8 Musisi Ikonik Indonesia Versi Spotify, Siapa yang Mengisi Playlistmu?

Selasa, 10 Agustus 2021 17:03


(c) Shutterstock


Kapanlagi.com - Kondisi pandemi memang membatasi banyak hal dalam dunia musik, salah satunya nonton konser on ground yang dulu jadi rutinitas tahunan. Biarpun begitu, ternyata masih banyak cara buat berkarya dan menghibur para penggemar. Salah satunya adalah lewat aplikasi streaming musik, misalnya saja lewat Spotify.

Sudah nggak asing dong dengan aplikasi yang satu ini? Yup, Spotify mungkin sudah terinstall di banyak device baik laptop atau pun smartphone generasi kekinian. Nah, baru-baru ini Spotify merilis daftar 8 musisi ikonik Indonesia yang lagu-lagunya banyak di-streaming pecinta musik di tanah air. Siapa yang mengisi playlistmu nih?

1. Pamungkas

Pecinta musik tanah air pasti sudah nggak asing dengan sosok yang satu ini. Lagunya yang berjudul To The Bone jadi salah satu yang paling populer dan banyak diputar di berbagai media. Kerennya lagi, Pamungkas nggak hanya terpilih sebagai musisi lokal paling ikonik versi Spotify saja. Dia bahkan mencatatkan diri menjadi musisi Indonesia dengan lagu yang paling banyak diputar, yaitu sekitar 64 juta kali! Rekor ini hanya untuk lagu To The Bone saja, lho. Belum terhitung lagu Pamungkas lainnya nih.

Musisi yang bergerak di jalur indie ini juga punya banyak deretan single lain yang nggak kalah eargasm. Di album WALK THE TALK kamu bisa mendengarkan I Love You But I'm Letting Go yang menyayat hati. Sementara itu, dalam SOLIPSISM 0.2 yangf baru saja dirilis tahun ini, ada Closure dan I Don't Wanna Be Alone yang juga asyik mengisi playlist favorit.

2. Hindia

Secukupnya mungkin jadi salah satu single yang bikin nama Hindia populer di kalangan pecinta musik tanah air. Namun sebelum itu, solois yang punya nama asli Baskara Putra ini sudah lebih dahulu dikenal sebagai vokalis salah satu band rock tanah air, Feast.

Jadi salah satu musisi produktif, Hindia terus menelurkan karya-karya emas yang lebih dari sekadar musik untuk didengarkan saja bagi para fansnya. Setiap lagu yang dilahirkan oleh musisi ini selalu berhasil menggugah hati para penggemarnya. Lagu Hindia mana nih yang ada di playlist kamu? 

3. Nadin Amizah

Bicara soal musisi perempuan Indonesia yang ikonik dan punya ciri khas tersendiri, nama Nadin Amizah jelas nggak boleh dilewatkan dari daftar. Dari Rumpang hingga Bertaut, Nadin selalu sukses memberikan 'nyawa' tersendiri di lagu yang ia bawakan untuk para fans. Nggak hanya punya deretan lagu yang bikin eargasm, tapi Nadin juga sering banget mencuri perhatian lewat gaya fashion yang sering menampilkan vintage look menawan.

Prestasi perempuan 21 tahun ini nggak hanya sampai di situ saja. Nadin juga tercatat sebagai musisi dengan lagu paling banyak di-streaming nomor 2 setelah Pamungkas. Mengukuhkan diri di angka lebih dari 33 juta kali, apakah kamu salah satu yang hobi streaming lagu-lagu Nadin Amizah nih, KLovers?

4. Gangga

Punya nama lengkap Gangga Kusuma, musisi yang satu ini nggak hanya mencuri perhatian pecinta musik tanah air saja, lho. Lagunya sudah banyak di-cover musisi luar, bahkan Taeyong NCT pernah memutar lagunya berjudul Blue Jeans saat sedang live streaming, lho.

Terpilih sebagai musisi lokal yang ikonik, Gangga memang punya ciri khas tersendiri yaitu lewat lagu-lagunya yang sarat akan makna. Di Spotify sendiri, karya Gangga sudah di-streaming lebih dari 24 juta kali. Keren banget kan!

5. Oslo Ibrahim

Bukan hal yang mengherankan jika Oslo Ibrahim masuk daftar musisi lokal yang ikonik versi Spotify. Yup, penyanyi yang satu ini memang dikenal dengan gayanya yang unik dan nyentrik. Lebih dari itu, karyanya juga mencuri perhatian lewat deretan lagu berirama meneduhkan.

Paling baru, Oslo merilis sebuah single berjudul Blanket of Sadness yang menggandeng Rendy Pandugo. Lagu yang bercerita tentang quarter life crisis ini langsung saja mendapatkan sambutan luar biasa dari para fans. Ada yang masukin single tersebut ke dalam playlist favorit?

6. Guyon Waton

Wajar jika Guyon Waton berhasil menembus sebagai musisi lokal yang ikonik. Terjun dalam dunia musik, grup yang satu ini nggak melupakan asal muasal mereka yang ditunjukkan lewat lirik dengan bahasa Jawa. Guyon Waton sendiri adalah band dangdut akustik yang berasal dari Kulon Progo, Yogyakarta. Sederet karya berhasil dipopulerkan oleh kelompok musik yang satu ini, mulai dari Korban Janji, Lungaku, hingga yang terbaru Perlahan.

7. Woro Widowati

Nggak melupakan unsur lokal dalam berkarya juga jadi poin penting dalam perjalanan karier Woro Widowati. Popularitas penyanyi asal Magelang ini berkat cover lagu dangdut hits yang diaransemen ulang dengan versi akustik. Sebut saja Sampek Tuwek, Tak Ikhlasno, hingga Tanpo Tresnamo.

Nggak nyangka viewers-nya berhasil menembus belasan juta. Kini Woro pun terus menunjukkan karyanya dengan tidak pernah melupakan asal usul dan unsur lokal dalam dirinya. Nggak heran jika namanya mejeng dalam daftar musisi lokal yang ikonik versi Spotify.

8. Denny Caknan

Bicara soal musisi lokal, kurang afdol rasanya kalau nggak menyebutkan nama Denny Caknan dalam daftar. Yup, deretan lagu berbahasa Jawa yang ia ciptakan sukses menembus jutaan plays di Spotify! Sebut saja single berjudul Sampek Tuwek yang mencetak angka 11 juta plays hingga Kartonyono Medot Janji yang memecahkan rekor 30 juta plays di platform musik tersebut. Ternyata, berbekal unsur lokal dan semangat berkarya pun bisa menciptakan sebuah karya yang diterima masyarakat luas. 

Bikin bangga, 8 musisi lokal Indonesia yang ikonik berhasil kasih bukti kalau keberagaman dalam karya bisa jadi sesuatu yang kaya. Jadi, mana nih di antara daftar artis di atas yang masuk ke dalam playlist favoritmu nih, KLovers?

(kpl/wri)