Addie MS Sambut Baik Komunitas Kiborbis KUBI Kini Jadi Organisasi

Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Diperbarui: Diterbitkan:

Addie MS Sambut Baik Komunitas Kiborbis KUBI Kini Jadi Organisasi
Addie MS (Credit: Istimewa)

Kapanlagi.com - Kibordis Untuk Bangsa Indonesia (KUBI) awalnya adalah sebuah komunitas kibordis dan pianis yang didirikan pada bulan Agustus 2015 oleh Fadhil Indra. Komunitas ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi di antara para kibordis dan pianis dari berbagai genre musik.

Dalam perkembangannya, KUBI tidak hanya menjadi tempat untuk berbagi ilmu musik, tetapi juga menjadi wadah untuk merancang dan melaksanakan berbagai kegiatan bermakna.

Kini KUBI sekarang resmi jadi organisasi yang punya visi besar buat memajukan musik Indonesia. Program-program yang dihadirkan bertujuan untuk memajukan kibordis atau pianis dan masyarakat Indonesia. Salah satunya yakni program pendidikan musik.

"KUBI melaksanakan program pertamanya yaitu pendidikan musik, program-program KUBI akan menjadi agenda tetap dan tentunya KUBI berharap dengan sangat dapat bersinergi dengan para stakeholder di negeri kita yang tercinta ini," ujar Wakil Ketua I KUBI, Teffy Mayne di DSS Music, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2024).

1. Sejak 2017

Perjalanan KUBI menuju pengakuan publik dimulai pada bulan Februari 2017, ketika para anggotanya merencanakan sebuah pagelaran 100 Kibordis. Menyadari tantangan teknis yang akan dihadapi, mereka berkonsultasi dengan Donny Hardono, seorang kibordis senior.

Berkat bantuannya, konser pertama KUBI sukses digelar pada 20 Mei 2017 di Graha Bhakti Budaya, Jakarta. Konser ini mencatatkan rekor dunia dengan penampilan 132 kibordis dan pianis yang bermain secara bersamaan, menampilkan berbagai genre musik seperti Klasik, Elektronik, Jazz, Pop, Dangdut, dan Rock.

Chandra Darusman, seorang musisi ternama, menyambut gembira peresmian KUBI sebagai organisasi resmi. Menurutnya, KUBI mencerminkan pentingnya berkumpul dan bekerja secara kolektif di era teknologi ini.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Berikan Dukungan

"KUBI ini saya pikir akan berperan bagus kalau satu kelompok musisi bergabung berserikat dan untuk mencapai sesuatu harus diperjuangkan secara kolektif," ujar Chandra Darusman.

Senada dengan itu, Addie MS, komposer dan konduktor kenamaan, juga memberikan dukungannya. Menurut Addie, kehadiran KUBI sangat penting untuk menyatukan para kibordis dan pianis, sehingga mereka dapat saling berbagi ide dan referensi.

"Memang bersama berkelompok sangat positif dan banyak manfaatnya, jadi saya dukung adanya KUBI," kata Addie MS.

Keberhasilan ini mendorong KUBI untuk melangkah lebih jauh. Pada 10 Oktober 2017, KUBI kembali menggelar Konser 100 Kibordis di Monas, bertepatan dengan peresmian 100 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Berkat dukungan dari Djarot Saiful Hidayat, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, konser tersebut semakin memperkuat posisi KUBI di kancah musik nasional.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending