7 Goyangan Dangdut Paling Cetar Badai, Terkenal Banget!

Jum'at, 06 Februari 2015 19:01  | 

Inul Daratista



Goyangan dangdut paling populer @foto: © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Musik dangdut seakan tak bisa dilepaskan dari para penikmat musik Indonesia. Ciri khas musik dari dangdut membuat salah satu genre melayu ini menjadi populer banget hingga sekarang.

Berbicara tentang musik dangdut sepertinya tak lengkap bila tak membahas goyangan sang penyanyi. Dimulai dengan goyang ngebor, makin banyak pelantun lagu dangdut yang menunjukkan kreatifitasnya dalam membuat sebuah goyangan.

Apa saja sih macam-macam goyangan dangdut yang pernah populer di Indonesia bahkan hingga saat ini? Yuk disimak dulu tujuh joget dangdut paling dikenal ini.

Yuk Baca Dulu Berita Ini

Grup Vokal Ini Siap 'Terjang' Badai Dangdut di Indonesia

Tolak Semua Sensasi Murahan, Ini Contoh Pedangdut Yang Baik!

Nyanyi Lagu Dangdut, Mulan Jameela Duet Dengan Rhoma Irama

Sindir Cita Citata Lewat Lagu, Ricci Bulu Banjir Job Manggung

Bikin Lagu 'Sakitnya Bukan Disini', Ricci Bulu Sindir Cita Citata

(kpl/abl)

1. Goyang Ngebor

Inilah goyang dangdut pertama yang populer banget di Indonesia. Dipopulerkan oleh Inul Daratista, goyang ngebor menjadi sebuah sensasi maut kala itu.

Goyang ngebor bukannya tak terserempet masalah. Inul Daratista pernah beberapa kali tersandung kasus akibat goyangannya yang dianggap terlalu vulgar.

Belajar dari kasus tersebut, istri Adam Suseno ini rupanya sedikit mengurangi porsi vulgar dalam goyang ngebor miliknya. Namun, hal tersebut tak membuat nama goyang ngebor hilang dari peredaran.

2. Goyang Ngecor

Setelah goyang ngebor meledak, banyak artis-artis dangdut yang mencoba membuat sebuah goyangan baru. Salah satunya adalah Uut Permatasari.

Dara cantik ini mencoba memberikan sebuah variasi dalam goyangannya yang disebut goyang ngecor. Hal ini terbukti ampuh untuk menaikkan pamor penyanyi Sinden Panggung ini.

Goyang ngecor sebenarnya dapat dikatakan hampir sama dengan goyang ngebor. Satu hal yang menjadi pembeda adalah gerakan kaki atraktif dari Uut Permatasari yang berbeda dari penyanyi dangdut lainnya.

3. Goyang Patah-Patah

Goyangan dangdut Annisa Bahar merupakan goyangan terbaru pada masanya. Joget khas miliknya ini bahkan sempat ditiru oleh beberapa penyanyi dangdut di setiap kesempatan.

Bernama goyang patah-patah, goyangan Annisa Bahar sudah tertanam di pikiran para penikmat musik dangdut. Namun sekali lagi, masalah 'terlalu vulgar' menyebabkan goyangan ini lambat laun dilupakan.

Goyangan ini sebenarnya sempat diteruskan oleh buah hati dari penyanyi Buka Dikit Jos itu. Yap, Juwita Bahar sempat kembali mempopulerkan goyangan ini melalui aksi dan lagu miliknya.

4. Goyang Gergaji

Dipopulerkan oleh Dewi Perssik, goyang gergaji menjadi fenomena baru di industri musik dangdut. Mantan kekasih Saipul Jamil ini bahkan beberapa kali menampilkan joget andalannya di depan televisi lho.

Sama seperti nasib goyangan terdahulu, goyang gergaji juga sempat dilarang 'beredar' di Indonesia. Beberapa daerah pun sempat memberikan cap blacklist pada penyanyi cantik ini.

Walaupun begitu, hal itu sepertinya tak terlalu berpengaruh pada karir Dewi Perssik. Penyanyi yang juga pernah main film ini tetap saja menjadi salah satu diva dangdut ternama di Indonesia.

5. Goyang Bebek

Tak hanya pedangdut solo saja yang bisa membuat sebuah goyangan populer. De Mocca membuktikan hal tersebut melalui goyang bebek yang mereka ciptakan.

Seperti namanya, goyangan ini lebih didominasi oleh gerakan pinggul yang seksi. Duo penyanyi ini memang layaknya seekor bebek yang sedang berjalan ketika memperagakan gayanya.

Goyangan ini mungkin kurang populer jika dibanding goyang ngebor. Namun, De Mocca membuktikan kemampuan jogetnya dengan beberapa kali tampil dalam sebuah acara besar.

6. Goyang Itik

Memasuki era baru, goyang itik menjadi sebuah sensasi bagi para penikmat musik dangdut. Gaya Zaskia Shinta dalam menggoyangkan pinggulnya sudah dapat merebut perhatian publik.

Goyangan ini rupanya memberikan sebuah ketenaran bagi penyanyi dengan nama asli Surkianih itu. Penghargaan berupa  AMI Award untuk Artis Solo Wanita Dangdut Kontemporer merupakan salah satu buktinya. 

Goyang ini sebenarnya sempat dipermasalahkan oleh beberapa pihak karena kepemilikan aslinya. Terlepas dari hal tersebut, Zaskia Shinta masih tetap dikenal dengan sebutan 'Si Itik' hingga saat ini.

7. Goyang Pinguin

Sama dengan De Mocca, duo Walang Sangit juga merupakan salah satu contoh duet pedangdut yang terkenal dengan goyangan khas. Yap, goyang pinguin merupakan andalan dari pelantun lagu Goyanganku ini.

Duo Walang Sangit sendiri mulai dikenal publik dalam kontes pencarian bakat Mamamia. Goyangan ini bahkan masih terkenal banget lho hingga sekarang.

Mengambil tema binatang, goyangan ini mungkin dapat dikatakan sebagai suksesor joget-joget terdahulu. Wah, bakalan booming banget nih kayaknya goyang pinguin ini.

(kpl/abl)