7 Musisi Internasional Yang Merilis Dua Album Secara Bersamaan

Rabu, 22 Oktober 2014 12:01  | 

Guns N Roses



John Lennon @Fameflynet

Kapanlagi.com - Merilis album ataupun single pasti menjadi keinginan setiap musisi. Entah dalam satu tahun mengeluarkan lima single, dua EP, atau hanya satu album, itu akan membuat kehidupan sang musisi tetap eksis di dunia musik.

Lalu, bagaimana kalau ada musisi yang merilis dua albumnya secara bersamaan? Wah, pasti heboh ya. Kalau dalam satu bulan, itu masih bisa saja terjadi. Tapi, dalam dunia musik, hal unik seperti ini memang terjadi.

Nah, berikut ini ada tujuh musisi internasional yang merilis dua album dalam waktu yang bersamaan. Mau tahu siapa saja? Yuk kita simak dulu beritanya di sini. (kpl/ntn)

1. Plastic Ono Band

Nah, siapa yang tidak tahu John Lennon. Punggawa band The Beatles dan suami dari Yoko Ono ini mempunyai band yang bernama Plastic Ono Band. Pasangan musisi ini memakai tenaga musisi , teknisi, bahkan sampai cover album yang sama.

Pada tahun 1970, John Lennon dan Yoko Ono memutuskan untuk memulai debut solo mereka masing-masing. Meski terpisah, mereka memakai konsep dan nama yang sama dalam penggarapan albumnya.

Album yang diberi nama JOHN LENNON/PLASTIC ONO BAND dan YOKO ONO/PLASTIC BAND, akhirnya dirilis secara bersamaan 11 Desember, 44 tahun silam. Sekalipun konsepnya sama, nggak berarti lagu-lagunya juga sama ya.

2. Frank Zappa, RIlis Tiga Album Sekaligus!

Kalau tadi John Lennon bersama sang istri merilis album solo masing-masing secara bersamaan, kali ini ada musisi sekaligus komposer musik kawakan yang lebih nekat. Nggak cuma satu atau dua album yang dirilis, Frank Zappa merilis tiga album sekaligus!

Sebagai musisi dan komposer musik berbakat, beliau rupanya merilis tiga album secara bersamaan pada bulan Mei, 1981 silam. Dalam satu hari, Frank Zappa merilis SHUT UP 'N PLAY YER GUITAR, SHUT UP 'N PLAY YER GITAR SOME MORE, dan RETURN OF THE SUN OF SHUT UP 'N PLAY YER GUITAR.

Ketiga album fantastisnya itu direkam secara live dengan alat instrumen gitar listrik. Setahun berselang, Frank Zappa membuat box set untuk ketiga album tersebut.

3. Guns N' Roses

Pada tahun 1990, hanya ada satu nama band besar yang menjadi sorotan di dunia musik. Ya, Guns N' Roses menjadi band terbesar di dunia dengan debut album APPETITE FOR DESTRUCTION.

Untuk melanjutkan kesuksesan album itu, Guns N' Roses memutuskan untuk membuat dua album secara bersamaan. Dua album besar ini bernama USE YOUR ILLUSION 1 dan USE YOUR ILLUSION 2.

Bahkan, yang lebih menakjubkan dari dua album tersebut, masing-masing adalah double album. Kalau kedua double album itu digabungkan, maka akan menjadi quadruple album. Cukup membingungkan tapi tetap fantastis.

4. Bruce Springsteen

Selain band rock seperti Guns N' Roses, musisi rock legendaris, Bruce Springsteen, juga pernah melakukan hal yang sama. Tidak hanya sekali  merilis dua album secara bersamaan, Bruce melakukannya lagi  12 tahun kemudian

Ketika tahun 1980, Bruce mengeluarkan dua album secara bersamaan dalam format set yang bernama THE RIVER. Namun, ketika 12 tahun berselang, Bruce langsung merilis dua album pada hari yang sama.

Kali ini tidak dirilis dalam satu set, album HUMAN TOUCH dan LUCKY TOWN menjadi dua album yang dirilis secara terpisah pada hari yang sama. Wajar jika Bruce Springsteen menjadi salah satu musisi yang menjadi pengaruh besar dalam sejarah musik Amerika.

5. Tom Waits

Musisi yang berusia 64 tahun ini pernah juga mengeluarkan dua album secara bersamaan. Tom Waits pernah menulis lagu untuk beberapa albumnya seperti FRANKS WILD YEARS, THE BLACK RIDER, WOYZECK, dan ALICE.

Empat album itu kemudian direkam ulang oleh Tom Waits dan merilisnya sebagai studio album. Tapi, ada satu fakta di mana WOYZECK dan ALICE baru dirilis 7 Mei, 12 tahun silam.

Tom Waits merilis WOYZECK dan ALICE yang direkam ulang itu dalam album BLOOD MONEY. Album ini berisikan 13 track termasuk lagu-lagu yang direkam ulang oleh Tom Waits.

6. Bright Eyes

Band indie folk asal Nebraska, Bright Eyes, pernah bereksperimen dengan gaya electronic music. Ketika mereka rasa album ini sudah pas, mereka akhirnya merilis dua album secara bersamaan.

Bereksperimen dengan gaya musik baru, Bright Eyes merilis dua album di tahun 2005. Seolah band ini memiliki alter, I'M WIDE AWAKE, IT'S MORNING, merupakan album yang masih dengan nuansa folk. Album kedua, DIGITAL ASH IN A DIGITAL URN, menjadi album eksperimental mereka.

Dua album dengan gaya musik yang berbeda ini tetap dirilis dalam satu hari yang sama. Nah, untuk band yan gterakhir ini, mereka adalah band yang berasal dari negeri sakura. Siapa mereka? Yuk kita lihat sama-sama.

7. Boris

Band yang terakhir ini adalah band lawas dari Jepang. Boris memulai awal gebrakan bermusiknya di tahun 1992. Namun, di tahun 2011 mereka baru merilis dua album pada hari yang sama.

Meski tahun 2006 sudah pernah melakukan hal unik seperti itu, tapi album THE THING WHICH SOLOMON OVERLOOKED ini dipisah menjadi tiga bagian. Barulah di tahun 2011 , Boris merilis album HEAVY ROCKS dan ATTENTION PLEASE secara bersamaan.

Dari semua band dan musisi tadi, rasanya belum ada musisi yang bisa melakukan hal serupa ya. Nah, menurut kalian, siapa musisi yang paling heboh merilis album mereka? Tulis komentar kalian ya di sini.

(kpl/ntn)