Alasan Yura Yunita Ciptakan Lagu Berbahasa Sunda

Girindra Permana Cahya  |  Senin, 11 April 2016 14:22
Alasan Yura Yunita Ciptakan Lagu Berbahasa Sunda
Yura Yunita © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Dalam album pertamanya, Yura Yunita menciptakan satu lagu berbahasa Sunda berjudul Kataji yang kemudian di aransemen dengan nuansa broadway jazz. Yura ingin agar anak-anak muda sekarang lebih menghargai bahasa daerah asli Indonesia. Pasalnya, selama ini Yura melihat banyak anak muda yang lebih suka dengan musik-musik luar seperti lagu barat atau K-Pop.

"Aku tergelitik sama fenomena banyak anak muda yang cinta dan suka menyanyikan lagu di luar bahasa Indonesia atau (lebih suka nyanyi) lagu bahasa Inggris. Aku mendengar lagu Korea atau aku melihat anak-anak muda yang happy banget mendengar artis-artis Korea menyanyikan lagu Korea atau lagu Brazil, bahasa Latin. Saat ditanya kamu ngerti nggak sih artinya, (dijawab) nggak tapi seru aja, musiknya menyenangkan," ujarnya saat berkunjung ke kantor Kapanlagi.com, Tebet, Jakarta Selatan pada (7/4).

Akhirnya, penyanyi kelahiran 9 Juni 1991 itu membuat sebuah gerakan kecil dengan membuat sebuah lagu berbahasa Sunda tapi juga bisa dinikmati penikmat musik Indonesia. Karena menurutnya bahasa Sunda adalah bahasa yang menarik untuk dipelajari.

Yura Yunita ciptakan lagu berbahasa Sunda © KapanLagi.comYura Yunita ciptakan lagu berbahasa Sunda © KapanLagi.com

"Terus aku mikir juga kenapa nggak ya kita buat musik yang menyenangkan, yang juga ada pergerakan positifnya. Menurut aku bahasa sunda kalau didengar sama orang di luar orang Sunda itu bahasa yang seksi, menarik, buat orang bertanya-tanya bahasa apa dan artinya apa," jelas pelantun Cinta dan Rahasia ini.

Penyanyi asli Bandung itu pun senang  ternyata banyak yang suka dengan lagu Kataji dan mulai mempelajari liriknya. Misi Yura untuk melestarikan bahasa sunda pun berhasil.

"Itu terbukti setelah aku merilis album dan merilis lagu Kataji ini ternyata banyak banget yang suka lagu ini. Katanya lagunya keren banget dengan aransemen yang sangat megah. Aku juga menemukan fenomena di sosial mediaku, mereka sampai niat nyari temannya yang orang Sunda nanya ini bahasa apa artinya apa. Jadi ada sedikit misi ku berhasil," tandasnya.

Jangan Lewatkan!

'Kerontjong Meet Up', Acara Wajib Penikmat Musik Asli Indonesia

Alam Caffeine: Di Bandung Ikatan Musisinya Bagus

'Jaga Slalu Hatimu' Melinda Lepas Dari Seventeen Tanpa Goyang

Rilis Lagu Usai Lebaran, Musik The Virgin Bernuansa EDM

Album Baru, Ello: Gak Ada Lagu Pelannya Sama Sekali

(kpl/rhm/otx)

Penyanyi pendatang baru Yura Yunita langsung berhasil mecuri perhatian lewat hits  'Cinta dan Rahasia' hingga dinobatkan ke dalam sepuluh besar lagu paling populer di Path.
10 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -