7 Fakta Mengejutkan Rocker Nyentrik Freddie Mercury

Sabtu, 06 September 2014 12:01  | 

Freddie Mercury



Freddie Mercury


Kapanlagi.com - Mungkin semua orang sudah tahu Freddie Mercury meninggal karena AIDS pada 1991. Tapi tahukah kalian bahwa Freddie pernah juarai kontes bayi sehat?

Vokalis grup legendaris Queen tersebut memang bukan orang biasa. Kiprahnya di industri musik yang sangat mencolok membuatnya diakui sebagai salah satu rocker paling berpengaruh, sekaligus kontroversial.

Musisi yang lahir pada 5 September 1946 ini merupakan wayang sekaligus dalang bagi Queen. Tak hanya menciptakan deretan hits yang melegenda, Freddie juga tak kesulitan menghibur ribuan orang dari atas panggung.

Sempat dibenci dan dihujat karena mengaku sebagai homoseksual, karya Freddie sampai kini masih begitu dikagumi. Untuk memperingati hari lahirnya sang rocker nyentrik tersebut, mari kita simak sejumlah fakta mengejutkan tentangnya. (kpl/niz)

1. Kisah Putus Yang Tragis

Melejit di era 70-an, pamor Queen sempat anjlok lantaran pengakuan terbuka Freddie soal orientasi seksualnya. Sering mengenakan outfit yang feminin, sebenarnya banyak orang sudah menaruh curiga padanya.

Hubungannya dengan seorang pria bernama Jim Hutton menuai banyak reaksi, meski akhirnya tenggelam ditelan waktu. Namun banyak yang tak tahu soal kisah tragisnya dengan sang pacar.

Freddie sengaja mendatangkan pacarnya jauh-jauh dari Amerika Serikat ke London hanya untuk mengakhiri hubungan mereka. Dan, parahnya lagi ia diterbangkan lagi ke A.S di hari yang sama.

Namun, beberapa waktu berselang, pemilik nama asli Farrokh Bulsara itu dikabarkan dekat dengan seorang wanita. Siapakah dia?

2. Pewaris Kekayaan Freddie

Sosok Freddie dikenal sebagai orang yang tertutup. Ia tak mudah menjalin pertemanan dengan orang asing karena status superstarnya.

Namun ia memiliki seseorang yang paling dipercaya melebihi siapapun. Wanita spesial itu bernama Mary Austin. Dia lah yang menjadi teman hidup Freddie selama bertahun-tahun.

Mary memang sangat istimewa baginya. Bahkan, sang 'suami' mewariskan seluruh hartanya untuk wanita yang selalu bersamanya itu.

Namun, banyak yang menilai Mary sebagai sahabat terdekat Freddie. Pasalnya selama hidup bersama, mereka juga tak memiliki keturunan.

3. Di Balik Nama Queen

Kenapa sih Freddie Mercury mengusulkan nama Queen? Ternyata ada fakta yang cukup menarik tentang kata queen sendiri.

Di Inggris, kata queen rupanya memiliki konotasi negatif. Kata tersebut digunakan sebagai julukan untuk para pria yang suka tampil feminin.

Secara umum, queen identik dengan homoseksualitas. Melihat latar belakang Freddie, mungkin kita paham kenapa ia menggunakan nama itu.

4. Punya Obsesi Dengan Kucing

Kebanyakan orang yang punya sifat introvert memilih 'pelarian' dengan memelihara hewan tertentu. Yang paling umum adalah anjing dan kucing.

Sebagai pribadi yang tertutup, Freddie punya kedekatan khusus dengan puluhan kucing yang ia pelihara. Seperti ada kepuasan tersendiri baginya ketika bercengkrama dengan teman-teman berbulunya itu.

Salah satu kucing kesayangannya bernama Delilah. Saking sayangnya, Freddie sampai menuliskan lagu berjudul sama yang tercantum dalam album Queen. Wah, keren ya.

5. Misteri Lambang Queen

Tak diragukan lagi peran Freddie dalam Queen sangat dominan. Selain dikenal perfeksionis, ia juga sangat produktif.

Selain mencipta lagu, rupanya logo yang melegenda itu adalah ciptaan Freddie sendiri. Ternyata sang maestro merupakan pemegang gelar sarjana dalam bidang seni dan desain grafis. 

Filosofi lambang itu sendiri merupakan ikon zodiak dari para personel Queen saat itu. Dua singa mewakili zodiak Leo milik John Deacon dan Roger Taylor, sebuah kepiting Cancer milik Brian May, dan dua peri Virgo untuk dirinya sendiri.

6. 'Bentrok' Dengan Michael Jackson Gara-Gara...

Dua legenda ini memang pernah bekerjasama, tapi mereka juga pernah bermasalah. Wah ada apa ya?

Dalam sebuah kesempatan mereka sempat akan berduet sebelum akhirnya batal karena Michael Jackson membawa 'teman'. Seekor Llama dibawa masuk oleh raja pop tersebut ke dalam studio TV.

Karena tak suka dengan ulah rekannya itu, kolaborasi mereka pun porak poranda. Wah, Michael aneh-aneh sih.

7. Pernah Menangi Kontes Bayi Sehat

Masih bayi saja sudah berprestasi, itulah Freddie. Lahir di sebuah daerah bernama Zanzibar, Tanzania, ia pernah memenangi kontes bayi di kampungnya.

Punya tubuh yang sehat dan menggemaskan Farrokh Bulsara jadi bayi idola para ibu-ibu. Saat usianya sudah besar, ia kemudian mengungsi bersama ayahnya yang seorang diplomat di Inggris.

Jalan hidupnya sebagai musisi memang tak terduga. Di negeri Ratu Elizabeth itu karir musik Farrokh dimulai, seiring dengan penggantian namanya sebagai Freddie Mercury.

(kpl/niz)