Apa Arti Cinta? Lagu-Lagu Ini Punya Jawabannya

Sabtu, 26 Juli 2014 12:01  | 

Ari Lasso



dok: istimewa

Kapanlagi.com - Apa arti cinta? Sebuah pertanyaan sederhana yang seringkali kita dengar. Meski begitu, kadang kita tak cukup siap untuk menjawab pertanyaan ini.

Makna cinta bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Dan oleh karena itu, masing-masing kita punya kebebasan untuk mengemukakan teori tentang cinta.

Sering menjadi tema dalam berbagai karya seni, termasuk lagu, para musisi menuangkan persepsi mereka tentang pengertian cinta. Nah, kalau kamu bingung dalam memaknainya, mungkin beberapa lagu ini bisa memberimu jawaban.

Di antara lagu-lagu favorit ini, manakah definisi cinta yang paling pas menurutmu? Yuk kita bedah bareng-bareng. (kpl/niz)

1. Arti Cinta - Ari Lasso

Definisi cinta yang pertama disampaikan Ari Lasso lewat lagunya Arti Cinta. Mantan vokalis Dewa 19 ini rupanya salah satu orang yang rela berjuang mati-matian demi cinta loh.

Lagu tersebut jadi bukti keseriusan cinta Ari kepada pasangannya. Menggunakan gaya bahasa yang laki banget, lagu ini bisa bikin orang yang kamu taksir jadi meleleh.

Selama jantungku masih berdetak, selama itu pula engkau milikku
Selama darahku masih mengalir, cintaku takkan pernah berakhir

Nah, mendalam banget kan? Di akhir lagu ini terdapat kesimpulan yang bisa jadi kode untuk gebetan kamu. Temukanlah arti cinta sejati di dalam cintaku, so sweet banget kan?

2. Cinta Adalah Misteri - Dewa 19

Kalau tadi kita membahas mantan vokalis, maka kini giliran band yang pernah dinaunginya, Dewa 19. Di masa jayanya, lagu-lagu Dewa 19 jadi referensi utama para remaja kalau ngomongin cinta lho.

Karena di akhir 90 hingga awal 2000-an, Dewa 19 menjadi salah satu band yang paling digandrungi dengan karya-karya hebat mereka. Dhani dan kawan-kawan juga punya pemaknaan tersendiri soal cinta.

Bila cinta memanggilmu, kau ikuti kemana ia pergi
Walau jalan terjal berliku, walau perih slalu menunggu

Pemaknaan mendalam tentang cinta tergambar lewat lirik di atas. Lebih jauh, Dhani menyimpulkan arti cinta dalam bagian reff, yang menekankan bahwa cinta adalah misteri.

Dhani juga mengorelasikan cinta dengan Sang Pencipta. Sebagai musisi yang punya tingkat spiritual yang tinggi, Dhani selalu berhasil membius Baladewa dengan lirik yang perlu dipahami hati nurani.

Cinta adalah misteri
kita hanya manusia
tak berdaya melawan
takdir sang Raja Manusia

 

3. Pejuang Cinta - Hello

Masih ingat Hello kah? Band yang diperkuat Widi, Gavet, Gani, Prima, dan Dedy ini juga kerap menuliskan lagu-lagu romansa para remaja. Seperti apa ya pandangan Hello tentang cinta?

Jawabannya terdapat pada salah satu lagu mereka di album pertama yang berjudul Pejuang Cinta. Familiar dengan lagu ini kan? Lagu ini merupakan single kedua Hello setelah Ular Berbisa yang fenomenal itu.

Dengan musik yang memiliki tema selaras dengan Maroon 5, lagu ini menuturkan bahwa cinta adalah sesuatu untuk diperjuangkan, bukan ditakutkan. Dalam liriknya terdapat pesan seperti ini.

Cinta bukanlah bayangan yang sulit tuk diraba
perjuangkanlah, dapatkan cinta

Nah, dengan begitu kamu nggak perlu takut kalau ternyata cintamu bertepuk sebelah tangan. Jika seseorang itu sangat berarti buat kamu, maka kamu akan memperjuangkan cintamu tanpa disuruh. Kekuatan cinta? Bisa jadi. :)

4. Aku Ada Karena Kau Ada - Radja

Sedikit flashback ke tahun 2006, saat Radja menjadi raja di industri musik tanah air. Dengan ciri khas uniknya, Ian Kasela punya cara tersendiri dalam mengartikan cinta.

Jangan salah, di balik penampilannya yang sangar, Ian Kasela bisa juga merayu wanita loh. Lewat lagu Aku Ada Karena Kau Ada, Ian menggunakan jurusnya untuk memikat wanita.

Cinta adalah anugerah yang Kuasa
yang bila terasa betapa indahnya
sungguh lemah diriku
tak berarti hidupku
bila tak ada dirimu

Aku ada karena kau pun ada
Dengan cinta
Kau buat diriku hidup selamanya


Jika mendalami lirik lagu ini, Radja sepertinya sependapat dengan Dewa 19, bahwa takdir dan jodoh kita sudah diatur oleh-Nya. Aku ada karena kau pun ada, seperti sebuah liku-liku hidup yang bermuara di satu cinta.

5. Tak Hanya Diam - Padi

Grup musik asal Surabaya, Padi juga punya pandangan soal cinta. Band yang digawangi Piyu ini menganggap cinta sebagai suatu tindakan nyata, bukan sebatas ungkapan atau pernyataan belaka.

Melalui lagu Tak hanya Diam, Fadli menyampaikan jika butuh proses untuk memaknai cinta. Dan satu hal yang pasti, cinta bukan tentang harta dunia semata.

Cinta bukan hanya sekedar kata
Cinta bukan hanya pertautan hati
Cinta bukan hasrat luapan jiwa
Cinta tak hanya diam...

Kata-kata cinta memang manis diucapkan, tapi jika tak diimbangi dengan tindakan nyata dari mana kamu tahu kalau cinta itu benar-benar ada? Yup, untuk menyampaikan cinta kadang tak harus dengan kata-kata, tapi dengan perhatian, kepekaan, dan pengertian satu sama lain.

(kpl/niz)