Ade Paloh Sempat Bilang Album 'Quo Vadis, SORE?' Merupakan Karya Terakhirnya

Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Diperbarui: Diterbitkan:

Ade Paloh Sempat Bilang Album 'Quo Vadis, SORE?' Merupakan Karya Terakhirnya
Karya Terakhirnya Ade Paloh © instagram.com/sorezeband

Kapanlagi.com - Vokalis dan juga gitaris band SORE, Ade Paloh meninggal dunia di rumahnya setelah mengeluhkan masalah asam lambung, Selasa (19/3/2024). Awan Garnida, rekan satu band Ade Paloh, turut hadir di rumah duka. Baginya, kepergian Ade Paloh begitu cepat dan tidak terduga.

Apalagi, beberapa hari sebelum kepulangannya, Ade Paloh masih aktif dalam kegiatan bersama Awan, tanpa menunjukkan tanda-tanda sakit.

"Nggak terlalu ada tanda-tanda atau firasat. Tiga hari yang lalu aja masih interview kok, masih bercanda-bercanda," ungkap Awan Garnida.

1. Jadi Pertanda

Awan Garnida kemudian mengingat album terbaru Sore, 'Quo Vadis, SORE?' yang dirilis pada Februari 2023. Judul album tersebut, yang bermakna "Akan Kemana Sore Setelah Ini?" seolah menjadi pertanda akan pamitnya Ade Paloh dari dunia musik.

"Jadi kayaknya udah nandain banget. Demi Allah, dia ngomong waktu itu ke saya, ini adalah karya dia yang terakhir. (Kata Ade Paloh) Abis ini gue enggak nulis lagu lagi ya," ujar Awan.

Ketika Ade Paloh menyatakan bahwa itu adalah karyanya yang terakhir, Awan tidak merasakan hal aneh apapun.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Jadi Nyata

"Ya biasa aja, layaknya orang capek mau istirahat. Kita kan harus support, enggak bisa ditolak atau apa," ucap Awan Garnida.

Setelah kepergian Ade Paloh, pertanyaan dalam album tersebut menjadi nyata. Awan juga tidak bisa menentukan arah band setelah kehilangan Ade Paloh.

"Jadi kalau misalnya ditanya Sore setelah ini gimana? Kita lihat nanti. Kita lihat jawaban dari pertanyaan yang Ade sematkan di album terakhir," ujarnya.

3. Tinggalkan Kekosongan

Bagi Awan, kepergian Ade Paloh masih meninggalkan perasaan sedih dan kekosongan yang sulit diisi. Ia bahkan belum mampu untuk bernyanyi lagu-lagu Sore di atas panggung tanpa kehadiran Ade Paloh.

"Saya ngebayangin nggak ada dia tuh, gimana ya? masih berat. Nyanyi lagunya, nyebutin liriknya, masih belum utuh gitu," pungkasnya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending