7 Lagu Dengan Nuansa dan Tema Sci-Fi, Awas Alien!

Selasa, 18 November 2014 12:01  | 

Angel and Airwaves



Radiohead ┬ęSplash

Kapanlagi.com - Saat ini musik semakin beragam. Tidak hanya dari ragam jenis musiknya saja, tetapi juga dari segi teknologi dan tema yang diusung.

Sudah pasti cinta, menjadi tema umum yang paling sering digunakan. Selain tema, isu tentang dunia seperti sosial, politik, agama, maupun budaya pun termasuk tema yang paling sering diusung oleh banyak musisi.

Tapi, pernahkah terlintas di pikiranmu tentang dunia di luar planet Bumi? Pastinya hal-hal unik dan aneh yang akan kamu bayangkan. Nah, kali ini ada tujuh lagu yang mengusung tema kehidupan dan nuansa di luar angkasa. Yuk kita simak satu-satu. (kpl/ntn)

1. Muse - Supermassive Black Hole

Lagu pertama diawali denga hits single dari Muse, Supermassive Black Hole. Meski hampir seluruh lagu dikuasai dengan nuansa musik sci-fi, lagu cadas seperti Plug In Baby pun masih belum cukup kuat mengalahkan nuansa sci-fi pada track ini.

Dengan riff gitar yang dan pemakaian efek-efek aneh, Matt sukses membawa kisah seorang kekasih yang paling membosankan di seluruh galaksi. Coba saja dengarkan sound dan lirik pada lagu ini, rasanya kita seperti melayang-layang di luar angkasa.

Dengar Supermassive Black Hole di sini:

2. The Killers - Spaceman

Band rock alternative yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Dengan lagu sejuta umatnya seperti Mr. Brightside, The Killers menjadi band yang mudah untuk dikenali dari gaya vokal dan musiknya yang upbeat.

Tapi, coba dengarkan track mereka yang berjudul Spaceman. Dengan sound synth yang membawa nuansa modern dan dibalut dengan tone bass yang mendominasi keseluruhan lagu, bagian reff Spaceman seakan mengajak kita mengarungi luar angkasa dengan kecepatan cahaya.

Dengar Spaceman di sini:

3. Radiohead - Subterranean Homesick Alien

Radiohead, ya, band kawakan yang satu ini seakan nggak pernah kehabisan ide untuk menciptakan musik yang baru dan berbeda. Selalu menekankan emosi, setiap lagu Radiohead selalu dikemas dalam nuansa lagu yang liar.

Lagu ini menceritakan imajinasi tentang betapa indahnya jika kita dibawa menjauh dari kehidupan sosial dan dunia oleh sekumpulan alien. Berasal dari album OK COMPUTER, lagu dengan nuansa aneh ini siap mengajak kamu santai sejenak untuk berjalan-jalan di luar angkasa bersama beberapa teman alienmu.

Dengar Subterranean Homesick Alien di sini:

4. Justin Timberlake - Spaceship Coupe

Siapa bilang cuma anak band yang mampu menghadirkan musik dengan nuansa luar angkasa? Justin Timberlake membuktikan kalau R&B pun bisa. Dengan berbagai instrumen unik yang digunakan Justin, lagu ini seolah membawa tingkat imajinasi kita keluar galaksi.

Mungkin terkesan berlebihan jika berbicara konteks lagu sampai seperti itu. Namun, coba bayangkan kamu menjalin hubungan yang berbeda ruang dan waktu. Ya, bersama alien, mungkin kisah cintamu bisa sedikit lebih indah dengan pemandangan galaksi dan angkasa luar yang kamu habiskan bersama melalui sebuah kapal alien.

Dengar Spaceship Coupe di sini:

5. 30 Seconds To Mars - Closer To The Edge

Kalau kamu penggemar berat Jared Leto, kamu pasti tahu dengan band gokil miliknya ini. Ya, 30 Seconds To Mars nggak pernah lepas dari nuansa musik yang bertemakan sci-fi. Dengan penggunaan synth, sampling, dan beat yang cukup cepat, memang cuma butuh 30 detik untuk sampai ke planet Mars.

Mengedepankan tone bass yang dominan dan instrumen piano yang simpel, lagu-lagu milik 30 Seconds To Mars akan dengan mudah membawa kamu terbang menikmati indahnya bumi dari luar angkasa.

Dengar Closer To The Edge di sini:

6. Beastie Boys - Intergalactic

Dengan sound yang terkesan futuristik ini, Beastie Boys sedang bercerita tentang kunjungan temannya dari planet Uranus lewat musik rap. Tidak banyak memainkan instrumen, cukup suara robot pada bagian reff untuk menghantarkan tamu luar angkasa kita untuk sekedar berjalan-jalan di planet Bumi.

Meski terlihat sangat lawas, siapa yang tahu kalau grup rap ini memang berteman baik dengan teman besi mereka dari planet Uranus? Cukup aneh. Coba saja kalian lihat aksi mereka bersama robotnya yang terlihat akrab itu sedang berjalan-jalan di kota Tokyo.

Dengar Intergalactic di sini:

7. Angels And Airwaves - Anxiety

Tidak perlu diragukan lagi, Tom DeLonge memang rajanya soal musik bernuansa sci-fi. Berbeda dengan gayanya di Blink 182, Tom kali ini bisa lebih bebas mengekspresikan imajinasi musiknya yang liar.

Dengan efek reverb, delay, dan segudang efek aneh lainnya, Tom bersama Angels And Airwaves benar-benar menghadirkan nuansa musik yang jelas sangat berbeda dengan kebanyakan jenis musik sci-fi yang sudah ada. Nggak cuma bermain dengan efek aneh saja, Tom pun menjamin aksi teatrikal dengan permainan lighting yang fantastis. Jadi, Angels And Airwaves siap membawa kamu keluar dari planet bumi ini.

Dengar Anxiety di sini:

(kpl/ntn)