7 Lagu Emas Nike Ardilla Yang Belum Kamu Ketahui

Rabu, 25 Maret 2015 10:22  | 

Nike Ardilla



Nike Ardilla / © Istimewa

Kapanlagi.com - Sudah 2 dekade lamanya Nike Ardilla meninggalkan kita. Pelantun lagu Kejujuran itu mengalami kecelakaan mobil yang membuatnya menghembuskan nafas terakhir di usia muda, yakni 19.

Meski usianya di dunia hiburan tanah air masih seumur jagung, namun Nike sudah seperti layaknya legenda. Namanya hingga kini masih dielu-elukan para pecinta musik. Tak sedikit pula deretan musisi yang menjadikannya panutan atau kiblat untuk berkarya hingga saat ini.

Bukan tanpa alasan, Nike memang telah melahirkan karya-karya dalam bentuk lagu dan album yang sukses besar-besaran di eranya dulu, lebih tepatnya tahun 90-an. Hebatnya, tak cuma di Indonesia, hits single promo milik Nike juga sudah pernah merasakan nikmatnya takhta tangga lagu terbaik di beberapa negara tetangga ASEAN.

Di antara karya-karya single Nike yang dikenal luas oleh publik, ada beberapa daftar yang sangat underrated alias tak terlalu diekspos namun sejatinya memiliki kualitas jempolan. Menurut informasi yang kami terima dari seorang fans berat Nike bernama Darren Firmansyah, setidaknya ada 7 lagu yang masih disimpan Nike dan belum sempat diangkat menjadi single.

Melalui daftar berikut, KapanLagi® akan membawa kalian tuk sedikit meninggalkan hingar-bingar musik kekinian dan kembali ke masa lalu lewat Top 7 Underrated Songs milik Nike. Check this out! (kpl/gtr)

1. Bila

Di list pertama, kita punya lagu berjudul Bila ciptaan Teddy Riadi dan tergabung dalam album SANDIWARA CINTA (1995). Teddy sebelumnya sudah dikenal lewat karya ciptaannya, Tua Tua Keladi yang dinyanyikan oleh Anggun C Sasmi.

Berbeda dengan karya-karya ciptaan Deddy Dores untuk Nike, lagu Bila punya nuansa yang berbeda. Yup, tembang satu ini lebih hangat dan calming karena didominasi oleh petikan gitar ala-ala lagu yang sering kita dengar di kafe-kafe. Nike sendiri menunjukkan kualitas vokalnya yang terasa lebih lembut lewat lantunan nada-nada rendah namun powerful.

By the way, menurut informasi yang didapat, Lagu Tua-tua Keladi awalnya dipersembahkan untuk Nike, namun dibeli duluan oleh Anggun. Karena ingin sekali karya ciptanya dinyanyikan Nike, Teddy pun akhirnya memberikan Bila untuk Nike.

Belum pernah dengar lagunya kan? Cek videonya di bawah..


Video by: Lilo Bello

2. Di Dalam Sunyi

Lagu berikutnya adalah Di Dalam Sunyi ciptaan Frangky Sahilatua dan Embong Rahardjo. Tembang satu ini tergabung di album BIARLAH AKU MENGALAH (1993). Pada titik ini, kemungkinan besar para penikmat musik hanya fokus pada hits-hits Nike karya Deddy Dores yang memang sangat meledak tahun itu.

Seperti lagu di daftar sebelumnya (Bila), Di Dalam Sunyi juga punya nuansa yang berbeda dari hits-hits single Nike pada umumnya. Elemen saxophone yang terdapat di lagu ini membuat aroma jazz ringan kental terasa di sepanjang lagu.

Lagu ini juga merupakan ajang pembuktian kualitas vokal Nike yang tak cuma terpaku di satu genre saja. Seperti apa sih lagunya? Cek di bawah!


Video by: BARON PAWANG ONTA 26 IN K.S.A

3. Kau Bukan Untukku

Kau Bukan Untukku ciptaan Erens F Mangolo masuk dalam daftar 7 Most Underrated Songs yang berikutnya. Sama seperti Bila, lagu ini juga tergabung di album SANDIWARA CINTA (1995). Kabarnya, proses rekaman lagu ini adalah 3 bulan tepat sebelum Nike terlibat kecelakaan maut yang merenggut nyawanya itu.

Kau Bukan Untukku bercerita mengenai rasa galau dan putus asa yang dirasakan oleh seseorang karena cintanya bertepuk sebelah tangan. Uniknya, pesan yang terdapat di dalam lagu itu sempat membuat Nike banjir air mata ketika melakukan proses recording.

Karena kejadian itu, proses recording sendiri akhirnya ditunda karena Nike tak bisa mengeluarkan suara lantaran saking tersentuhnya. Seperti apa sih tembang yang sempat membuat sang legenda ini menitikkan air mata? Cek sendiri deh..



Video by: dfdtdfdx

4. Jeritanku

Lagu berikutnya berjudul Jeritanku, sebuah karya cipta dari Pance Pondaag. Lagu ini bisa kamu temukan di album yang dirilis tahun 1994 silam oleh Nike, BIARKAN CINTAMU BERLALU.

Buat kamu yang belum kenal, Pance Pondaag merupakan seorang penulis lagu pop kondang di eranya. Uniknya, Nike mampu mengusung genre yang lebih jazzy untuk karya cipta Pance, Jeritanku ini.

Musisi jazz gaek, Embong Rahardjo juga turut berpartisipasi di lagu Jeritanku. Ia adalah otak di balik permainan saxophone dan piano yang bisa kalian semua dengerin di sini..


Video by: Joy Andrian

5. Semestinya

Di daftar nomor 5, ada judul Semestinya yang merupakan ciptaan Deddy Dhukun. Track satu ini tergabung di album BIARLAH AKU MENGALAH yang dirilis tahun 1993 silam.

Deddy sendiri adalah sosok musisi jazz yang namanya sudah membahana di industri musik tanah air. Lagu Semestinya yang ia tulis untuk Nike sangat jauh dari nuansa pop-rock seperti lagu-lagu ciptaannya pada umumnya.

Liriknya sendiri punya pesan penyemangat seputar kisah cinta. "Semestinya sisakan sedikit cinta, jangan kau berikan semua kepada kekasihmu. Menyesalpun kini tiada arti. Sudah jangan putus asa, dunia kini tak sesempit perasaanmu. Anggaplah derita sebagai cobaan," bunyi salah satu penggalan lirik tersebut.


Video by: Nike Ardilla

6. Meraih Rembulan

Di deretan selanjutnya ada judul Meraih Rembulan. Lagu ini diciptakan oleh Jimmy Van Houten dan terdapat pada album BIARKAN CINTAMU BERLALU (1994).

Jika mayoritas lagu Nike berkisah seputar dunia percintaan, beda ceritanya dengan Meraih Rembulan. Tembang satu ini punya makna yang sangat religius namun bersifat universal.

Intinya adalah sebuah curhatan yang dilakukan oleh seseorang pada sang Maha Pencipta. Awas mewek dengerin lagu yang satu ini..


Video by: Faldianputra

7. Karya Besar

Belum puas kan dengerin lagu-lagu fenomenal milik Nike tadi? Ini nih tembang lawas yang juga patut kalian dengerin buat yang belum pernah, judulnya Karya Besar.

Lagu ini diciptakan oleh Ekky Sukarno dan tergabung pada album MATAHARIKU yang dirilis 1992 silam. Meski bukan single promo, Karya Besar digunakan untuk soundtrack film Nike yang bertajuk CINTA ANAK MUDA.

Seperti hits-hits seperti Fireworks milik Katy Perry hingga Beautiful milik Christina Aguilera, lagu Karya Besar punya pesan penyemangat yang sangat bersifat positif. Seperti apa? Langsung dengerin di bawah..


Video by: Rahmat

(kpl/gtr)