Aqi Ungkap Soal Kebebasan Para Personel Bermusik di Luar Alexa

Natanael Sepaya  |  Jumat, 11 November 2016 19:22
Aqi Ungkap Soal Kebebasan Para Personel Bermusik di Luar Alexa
Aqi Alexa © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Meski tahun lalu mereka baru saja merilis album baru, namun para personel Alexa jarang terlihat bersama untuk saat ini. Belum lagi kalau melihat Aqi Alexa yang selama beberapa waktu ke belakang cukup sering tampil bersama sejumlah musisi top Tanah Air.

"(Pengalaman selama featuring) Belajar sih, karena setiap hari kita belajar. Ketika gue satu panggung sama musisi yang lebih handal itu kita bisa belajar banyak banget. Yang paling susah itu mempelajari rasa. Kalo vokal, teknik bernyanyi, cara produksi suara itu bisa dipelajari, pembawaan lo di atas panggung juga lo bisa akting, tapi kalo rasa? Gak ada sekolahnya tuh. Tapi gue mencoba untuk memahami para penyanyi ini untuk merasakan lagu. Itu tuh abstrak, gak nyata. Rasa tuh gak tau bentuknya kaya gimana, makanya gue mencoba menggambarkan rasa tuh dengan nanya, 'rasanya gimana sih lo nyanyiin ini?' " ujar Aqi saat ditemui di bilangan Lotte Shopping Avenue Mall, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (9/11/2016).

Pengalaman bermusik di luar Alexa diyakini Aqi akan jadi hal positif yang bisa diterapkan ke dalam band mereka © KapanLagi.com/Budy SantosoPengalaman bermusik di luar Alexa diyakini Aqi akan jadi hal positif yang bisa diterapkan ke dalam band mereka © KapanLagi.com/Budy Santoso

Aqi kemudian melanjutkan ceritanya tentang bagaimana para personel Alexa mendapat ruang bebas untuk berkarya di luar band utama mereka. Selain memberi kebebasan, pada dasarnya Aqi cukup yakin kalau Fajar dan Satrio tetap kembali pada Alexa.

"Enggak ada sih. Semuanya saling mendukung. Terakhir gue ikutan The Remix, itu anak-anak juga dateng semua. Ya mereka palingan miss beberapa episode doang. Kalo proyek-proyek lain sama juga karena ini akhirnya baliknya ke Alexa lagi. Aqi, Aqi mana? Alexa? Alexa yang mana? Oh iya, yang itu," lanjutnya.

Di sisi lain, Aqi tetap bisa merasa senang jika Fajar dan Satria memiliki project musik lainnya di luar Alexa. Selain karena menambah jam terbang, pengalaman yang didapat pun bisa mereka terapkan ke dalam musik yang diusung Alexa.

"Semua yang gue lakukan di luar Alexa, atau yang Satrio lakukan di luar Alexa itu akan menjadi sebuah pembelajaran lagi. Which is, kita ambil ilmunya dan terapin di Alexa lagi," pungkas Aqi.

Jangan Lewatkan Ini!

Alexa Tak Ada RIlisan Baru, Aqi: Siapa Sih Yang Beli Album?

Di Tengah Jadwal Super Sibuk, Alexa Ciptakan Lagu Bahasa Inggris

Tepat Momen 9/11, Alexa Akan Bawa Sebuah Pesan Damai

Gelar 'Konser' di Atas Gedung, Alexa Bikin Dunia Lebih Cerah

Liburan ke Inggris di Bulan Ramadan, Aqi Alexa Nggak Puasa