BABYMETAL, Bentuk Metal Baru atau Sebuah Ancaman?

Fajar Adhityo  |  Rabu, 16 Juli 2014 19:21
BABYMETAL, Bentuk Metal Baru atau Sebuah Ancaman?
BABYMETAL

Kapanlagi.com - Idol group asal Jepang, BABYMETAL kini menjadi sorotan di kalangan metalhead. Debut penampilan mereka di festival metal terbesar di Inggris, Sonisphere Festival sukses membuka mata. Apakah ini menjadi sebuah era baru bagi musik metal?

Melihat idol group kita pasti mengidentikan dengan musik yang pop atau easy listening semacam AKB48 dan semacamnya. Namun di Jepang banyak sekali genre yang diaplikasikan kepada idol group dan salah satunya adalah Babymetal.

Dengan distorsi yang cadas dan menghentak musik BABYMETAL memang sangat terasa sekali kegaharannya. Namun pada satu sisi, mereka menampilkan 3 gadis imut yang menyanyikan keinginan mereka akan cokelat sambil menari. Sebuah sisi yang sangat berlawanan sekali, namun hal itu sukses menuai applause dari para metalhead.

Tak hanya metalhead yang mencoba memahami konsep dari BABYMETAL, 3 media metal terbesar di dunia seperti Kerrang!, Metal Hammer dan MetalSucks pun mencoba untuk menggali idol group ini. Lantas siapa dan apa tujuan berdirinya BABYMETAL?

BABYMETAL Bersama Slayer/@facebook.com/BABYMETAL.jpBABYMETAL Bersama Slayer/@facebook.com/BABYMETAL.jp


BABYMETAL didirikan pada tahun 2010 yang merupakan sub unit dari idol group wanita bernama Sakura Gakuin. Dengan konsep fusion of metal and idol, BABYMETAL membuat sebuah akar baru pada musik metal. Uniknya saat idol group ini dibentuk, personelnya tidak ada yang tahu musik metal itu seperti apa.

Ketidak tahuan ketiga gadis ini menjadikan manajemen memiliki cara tersendiri dalam mengemas bayi barunya, Mereka mengombinasikan musik cadas dengan vokal yang kekaknak-kanakan seperti idol group lainnya. Konsep yang berani bagi manajemen yang akhirnya membuahkan hasil yang menakjubkan.

BABYMETAL Bersama Anthrax/@facebook.com/BABYMETAL.jpBABYMETAL Bersama Anthrax/@facebook.com/BABYMETAL.jp

Sukses di Jepang, BABYMETAL pun mencoba mengukuhkan hibrida baru ke dunia metal sesungguhnya. Mereka menjadi penampil termuda di Summer Sonic 2013 bahkan penampilannya membuat Metallica pun menonton. Nama BABYMETAL pun mulai mengisi di berbagai festival metal dan puncaknya pada Sonisphete Festival 2014 pada 5 Juli kemarin.

Ini merupakan penampilan pertama bagi BABYMETAL keluar Jepang dan disaksikan langsung oleh penggemar metal dari benua Eropa. Ternyata metalhead Eropa sudah memantau BABYMETAL, terlihat penjualan album mereka yang dirilis pada Februari 2014 ini berada di puncak iTunes metal Amerika, Inggris dan Jerman. Hal yang sangat ironis apabila melihat penjualan album dari dedengkot metal seperti Metallica, Slayer, Iron Maiden dan lainnya yang dibilang flat.

Tentu saja kiprah BABYMETAL belum berakhir di sini. Bisa jadi mereka akan menjadi monster metal berikutnya sejajar dengan para dedengkot. Bagi industri metal ini merupakan hal yang baru, dan belum pernah terjadi sebelumnya.

Seperti apa kiprah BABYMETAL selanjutnya? Kita lihat saja nanti (kpl/faj)


Lihat Arsip Musik

- - -