7 Lagu Cinta Paling Ngangenin Kerispatih Era Sammy Simorangkir

Jum'at, 24 Oktober 2014 09:01  | 

Sammy Simorangkir



Badai dan Sammy ©KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Berbicara mengenai Kerispatih, tentunya tak lepas dari sederet hits romantis yang mereka ciptakan. Badai dkk memang dikenal piawai mengolah kata-kata dan nada menjadi komposisi syahdu.

Sammy Simorangkir memang sudah berkarir di luar Kerispatih. Namun sejumlah fans sepertinya masih belum bisa move on dari penyanyi jebolan Indonesian Idol tersebut.

Tapi tenang aja, sebentar lagi Kerispatih dan Sammy bakal bersanding kembali dalam konser nostalgia. Kira-kira ketujuh lagu romantis ini lah yang paling ditunggu. Apa saja ya? (kpl/niz)

1. Lagu Rindu

Di urutan pertama kita langsung ketemu dengan lagu syahdu nan bikin merinding ini. Yup, apa lagi kalau bukan Lagu Rindu.

Dikemas dengan permainan piano Badai yang sangat lembut, lagu ini cocok banget kamu nyanyikan untuk orang terkasih. Olah vokal Sammy yang mantap makin membuat lagu ini begitu menyentuh.

Menjadi salah satu andalan di album pertama, Lagu Rindu sukses antarkan Kerispatih sebagai band yang diperhitungkan di jagat musik. Selepas single ini, berbagai hits mereka terbukti mendapat respon yang positif.

Nah, setuju dong kalau lagu ini merupakan salah satu hits terbaik Kerispatih?

2. Kejujuran Hati

Bisa dibilang, single Kejujuran Hati merupakan yang paling berjasa dalam karir Kerispatih. Didapuk sebagai single andalan dan menjadi judul album, lagu tersebut memang yahud.

Dari sini lah, image Kerispatih sebagai band spesialis ballad terbentuk. Meski punya skill di atas rata-rata, para musisi alumni Institut Musisi Indonesia ini tak serakah dalam bermusik.

Aransemen yang mereka buat tetap nyaman di telinga meski terkesan canggih. Sisi orkestra dan band diracik sedemikian dengan komposisi yang pas, seperti dalam single Kejujuran Hati.

Dirilis tahun 2005, ini menjadi langkah perjalanan panjang Badai, Anton, Arief, Sammy (yang digantikan oleh Fandy), dan Andika di blantika musik tanah air.

3. Mengenangmu

Lirik menjadi kekuatan lain yang dimiliki Kerispatih. Menggunakan kata-kata puitis, nyanyian mereka tak terlihat kaku, dan malah berhasil merasuk ke dalam hati.

Saat mengungkapkan kegalauan, Kerispatih pun berusaha maksimal. Seperti lagu Mengenangmu ini contohnya. Tahu lagunya kan?

Punya lirik dan alur cerita yang sedih, suasana galau makin terasa dengan video klip yang bikin mewek. Kabarnya lagu ini terinspirasi dari kisah nyata seorang teman mereka lho.

Ditinggal pergi sang kekasih yang siap mengikat janji suci, apa yang lebih sakit dari itu? Ada dari kalian yang mengalami cerita tersebut?

 

4. Tak Lekang Oleh Waktu

Meski banyak hits mereka yang bertema galau, tapi tak semuanya demikian. Tema cinta yang luas coba mereka ungkapkan lewat berbagai sudut pandang dan ide cerita.

Pada 2008, Kerispatih meluncurkan album ketiga mereka. Seperti sebelumnya, sebuah lagu dipilih sebagai tema utama dalam album tersebut, yakni Tak Lekang Oleh Waktu.

Sepak terjang Sammy dan Kerispatih semakin bersinar kala album ini diluncurkan. Mengandalkan strings section dalam lagu-lagunya, kesan mewah langsung terasa saat mendengarkan karya mereka.

Dalam video klip Tak Lekang Oleh Waktu, Sammy beradu peran dengan Jill Gladys. Menyentuh, cerita ini harus berakhir dengan tragis. Masih ingat video klipnya?

5. Bila Rasaku Ini Rasamu

Kamu patah hati karena cintamu tak terbalas? Hmm, sepertinya lagu ini paaas banget buat kamu.

Cinta memang tak bisa dipaksa, tapi itu bukan alasan untuk menyakiti seseorang bukan? Sakit ya kalau punya rasa kepada seseorang tapi dianya nggak merasakan yang sama?

Coba deh kamu hayati lirik Bila Rasaku Ini Rasamu ini. Awas galau ya.

Bila rasaku ini rasamu

Sanggupkah engkau menahan sakitnya
terkhianati cinta yang kau jaga

Coba bayangkan kembali
Betapa hancurnya hati ini kasih
Semua telah terjadi

6. Aku Harus Jujur

Entah kenapa lagu-lagu bertema sedih milik Kerispatih terasa sangat dalam dan sampai di hati para pendengarnya. Sejak era Sammy hingga Fandy, karakter itu terus bertahan dan menjadi nilai plus bagi band asal Jakarta tersebut.

Album keempat Kerispatih berjudul SEMUA TENTANG CINTA menjadi kado perpisahan Sammy untuk para fans. Dirilis pada 2009, karya ini merupakan yang terakhir bagi Sammy bersama Kerispatih.

Sebelum hengkang, Sammy sempat menelurkan sejumlah hits, seperti Jalani Saja dan Aku Harus Jujur. Sayang, promo album ini terhenti saat Sammy tersandung masalah hukum.

Sempat menempati tangga chart radio dan TV, Aku Harus Jujur menjadi karya apik Sammy sebelum akhirnya memutuskan berjalan sendiri.

7. Cinta Putih

Akhirnya kita sampai di daftar lagu terakhir. Kembali ke album debut Kerispatih, Cinta Putih sempat jadi anthem orang yang lagi terluka karena cinta.

Sisi emosional begitu terasa dalam lagu tersebut. Dikhianati cinta, Sammy seakan meluapkan kesedihannya dengan lirik-lirik pedih.

Sepertinya lagu ini bakal cocok kamu nyanyikan saat karaoke nih, untuk curhat dan menyalurkan emosi. Yakin deh lagu ini masih terngiang di telinga para Mahapatih hingga saat ini.

Nah, itu tadi daftar lagu yang paling ngangenin saat Sammy masih berada dalam formasi Kerispatih. Sesaat lagi akan menggelar konser bareng, akankah ketujuh lagu tersebut dibawakan mereka?

(kpl/niz)