penghargaan Grammy terbanyak di dunia.

2. Coldplay

Coldplay adalah band British dengan genre Britrock yang terbentuk tahun 1996 yang diprakarsai oleh dua orang personelnya yaitu Chris Martin dan Jonny Buckland. Saat itu keduanya adalah mahasiswa di University College London yang bertemu untuk menjalankan sebuah proyek musik.

Grup ini awalnya bernama Pectoralz, hingga Guy Berryman masuk, mereka mengubah nama menjadi Starfish. Baru ketika drummer Will Champion direkrut, grup ini resmi dinamai Coldplay dan keseluruhan personelnya tak berubah hingga sekarang.

Sudah tujuh album studio yang mereka luncurkan dan karya-karya mereka tersebut selalu menjadi hits di mana-mana. Tujuh penghargaan Grammy Awards, lima piala MTV Video Music Awards, serta album yang telah terjual sebanyak 80 juta kopi di seluruh dunia menjadi penanda kesuksesan mereka setelah sekian tahun bersama dan berkarya di dunia musik.

3. Linkin Park

Band dengan nama asli Xero ini terbentuk di California sejak tahun 1996 dan terkenal dengan genre rap metal. Mereka mulai tenar sejak album debut mereka dirilis pada tahun 2000 yaitu HYBRID THEORY.

Diawali oleh Mike Shinoda, Rob Bourdon, dan Brad Delson yang sama-sama bersekolah di Agoura High School, mulai mengajak Joe Hahn, Dave Farrel, dan Mark Wakefield di bawah nama Xero. Namun Wakefield memilih untuk mengundurkan diri dari band ini dan digantikan oleh vokalis Chester Bennington, barulah mereka mengganti nama menjadi Linkin Park.

Sejak itu, Linkin Park selalu meraih kesuksesan dan sering menciptakan hits seperti In The End dan What I've Done sejak album debut hingga yang terbaru yaitu THE HUNTING PARTY. Sejak saat itu, sudah 16 tahun grup ini tak lagi mengalami pergantian personel hingga sekarang.

4. Muse

Band yang terkenal dengan musik multi genre serta personel multi instrumen ini lahir di Devon pada tahun 1994. Didirikan oleh teman semasa kecil yaitu Matthew Bellamy, Christopher Wolstenholme, dan Dominic Howard, mereka mengawali karir pada festival band dengan nama Rocket Baby Dolls.

Kepopuleran mereka diawali oleh peluncuran album pertama yaitu SHOWBIZ pada tahun 1999 setelah sekian lama berjuang dari panggung ke panggung. Ketiganya selalu kompak dan saling mengisi untuk menciptakan lagu-lagu hits seperti Sing For Absolution, Starlight, dan Madness.

Terhitung sudah 20 tahun mereka bersama dalam band ini hingga tetap seperti sekarang dan tak mengalami pergantian personil sama sekali. Solidnya band ini mampu membuktikan bahwa mereka bisa menghasilkan karya-karya kelas dunia yang patut diperhitungkan.

5. Queen

Siapa yang tak kenal dengan band legendaris asal London ini? Queen yang terbentuk tahun 1970 ini masih menggaung di dunia musik sampai sekarang. Karya-karya mereka dianggap abadi oleh para penggemar dan musisi lainnya.

Beranggotakan Freddie Mercury, Brian May, John Deacon, dan Roger Taylor, bertahun-tahun mereka menciptakan lagu fenomenal yang dikenang sepanjang masa seperti We Will Rock You dan Bohemian Rhapsody. Bahkan penjualan album-album mereka pun menyentuh angka 300 juta kopi di seluruh dunia. Banyak grup band dunia yang terinspirasi oleh mereka seperti Franz Ferdinand, Foo Fighters, dan Green Day.

Keempat personelnya tetap solid bertahan dari tahun 1971 hingga tahun 1991. Sudah 20 tahun mereka bersama sampai ditinggalkan oleh Freddie Mercury yang meninggal pada 23 November 1991. Hingga kini Queen hanya menyisakan Roger Taylor dan Brian May.

6. The Killers

Band ini dibentuk di Las Vegas, Nevada pada tahun 2001 oleh keempat orang personelnya yaitu Brandon Flowers, Dave Keuning, Mark Stoermer, dan Ronnie Vannucci, Jr. Diawali oleh Brandon Flowers yang bertemu dengan Dave Keuning lalu mulai mengerjakan proyek musik pertama mereka di apartemen milik Keuning.

Baru pada tahun 2002, drummer Ronnie Vannucci, Jr. dan bassis Mark Stoermer bergabung untuk melengkapi grup ini. Sejak saat itu, mereka telah berkarya bersama selama kurang lebih 12 tahun dan belum pernah bongkar pasang personel sejak itu.

Empat album studio sudah mereka rilis mulai dari HOT FUSS di tahun 2004 hingga BATTLE BORN yang diluncurkan pada 2012. Mereka pun terkenal akan single seperti Mr. Brightside, Human, dan Spaceman.

(kpl/abr)