7 Lagu Bertema Desember yang Wajib Mengisi Playlist Akhir Tahun, Ada Favoritmu?

Kamis, 01 Desember 2022 14:12


(c) Shutterstock

Kapanlagi.com - Welcome December! Nggak terasa akhirnya tiba juga di penghujung bulan terakhir tahun 2022. Apa saja nih yang sudah kamu lakukan sepanjang tahun? Apakah resolusi atau daftar keinginan yang sudah dibuat berhasil dicapai?

Desember selalu memberikan festive vibes dan euforia liburan yang membuat suasananya semakin ceria. Menemani aktivitas sepanjang bulan terakhir ini, ada banyak rekomendasi lagu bertema Desember yang wajib masuk playlist nih. Mana yang jadi favoritmu?

1. Collective Soul - December

Old but gold, rekomendasi lagu bertema Desember pertama yang dirangkum tim KapanLagi.com bakal membawamu nostalgia ke tahun 90an. Yup, ada Collective Soul yang menjadi salah satu band grunge rock asal Amerika yang menghadirkan salah satu single andalan berjudul December.

Ed Roland dan kawan-kawan merilis single yang satu ini pada 1995 yang langsung bertengger di posisi 20 Billboard Hot 100. Lagu ini sendiri berada dalam album rock yang sempat berjaya di masanya. Dalam sebuah interview, sang vokalis sekaligus penulis lagu Ed Roland bercerita tentang December yang terinspirasi dari masa struggling band sejak awal mencetak hits saat masih belum memiliki label hingga ketika mencapai popularitas.

2. Neck Deep - December

Band asal Inggris yang baru saja manggung di Soundrenaline Jakarta pada November 2022 lalu juga punya hits single andalan bertema bulan di penghujung tahun ini. Berjudul December, lagu ini pertama kali dirilis pada 2015 yang menjadi bagian dari album LIFE'S NOT OUT TO GET YOU.

December merupakan slow accoustic song yang bercerita tentang hubungan sepasang kekasih yang berakhir di bulan Desember. Ben Barlow, sang vokalis, sempat mengungkapkan bahwa lagu ini terinspirasi dari pengalaman nyata beberapa tahun sebelum single tersebut dibuat. December sendiri jadi salah satu lagu tersukses dari band yang satu ini.

3. Counting Crows - A Long December

Di tahun 1996, Counting Crows merilis sebuah single bertajuk A Long December. Lagu bertempo slow dengan alunan piano yang menjadi karakteristiknya ditulis sendiri oleh sang vokalis, Adam Duritz. Dalam sebuah interview, ia bercerita bahwa awal inspirasi menulis A Long December adalah ketika teman dekatnya mengalami kecelakaan tertabrak mobil. Lagu ini merupakan refleksi dari tragedi namun dengan tone yang lebih positif.

Secara keseluruhan, lagu ini seolah mengajak pendengarnya untuk merefleksikan kembali kehidupan yang sudah dijalani, sekaligus menanti masa depan yang lebih baik. Cocok banget menjadi lagu penutup akhir tahun yang manis dan optimis.

4. Linkin Park - My December

Bagi yang ingin nostalgia dengan Linkin Park, terutama mendengarkan suara sang vokalis Chester Bennington, My December bisa menjadi pilihan untuk masuk playlist akhir tahun ini. Lagu tersebut bisa dibilang salah satu lagu paling awal di mana Linkin Park bereksperimen dengan slow rock.

My December direkam di sela live tours debut album pertama mereka HYBRID THEORY yang sukses di pasaran. Dari segi lirik, lagu ini mengekspresikan rasa lelah hidup dalam kepura-puraan dan keinginan untuk kembali ke masa-masa lalu.

5. Christina Perri - Something About Desember

Dirilis pada tahun 2013, Something About December menjadi salah satu original track Christina Perri yang masuk dalam EP A VERY MERRY PERRI CHRISTMAS. Lagu ini ditulis bersama sang kakak yang juga seorang musisi yaitu Nick Perri.

Dari segi lirik, lagu ini menceritakan tentang nostalgia momen Natal bersama keluarganya yang juga membawa pendengar ikut merasakan feel yang sama. Secara umum, lagu ini adalah tentang 'menyimpan' Natal di dalam hati, sehingga para pendengar bisa merasakannya kapan saja dan di mana saja walaupun sedang berada jauh dari keluarga.

6. Taylor Swift - Back To December

Ngobrolin soal lagu bertema Desember, rasanya kurang pas kalau belum membahas Back To December milik Taylor Swift. Seperti yang banyak diketahui, lagu yang masuk dalam album SPEAK NOW ini menceritakan tentang momen putusnya Taylor Swift dan Taylor Lautner.

Back To December menceritakan tentang rasa penyesalan setelah putus dari sang mantan kekasih. Dikemas dalam musik ballad, siap-siap bikin baper bagi yang merasa menyesal setelah putus dari mantan di bulan Desember.

7. Ariana Grande - December

Ariana Grande juga pernah merilis sebuah single berjudul December. Lagu yang masuk dalam EP CHRISTMAS & CHILL di tahun 2016 tersebut membawa vibes Natal yang begitu kental dan penuh cinta.

Biarpun lagunya nggak sepopuler single lain yang dirilis oleh Ariana, tapi banyak dari fans yang sangat menyukai lagu yang satu ini. Bisa jadi rekomendasi lagu yang wajib masuk playlist saat Natal nanti, lho.

Dari deretan lagu bertema Desember di atas, mana nih yang jadi favoritmu? Masukkan ke dalam playlist yang bisa mewakili mood kamu di bulan ini, KLovers!

(kpl/wri)