8 Cara Mencukur Bulu Ketiak Secara Benar Agar Tidak Hitam

Rabu, 03 Februari 2021 16:11


(credit: freepik)

Kapanlagi.com - Cara mencukur bulu ketiak memang dicari bagi sebagian orang lantaran hal ini sangat lumrah dilakukan bagi wanita. Sebab, tumbuhnya bulu ketiak tentu saja mengganggu penampilan dan bikin kalian merasa tidak nyaman sehingga menurunkan tingkat kepercayaan diri. Tak hanya itu, bulu ketiak seringkali menyebabkan bau badan yang tak tertahankan lho. Hal ini lantaran ketiak berada di salah satu tempat tersembunyi di antara lekukan pangkal lengan sehingga membuat penumpukan bakteri dan keringat yang menyebabkan masalah bau badan.

Itulah sebabnya, kebanyakan wanita tak tahan dengan bulu ketiak yang tumbuh dan segera ingin mencukurnya. Meskipun pada dasarnya mencukur bulu ketiak sangat mudah untuk dilakukan, namun faktanya kulit ketiak sangat sensitif sehingga menyebabkan iritasi pada kulit. Belum lagi mencukur bulu ketiak terlalu sering juga menyebabkan warna gelap pada ketiak. Itulah mengapa cara mencukur bulu ketiak tidak bisa dilakukan secara asal. Pada kesempatan kali ini, akan membahas cara mencukur bulu ketiak secara tepat yang bisa langsung kalian praktekkan. Penasaran? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Mengoleskan Minyak Sebelum Mencukur

Cara mencukur bulu ketiak yang pertama yaitu dengan mengoleskan minyak terlebih dahulu. Hal ini sangat penting dilakukan supaya ketiak tetap lembab. Selain itu, mengoleskan minyak sebelum mencukur juga meminimalisir agar ketiak tidak hitam. Sebaiknya, kalian menggunakan jenis minyak yang sedikit kental seperti argan atau minyak zaitun. Kalian bisa mengoleskan minyak tersebut 5 jam sebelum mencukur bulu ketiak. Dengan begitu pisau cukur juga akan mudah membersihkan bulu ketiak kalian karena minyak sudah meresap dengan baik ke kulit.

2. Mencukur Bulu Ketiak Saat Mandi

Selanjutnya, cara mencukur bulu ketiak yang benar bisa kalian lakukan pada saat mandi. Usahakan untuk mencukur dengan sambil membiarkan shower menyala dan air mengaliri ketiak. Sebab, hal ini akan memudahkan kalian pada saat proses mencukur lantaran bulu ketiak akan lebih mudah diatur. Dengan begitu membuat bulu ketiak kalian akan tercukur dengan sempurna.

3. Mencukur pada Malam Hari

Tahukah kalian, jika keringat yang terlalu banyak bisa mengganggu proses bercukur lho. Ada baiknya, kalian mencukur ketiak pada malam hari supaya terasa lebih nyaman dan kulit memiliki waktu bernapas lebih panjang. Tak hanya itu saja, mencukur di malam hari juga membuat keringat lebih sedikit muncul. Begitu juga hindari mencukur di saat sebelum atau sesudah olahraga.

4. Gunakan Pisau Cukur yang Tajam

Selanjutnya, cara mencukur bulu ketiak yaitu harus menggunakan pisau cukur yang tajam. Sebab, hal ini dapat meminimalisir kalian mengalami iritasi. Nah, dengan kalian menggunakan pisau cukur yang tajam, maka rambut ketiak pun langsung terpotong. Setidaknya gunakan alat cukur untuk maksimal 5 kali sesi mencukur ketiak. Setelah itu, ganti dan belilah yang baru. Juga, pastikan untuk membeli alat cukur yang sesuai dengan peruntukannya. Carilah alat cukur yang pegangannya terbuat dari karet karena lebih mudah digenggam.

5. Hindari Pisau Cukur Berlapis

Banyak orang yang menggunakan pisau cukur berlapis untuk mencukur bulu ketiak mereka. Pasalnya, pisau cukur jenis ini dipercaya dapat memotong bagian bulu secara efektif. Padahal, menggunakan pisau cukur berlapis dapat menyebabkan mengiritasi kulit ketiak. Selain itu, bulu ketiak akan tumbuh lebih cepat karena pisau cukur berlapis akan mencukur bulu dekat dengan kulit.

6. Mencukur dengan Arah yang Tepat

Cara mencukur bulu ketiak yang tepat yaitu dengan mencukur sesuai arah yang tepat. Karena bulu ketiak tumbuh tidak beraturan, kalian juga tidak bisa mencukurnya ke satu arah saja. Oleh sebab itu, kalian mencukurnya pun harus menyesuaikan arah pertumbuhannya. Misalnya saja, jika bulu ketiak kalian mengarah ke atas, maka kalian dapat mencukur dengan arah yang berlawanan, begitu juga sebaliknya. Dengan begitu, bulu ketiak bisa tercukur dengan bersih.

7. Oleskan Pelembab Setelah Mencukur

Setelah selesai mencukur ketiak, ada baiknya kalian juga mengoleskan pelembab. Hal ini bertujuan untuk mengistirahatkan kulit dengan nyaman dan meminimalisir terjadinya iritasi. Ada baiknya, pilihlah pelembab yang bebas dari alkohol maupun parfum yang biasa digunakan. Supaya lebih aman, kalian bisa mengoleskan minyak kelapa.

8. Bersihkan Alat Cukur Sesering Mungkin

Terpenting, kalian juga harus membersihkan alat cukur sesering mungkin. Hal ini lantaran alat cukur bisa digunakan untuk beberapa kali, oleh sebab itu kalian juga harus menjaga kebersihannya. Banyaknya bulu yang tersangkut di dalam alat cukur membuat pisau kesulitan bekerja dengan maksimal. Adapun cara membersihkan alat cukur yaitu dengan membersihkannya pada air yang mengalir setelah digunakan. Kebersihan alat cukur juga meminimalisir kulit mengalami iritasi.

Itulah sederet cara mencukur bulu ketiak secara tepat dan benar yang bisa langsung kalian praktekkan. Semoga bermanfaat ya.

Yuk Baca Lagi

9 Cara Mengatasi Darah Tinggi Secara Efektif, Tanpa Obat!

8 Cara Meningkatkan Konsentrasi Agar Pikiran Tidak Mudah Terpecah

Mengenal 6 Jenis Sendi Pada Manusia Berdasarkan Fungsinya

4 Jenis Komunikasi, Ketahui Pengertian dan Fungsinya

7 Jenis Lensa Kacamata Sesuai Kebutuhan dan Materialnya

(kpl/dtm)